Nokia Lumia 520 murah dengan performa maksimal


Ads:

Tak tanggung-tanggung, di seri terbarunya yakni Lumia 520, Nokia memposisikan produknya ini sebagai Windows Phone 8 paling murah untuk saat ini. Buat yang memiliki budget terbatas namun menginginkan ponsel berkualitas, Nokia Lumia 520 bisa dijadikan pilihan yang cukup menarik. Lalu, bagaimana dengan kemampuan keseluruhan ponsel pintar ini?

Smartphone ini tetap mempertahankan karakter khas `Lumia' yang trendi dan penuh warna. Dari sisi dimensi, Lumia 520 lebih mungit ketimbang Lumia 620, namun sedikit lebih tebal. Karakter desain Lumia 520 bisa dibilang sedikit beda dibanding Lumia 620. Sisi depan terlihat agak kotak, namun sisi belakang cukup ergonomis.

Sama seperti Lumia 620, Anda juga bisa menggonta-ganti cover belakang Lumia 520 loh. Tapi bagi pengguna baru, pastinya akan kerepotan untuk metepas back cover smartphone ini. Pasalnya, mekanisme untuk membuka cover belakang Lumia 520 beda dibanding smartphone kebanyakan. Bukan dengan cara menggeser sisi cover atau mencongkelnya, melainkan Anda harus menekan bagian depan bodi Lumia 520 ke arah dalam dan menarik cover betakang ke arah yang berlawanan. Mekanisme membuka cover belakang smartphone ini tak jauh beda dengan Lumia 620.


Seperti karakter Lumia lain, tombol-tombol di sisi bodi tak menyertakan keterangan atau ikon yang jelas. Alhasil, pada saat menggunakannya Anda akan kebingungan memilih mana tombol power/lock screen mana yang untuk shutter kamera. Untuk posisi slot kartu SIM dan slot microSD, ada di bagian dalam tertutup back cover. Sebagai catatan, Lumia 520 sudah menggunakan Micro SIM Card.

Lumia 520 memiliki ukuran layar lebih luas ketimbang Nokia Lumia 620. Namun soal pixel density, harus bertekuk lutut dengan seniornya tersebut. Hal ini merupakan efek dari ukuran layar berbanding dengan resolusinya. Soal ketajaman dan kejernihan warna layar, tak perlu diragukan lagi. LCDnya sanggup memancarkan warna dan gambar yang natural. Namun, akan sedikit berefleksi jika langsung bersentuhan dengan sinar matahari. Akibatnya gambar, teks maupun ikon-ikon menu akan sedikit kurang jelas. Tenang, cukup manfaatkan pengaturan brightness untuk mengatasi kekurangan tersebut. Atur dan sesuaikan tingkat kecerahan layar ke posisi maksimal secara manual.

Anda yang terbiasa menyelipkan ponsel di saku jins atau memasukannya ke tas dan mencampurnya dengan benda-benda keras/tajam, biasanya akan merusak bodi bahkan layar ponsel. Namun tak perlu khawatir jika ponsel Anda adalah Lumia 520. Pasalnya, smartphone ini memiliki layar yang dilapisi bahan anti gores.

Bergeser ke bagian dalam, rasanya tak perlu membahas tebih jauh lagi soal interface Windows Phone 8. Konsep antarmuka yang dikenal dengan Live Tile ini sudah menjadi pakem dengan struktur kotak-kotak beragam ukurannya. Bahkan, Anda bisa mengatur berbagai notifikasi dari aplikasi tertentu yang akan muncul di layar utama, meski dalam posisi layar terkunci.

Untuk ukuran smartphone berharga kurang dari Rp 2 jutaan, performa hardware yang dimiliki Lumia 520 tergolong cukup tangguh. Bahkan untuk kecepatan prosesor dalam `melibas' semua fitur dan aplikasi, bisa melampaui beberapa smartphone Windows Phone 8 di level atasnya. Supaya lebih jelas, kami menggunakan dua aplikasi benchmark yang umumnya digunakan untuk menguji performa sebuah Windows Phone. Saat menggunakan Antutu Benchmark, mencatatkan skor 7271. Skor ini merupakan nilai tertinggi dari beberapa kali pengujian. Sedangkan saat menggunakan aplikasi WP Bench,  mencatat skor tertinggi 177.13.

Untuk mendukung performa hardware dan software, Nokia Lumia 520 mengandalkan baterai lithium ion berkapasitas 1430 mAh. Baterai ini sejatinya dapat memberikan waktu standby (tanpa aktifitas) hingga lebih dari 3 hari. Namun, jika aktif digunakan untuk telpon maupun membuka beragam fitur/aplikasi, baterai Lumia 520 hanya sanggup bertahan sekitar 1 harian. Seperti generasi Lumia lain, karakter user Interface kamera Lumia 520 pun cukup sederhana. Anda akan mendapatkan viewfinder dan pengaturan kamera di sisi kanan, yang mudah diakses jari. Beberapa pengaturan standar di viewfinder kamera Lumia 520 diantaranya Scenes, ISO, Exposure, White Balance dan Aspect ratio.

Namun yang cukup menarik di kamera Lumia 520 adalah fitur 'Lenses'. Di sini, Anda bisa menambahkan berbagai aplikasi tambahan untuk memaksimalkan kemampuan kamera tersebut, sebagai contoh adalah Smart Shoot. Dengan fitur Smart Shoot, Anda bisa meng-capture lima foto sekaligus clalam satu jepretan. Selanjutnya, tinggal memilih (flick) foto yang menurut Anda paling bagus dan sempurna untuk disimpan.

Soal kualitas foto, kameranya memang cukup piawai saat digunakan pada lokasi yang memiliki cahaya berlimpah. Namun, jika Anda memakainya dikondisi minim cahaya, jangan berharap hasilnya maksimal. Pasalnya, tak didukung dengan LED flash. Kameranya juga bisa dimanfaatkan untuk merekam video loh. Kualitasnya 720p dengan speed 30fps. Sayang, smartphone ini tak didukung dengan kamera sekunder di sisi depan. Untuk melihat hasil foto dan video yang lebih jelas.

Selain menyertakan fasilitas standar Windows Phone 8, juga diperkaya dengan beragam aplikasi khas Nokia. Semuanya bisa dicari Nokia Collection Store dan di App Highlights, dan bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan performa fitur-fiturnya. Sebagai contoh aplikasi tambahan untuk kamera seperti Panorama, Smart shoot, Cinemagraph dan Photo studio. Semuanya bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan hasil foto maupun rekam video, sekaligus untuk menyebarkannya ke layanan social networking.

Bagi yang hobi bepergian, bisa memanfaatkan aplikasi HERE Drive dan HERE Maps sebagai panduan perjalanan. Navigasi digital yang disediakan HERE Maps juga telah mendukung panduan suara berbahasa Indonesia. Tinggal tentukan tujuan Anda, peta digital pun siap memandu Anda dalam tampilan 2D maupun 3D untuk sampai dengan selamat tanpa kesasar.

Layaknya smartphone masa kini, Lumia 520 pun dibekali sarana koneksi yang cukup lengkap. Hanya saja, smartphone ini tak didukung NFC. Untuk sambungan data, berjalan di jalur HSDPA/HSUPA dengan kecepatan maksimal hingga 21.1 Mbps (download) dan 5.76 Mbps (upload). Bagi yang tidak terjangkau jaringan data, bisa memanfaatkan koneksi WiFi.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Nokia Lumia 520 murah dengan performa maksimal”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.