Mengelola file di Windows Phone 8


Ads:

Untuk pemilik Windows Phone 7, proses pemindahan konten multimedia seperti musik, foto dan video terbilang cukup merepotkan. Pasalnya, Anda harus menggunakan software Zune yang terinstal di PC untuk mensinkronisasikan konten-konten yang ada di PC ke ponsel. Kekurangan lainnya, Anda tidak bisa memilih konten mana saja yang harusnya bisa dipindahkan. Karena, proses sinkronisasi akan secara otomatis mentransfer semua konten musik, foto dan video yang ada di PC ke ponsel.

Di Windows Phone 8, prosesnya kini lebih dipermudah. Cara yang digunakan bisa dibilang konvensional, Anda cukup menkoneksikan ponsel ke PC, lalu manfaatkan aplikasi file explorer dalam hal ini Windows Phone untuk memanajemen konten. Anda bisa memindahkan file atau menghapusnya jika dirasa memori ponsel mulai menipis.

Buat pengguna baru Windows Phone 8, berikut langkah-langkah yang bisa digunakan untuk menyelaraskan konten multimedia dari PC ke ponsel:
  • Download Windows Explorer (disebut File Explorer dalam beberapa versi Windows). Kemudian instal ke PC. Software ini biasanya akan meminta Anda untuk menginstal .Net framework.
  • Setelah semuanya terinstal dengan baik di PC, tahap berikutnya koneksikan ponsel Windows Phone 8 Anda ke PC menggunakan kabel data USB. Secara otomatis, akan muncul tampilan Windows Phone Explorer di layar PC.
  • Lakukan sedikit pengaturan di welcome home. Anda bisa langsung memilih proses sinkronisasi foto dan video secara otomatis dari ponsel ke PC (import) dengan memberi tanda centang di kotak dialog yang ada. Jika Anda mengaktifkan ini, maka setiap Windows Phone 8 Anda dikoneksikan ke PC, maka secara otomatis semua foto dan video yang Anda buat di ponsel akan di-import ke PC.
    Di tampilan awal ini, Anda juga dapat mengatur proses sinkronisasi konten musik dengan program media player yang ada di PC. Bisa iTunes maupun Windows Libraries. Tinggal pilih salah satunya.
  • Selanjutnya klik 'Continue'. Dan Anda pun sudah bisa memindahkan atau menghapus konten multimedia dari PC ke ponsel maupun sebaliknya.

Cara lain memindahkan konten multimedia:
Selain bisa memanfaatkan software Windows Explorer, Anda juga dapat memanfaatkan beberapa cara alternatif untuk memindahkan konten multimedia dari PC ke WP 8:
  • Seperti diketahui, update Windows Phone 7 ke Windows Phone 8 menghadirkan beberapa fitur baru, salah satunya adalah fungsi Mass Storage, yang memungkinkan Anda bisa mengakses folder data yang ada di ponsel layaknya file explorer.
    Saat Anda menancapkan dan mengkoneksikan ponsel Windows Phone 8 pertama kali, system akan mendeteksi serta menginstal driver khusus supaya ponsel dikenali PC. Jika proses ini berjalan lancar, maka akan secara otomatis akan muncul jendela baru berupa file explorer.
    Anda cukup mengklik 'Browse file' untuk memunculkan folder driver fite ponsel. Selanjutnya, tinggal telusuri folder file apa yang Anda inginkan. Untuk proses pemindahan konten multimedia seperti foto, video maupun musik, Anda cukup menggunakan proses drag and drop.
  • Jika ponsel Windows Phone 8 Anda mendukung kartu SD (microSD), Anda juga dapat menambahkan file musik, foto maupun video dengan meletakkannya di kartu SD (menggunakan Windows Explorer) lalu memasukkan kartu SD ke dalam telepon Anda.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

2 comments to “Mengelola file di Windows Phone 8”

Agak ribet yah wp 8. Nanti saya coba fitur mass stirage nya apakah emang bener bisa. Tq

Harga Terbaru said...
on 

Mas kalau cara menghapus" file lainya" yan tak bisa di lihat pada wp 8 tolong donk kasih tutorialnya...

Nur Rofikoh said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.