Tips setting trafik data internet di Windows Phone


Ads:

Pernahkan anda mengalami tagihan internet membengkak? Sebenarnya banyak hal yang menyebabkan penggunaan data internet membludak, bisa karena fitur auto update yang selalu aktif, hingga penggunaan kuota data yang kurang bijak. Untuk mengakali kondisi seperti ini pun sebenarnya bisa menggunakan berbagai cara. Baik yang sederhana, hingga yang sifatnya ekstrim. Bagi pengguna Windows Phone, update terbaru dari versi OS 8 menghadirkan beberapa fitur baru yang salah satunya dapat dimanfaatkan untuk mengatur penggunaan data internet di smartphone.


Fitur bernama Data Sense ini dapat membantu Anda untuk menghemat sekaligus memantau penggunaan data Internet smartphone. Interface fitur ini terbitang sederhana, tapi mampu menyajikan rincian lengkap konsumsi data yang digunakan aptikasi maupun fitur di Windows Phone. Secara fungsi, fitur ini memiliki kemampuan yang tak jauh beda dengan fitur "Data Usage" yang ada di smartphone Android versi terbaru. Selain mampu menyajikan rincian detil, Anda juga akan secara otomatis mendapatkan notifikasi penting di layar smartphone terkait penggunaan data internet. Misalnya saat penggunaan data sudah mendekati batas yang sudah ditentukan.

Untuk mulai memantau penggunaan data Anda, yang perlu dilakukan adalah mengatur batas data pribadi pada smartphone.

Dari home screen, geser ke App list dan pilih menu Data Sense. Pilih Settings. Selanjutnya tekan "Set Limit". Di opsi 'Limit type', Anda bisa memilih beberapa kategori. Misalnya:
  • Jika Anda sebelumnya telah memiliki penggunaan data yang akan berakhir pada waktu tertentu, Anda bisa memilih opsi "One time".
  • Jika Anda memiliki paket data yang dihitung bulanan dan digunakan sebelum dikenakan beban tambahan karena over limit, sebaiknya pilih opsi "Monthly".
  • Bagi Anda yang memiliki paket data tidak terbatas dan ingin terus menggunakannya, bisa memilih opsi "Unlimited".

Setelah memilih opsi batas penggunaan data, anda bisa melanjutkan tahap berikutnya yakni pembatasan data. Langkah berikutnya, atur beberapa poin penting yang diminta. Untuk Monthly reset date bisa dipilih tanggal berapa yang Anda inginkan untuk menghapus (reset) penggunaan data bulan berjalan. Selanjutnya, tentukan Monthly data limit sesuai kebutuhan. Sesuaikan Unit datanya, misal MB atau GB. Jika sudah selesai, pilih Done untuk menyimpan pengaturan tersebut.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Tips setting trafik data internet di Windows Phone”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.