17 tips nyaman menggunakan Android


Ads:

Dengan membeli smartphone, Anda tentu akan semakin sering menggunakan ponsel Anda untuk menjelajah internet, bermain games, atau menikmati fitur multimedia. Jika Anda memiliki dana lebih, membeli smartphone dengan layar yang lebar tentu akan memberikan pengalaman yang lebih memuaskan.
Selain ukuran layar, Anda juga dapat mengaktifkan/menonaktifkan beberapa fitur sehingga dapat meningkatkan kenyamanan Anda menggunakan perangkat android. Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba:

Matikan Live Wallpaper
Meski Live Wallpaper pada ponsel membuat tampilan ponsel Anda tampak lebih atraktif, namun dapat memperlambat kinerja ponsel Anda karena untuk membuat animasi terus berjalan ponsel Anda tentu akan dipaksa terus bekerja.
Dengan mematikan live wallpaper, Anda dapat membuat pergerakan scroll pada desktop ponsel menjadi lebih ringan dan lancar.

Kurangi jumlah widget Anda
Widget merupakan elemen atau bagian dari antarmuka grafis atau GUI baik berupa kotak teks, tombol dan sebagainya yang menyuguhkan informasi atau pengaturan yang dapat dikurangi atau ditambahkan oleh pengguna. Jika widget yang Anda pakai menyuguhkan informasi yang terus-menerus diupdate setiap saat, maka akan menyebabkan tambahan proses yang menyedot memori sehingga berimbas pada perlambatan kinerja. Untuk itu, ada baiknya Anda menghapus beberapa widget yang jarang digunakan.

Tutup aplikasi yang berjalan di background
Tahukah Anda bahwa dengan menekan tombol home pada ponsel, maka aplikasi yang sedang berjalan akan tetap berjalan di background. Sementara itu bila Anda menekan tombol back saat aplikasi sedang berjalan, maka akan secara otomatis menutup dan mematikan aplikasi tersebut.
Untuk itu, mulai saat ini jika Anda ingin membuka aplikasi lain jangan lupa untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan dengan menekan tombol back atau mematikannya dengan bantuan task killer yang bisa Anda download secara gratis dari Play Store.

Matikan auto update apps
Mengaktifkan fitur update otomatis aplikasi yang terdapat pada menu setting Play Store, memang dapat membuat aplikasi Anda terus diperbarui tanpa harus mengeceknya secara manual.
Namun begitu fitur tersebut tentu akan membebani kinerja ponsel, apalagi ketika tiba-tiba ponsel Anda mendownload dan menginstal sebuah aplikasi pada saat Anda sedang menjalankan aplikasi lain yang memakan banyak memori.

Pindahkan aplikasi ke MicroSD
Fitur moved apps to SD adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk memindahkan instalasi aplikasi dari memori internal ke kartu microSD yang Anda sematkan. memori internal yang, makin lega, kinerja ponsel pun menjadi semakin ringan dan lancar.

Autorotate
Dengan fitur autorotate, orientasi layar Anda akan berubah secara otomatis mengikuti posisi ponsel dalam genggaman. Akan tetapi dalam beberapa kasus, rotasi otomatis ini dapat menyebabkan ponsel Anda mengalami lag atau jeda yang mengganggu.
Oleh karena itu Anda dapat mematikan autorotate ini dengan masuk ke setting>display dan hilangkan tanda centang pada kotak disamping menu 'autorotate screen'.

Autobrightness
Kebanyakan ponsel Android telah dilengkapi dengan ambient light sensor yang akan memeriksa kondisi cahaya di sekeliling ponsel dan menyesuaikan kecerahan layar yang dipancarkan. Akan tetapi selain memboroskan daya, aktifnya autobrightness juga membebani kerja ponsel.

Factory Reset
Jika Anda telah melakukan langkah di atas namun hasilnya kurang memuaskan, melakukan reset perangkat bisa menjadi jalan terakhir. Hal ini dikarenakan pada Android terdapat beberapa aplikasi yang otomatis berjalan di background ketika Anda pertama kali menghidupkan ponsel.
lni belum termasuk pula aplikasi yang menampilkan pop-up iklan yang selain menyedot penggunaan memori juga penggunaan data internet Anda.

Zoom
Jika ponsel yang Anda gunakan memiliki layar yang kecil, maka Anda dapat melakukan zoom untuk memperbesar tampilan web yang Anda kunjungi.
Jika layar ponsel Anda telah mengusung fitur multitouch, maka Anda dapat memanfaatkan fitur pinch to zoom untuk memperbesar tampilan.
Sementara jika layar Anda belum memiliki fitur pinch to zoom, Anda dapat memperbesar tampilan secara manual dengan menyentuh layar dua kali hingga muncul ikon zoom.

Mode Landscape
Jika memperbesar atau zoom tidak cukup bagi Anda, maka Anda dapat mencoba menjelajah internet dalam mode landscape atau horisontal.
Untuk melakukan ini, jika diperlukan Anda dapat melakukannya melalui setting. Sementara jika ponsel Anda telah menggunakan Android Ice Cream Sandwich, maka fitur autorotate dapat Anda aktifkan untuk membuat browser tampil dalam mode landscape.

Web Shortcut
Tidak semua website favorit Anda memiliki aplikasi resmi yang mendukung platform Android. Untuk itu ada baiknya Anda memasang shortcut ke web favorit di halaman depan.
Web shortcut memungkinkan Anda mengakses web langsung dari halaman depan ponsel tanp harus masuk lebih dulu ke browser dan mengetikkan alamat URL nya seperti yang sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna.
Untuk membuat shortcut, Anda cukup menekan layar depan beberapa saat hingga muncul pilihan shortcut dan jangan lupa untuk memilih web dan mengetikkan alamat web yang kerap Anda kunjungi. Tekan dan tahan link.
Jika Anda sedang membuka web dan menemui link yang ingin dibuka, silakan tekan dan tahan link tersebut hingga muncul pilihan untuk membuka dalam tab baru. Silakan pilih open link in new tab untuk membuka link yang dimaksud dalam tab baru.
Dengan begitu Anda tetap dapat melihat web pertama yang Anda buka sehingga sangat bermanfaat jika Anda ingin membuka banyak link misalnya.
Pada ponsel dengan platform Ice Cream Sandwich, Anda dapat membuka link dalam tab incognito sehingga halaman yang pernah dikunjungi tidak tercatat dalam history.

Buka halaman dengan aplikasi
Menampilkan pilihan untuk membuka link tersebut dengan browser atau aplikasi. Jika Anda dihadapkan pada pilihan tersebut, maka-membuka link tersebut dengan aplikasi tentu merupakan pilihan yang terbaik.
Tutup tab atau jendela browser
Ketika Anda membuka banyak halaman dalam beberapa tab atau jendela, jangan lupa untuk menutup jendela atau tab yang tidak lagi Anda pakai. Hal ini selain bermanfaat untuk menghemat pemakaian data juga dapat meringankan kinerja ponsel. Untuk menutup tab atau windows, silakan tekan menu dan pilih windows atau tab lalu pilih tab atau jendela mana saja yang ingin Anda tutup.

Aplikasi Berbayar
Beberapa aplikasi yang tersedia di Play Store memang mengharuskan Anda untuk mengeluarkan biaya untuk mendanai pengembangan aplikasi tersebut.
Meski aplikasi berbayar pada umumnya menawarkan fitur yang bermanfaat, namun tidak ada salahnya jika Anda lebih cermat dengan mencoba lebih dulu versi gratisnya jika memang tersedia atau Anda juga dapat membaca review dari pengguna lain.

Refund Policy
Google Play memberikan Anda kebijakan pengembalian uang atau refund policy dalam jangka waktu 15 menit setelah Anda membeli aplikasi.
Untuk membatalkan. pembelian aplikasi, silakan masuk ke Play Store>menu>my apps. Setelah itu, ,Anda pilih aplikasi yang ingin Anda batalkan dan pilih refund.
Selanjutnya Anda akan diminta untuk melakukan penghapusan atau uninstal aplikasi. Begitu aplikasi terhapus, maka Anda akan menerima kembali uang yang Anda pakai untuk membeli aplikasi.

Non-official apps
Di antara beberapa hal yang periu Anda ketahui adalah tidak semua aplikasi resmi menawarkan hal yang terbaik bagi Anda. Contohnya adatah aplikasi Tweetdeck yang menawarkan lebih banyak fitur bila dibandingkan aplikasi resmi buatan Twitter.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

1

mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

Obat Keputihan Herbal said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.