Mengenal Teknologi Bluetooth v4.0


Ads:

Siapa tak kenal bluetooth. Fitur yang dilambangkan dengan gigi biru ini sejatinya adalah fitur yang kini dimiliki oleh semua ponsel maupun tablet. Sebagai teknologi komunikasi tanpa kabel (wireless), beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz. Secara sederhana, adalah suatu teknologi tanpa kabel yang dapat mengkoneksikan dua perangkat yang berbeda.

Teknologi ini mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time dengan jangkauan layanan berjarak dari 1, 10 hingga 100 meter. Adapun beberapa kelebihan teknologi bluetooth antara lain daya jangkau dapat menembus dinding, kotak dan berbagai rintangan lain, tidak memerlukan kabel penghantar, bersifat wireless selain kegunaannya sebagai perantara modem.

Saat ini Bluetooth v4.0 adalah versi terbaru dari teknologi nirkabel Bluetooth yang memiliki fitur low energy (energi rendah) yang merupakan dasar untuk perangkat Bluetooth Smart. Sebuah produk yang disebut sebagai Bluetooth Smart dan mempunyai logo Bluetooth Smart Ready tidak hanya harus memiliki fitur v4.0 namun harus memiliki beberapa kriteria tambahan.


Pada sejarahnya, Bluetooth SIG mengumumkan adopsi formal spesifikasi Bluetooth Core versi 4.0 pada bulan Juli 2010. Pada pertengahan 2011, banyak perangkat berbasis teknologi ini berada di bawah pengembangan dan akan segera diluncurkan ke pasar. Termasuk gelombang pertama dari perangkat ponsel Bluetooth Smart Ready telah keluar pada akhir 2011. Saat ini beberapa smartphone high end rata-rata sudah mengadopsi teknologi Bluetooth v4.0 antara lain Samsung Galaxy S III, Samsung Galaxy Note II, Google Nexus 4, HTC One X+ dan HTC One S.

Beberapa fitur utama dan ketebihan dari teknologi Bluetooth Low Energy antara lain :
- Berbiaya rendah
- Jangkauan jarak jauh
- Memiliki kemampuan bertahan bertahun-tahun
- Koneksi ke semua vendor dan perangkat

Bluetooth v4.0 memperkenalkan teknologi energi rendah untuk Spesifikasi Bluetooth Core. Dimana hal ini memungkinkan perangkat baru Bluetooth Smart Ready dapat beroperasi selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun pada sel kecil layaknya baterai. Manfaat yang dirasakan tidak hanya untuk konsumsi pasar selular dan dunia telekomunikasi. Namun merambah pada berbagai perangkat seperti alat kesehatan, alat olahraga, kebugaran, kemanan maupun perangkat home entertainment.

Teknologi ini juga menciptakan peluang baru bagi pengembang dan produsen perangkat Bluetooth dan aplikasi untuk menciptakan perangkat yang murah dan dapat beroperasi dengan konektivitas nirkabel berdaya rendah.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

1

Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :) inspiratif..!!!

The Geeks said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.