Nokia Lumia 625 support 4G LTE dengan layar lebar


Ads:

Tren smartphone berlayar lebar, nampaknya menjadi konsentrasi Nokia untuk terus bersaing dengan para kompetitornya. Hal ini dibuktikan oleh vendor yang telah `dicaplok' Microsoft beberapa waktu lalu dengan meluncurkan Lumia 625. Smartphone Windows Phone 8 ini memiliki ukuran layar yang cukup besar, dan didukung hardware yang digadang-gadang cukup mumpuni. Kira-kira, akan seperti apa performa keseluruhan ponsel pintar yang masuk kelas mid-range ini? Berikut ulasan lengkapnya.


Secara desain, smartphone ini menerapkan bentuk yang tak jauh beda dengan Nokia Lumia 620. Mulai dari lekuk bodinya yang cukup ergonomis, serta konsep cover belakang yang dapat dicopot dan digonta-ganti. Hanya saja, dengan dimensi lebih besar. Bahkan, paling besar di antara yang saat ini beredar di pasaran. Di smartphone ini, ciri khas generasi Lumia terpancar dari pilihan cover warna-warni dan trendi. Anda bisa mendapatkan Lumia 625 berwarna kuning, oranye, hijau, putih atau hitam. Sayang, dalam paket penjualannya tak disertakan cover tambahan dengan warna berbeda.


Seperti halnya Lumia 620, proses membuka cover belakang di smartphone ini pun terbilang agak sulit. Anda harus hati-hati mencongkelnya dari sisi bawah (port charger/kabel data) dan menariknya ke belakang. Di balik cover, terdapat baterai lithium yang tidak bisa dilepas (non removable) dan di atasnya bercokol slot microSD dan Micro SIM card dengan posisi bertumpuk. Di sebelahnya tertanam kamera dan LED flash. Panel kontrol seperti tombol volume, power/lock screen, shutter camera, port charger/kabel data dan audio jack 3.5mm berada di sisi bodi tanpa keterangan ikon khusus.


Bodi yang bongsor merupakan imbas dari ukuran layar yang dimiliki Lumia 625. Dan menjadi seri Lumia berlayar paling besar untuk saat ini. Jika dibanding smartphone Android yang berukuran 5 inci bahkan lebih besar lagi, layar ponsel pintar ini memang belum apa-apa. Namun, setidaknya bisa memberikan keleluasaan penggunanya untuk mengakses beragam fitur unggulan serta menonton tayangan video.

Teknologi layar yang dibenamkan merupakan yang paling baru, dan mampu menghadirkan kejernihan gambar dan ketajaman warna yang terlihat natural. Meski tak setangguh layar Trilumipos Sony Xperia Z Ultra maupun Xperia Z1, namun display Lumia 625 tetap bisa terlihat dengan baik saat berhadapan langsung dengan sinar matahari. Menariknya lagi, layarnya dilapisi teknologi Corning Gorilla Glass 2 yang mampu melindungi layar smartphone ini terhadap goresan benda tajam sekalipun. Teknologi ini sama seperti yang ditanamkan di Lumia 720. Daya tahannya setingkat di atas layar anti gores standar yang digunakan beberapa seri Lumia seniornya.

Untuk antarmuka, Lumia 625 tetap menyuguhkan karakter Windows Phone 8 mulai dari konsep live tile, yang memungkinkan Anda untuk mengatur ukuran ikon menu hingga pemilihan konten/fitur apa saja yang akan ditampilkan di home screen. Namun, Microsoft telah menghadirkan update terbaru OS Windows Phone 8 untuk Lumia 625 ini ke versi Lumia Amber, yang tentunya didukung beragam fitur terkini.

Anda yang hobi browsing internet, Lumia 625 menyertakan fitur browser Nokia Xpress yang diklaim lebih ramah konsumsi data, karena berbasiskan cloud untuk mengkompresi halaman web secara otomatis. Selain itu, Nokia Xpress juga bisa memudahkan Anda untuk mencari konten berita, info serta video dengan lebih mudah. Termasuk penelusuran dalam format majalah.

Untuk kebutuhan koneksi dan akses data, Nokia Lumia 625 mengakomodasi semua sarana yang ada. Bahkan, untuk jaringan Internet sudah dibekali koneksi melalui jalur 4G LTE yang diklaim memiliki kecepatan data hingga 100 Mbps (download) dan 50 Mbps (upload). Sayangnya, jaringan 4G LTE di Indonesia sendiri belum bisa digunakan secara maksimal. Apalagi, belum ada satupun operator yang secara resmi meluncurkan layanan 4G LTE-nya untuk publik, alias baru sebatas uji coba saja.

Di Lumia 625 ini juga tetap menyertakan konten khas Nokia yang tergabung dalam menu "App Social Beta". Di sini, Nokia menawarkan berbagai aplikasi gratis untuk meningkatkan perform dan kinerja Lumia. Salah satunya adalah Nokia Music dengan Mix Radio, yang menyediakan 18 juta lagu gratis untuk didengarkan kapanpun dan di manapun.

Secara jeroan, kamera yang dibenamkan ke Lumia 625 ini tak jauh beda dengan seniornya Lumia 620. Mulai dari resolusi lensanya hingga fasilitas pendukung apa saja yang disandingkan. Otomatis, untuk kualitas foto setidaknya akan memiliki kualitas yang sepadan. Jika dibandingkan dengan kamera Lumia 720, tentu saja kualitasnya kalah jauh. Pasalnya, optik lensa yang digunakan Lumia 625 tidak menggunakan teknologi Carl Zeiss.

Saat digunakan menjepret foto, hasilnya terlihat cukup natural dan tajam dengan detail gambar yang lumayan jelas. Untuk foto di dalam ruangan dan memiliki intensitas cahaya yang redup, tinggal manfaatkan LED flash-Seperti generasi Lumia lain, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Nokia Smart Cam untuk mendapatkan gambar terbaik. Hal menarik yang dihadirkan Lumia 625 adalah kemampuan untuk menayangkan video full HD 1080p ®30fps, yang secara teori lebih baik dibanding Lumia 620 yang masih sebatas 720p. Namun, untuk video recording sendiri hanya mampu menjangkau resolusi 720p.

Dibanding beberapa pesohornya, Lumia 625 dibekali prosesor yang lebih tangguh. Hanya saja, kapasitas RAM yang disandangnya cukup kecil. Namun, soal kinerja tak perlu diragukan. Anda bisa menjalankan fitur-fitur standar dengan lancar, tanpa masalah berarti. Kemampuan multitaskingnya pun dapat beroperasi dengan baik. Secara kinerja, hadware Lumia 625 lebih baik dibanding lumia 620 maupun HTC 8s. Hal ini terlihat dari hasil benchmark menggunakan aplikasi AnTuTu dan WP-Bench.


Untuk mendukung kinerja hardware dan sistem secara keseluruhan, Lumia 625 didukung baterai lithium non removable dengan kapasitas 2000 mAh. Secara teori, kapasitas baterai ini sanggup memberikan waktu standby hingga 23 hari, waktu bicara di jaringan 2G selama 29 jam dan di jaringan 3G sekitar 15 jam. Namun, soal performa baterai tergantung dengan kondisi jaringan seluler operator yang digunakan. Sesuai kampanye gratis memutar 18 juta lagu, baterai Lumia 625 bisa digunakan hingga 90 jam nonstop.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Nokia Lumia 625 support 4G LTE dengan layar lebar”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.