Ponsel antiAir Sony Xperia ZR


Ads:

Setelah Xperia Z, ZL, Z Ultra dan Z1 yang menyasar pengguna kelas hi-end. Sony akhirnya melayani penggemar ke mid-high yang penasaran dengan rangkaian seri Xperia Z dengan menghadirkan Xperia ZR. Di ponsel ini, pabrikan ponsel terbaik asal negeri sakura tersebut mengecilkan ukuran layar serta fisik tanpa mengurangi sedikit pun kemampuan hardware yang secara langsung mempengaruhi performa. Semenarik itukah?



Dari sisi depan, Xperia ZR bisa dengan mudah dikenali sebagai salah satu bagian dari rangkaian seri Xperia kelas premium. Ponsel ini berbagi desain yang mirip dengan Xperia Z, ZL, Z Ultra dan Z1. ZR memiliki bodi paling tebal jika dibandingkan pendahulunya di seri Xperia Z.

Dibandingkan sang pionir, Xperia Z, ponsel ini tampak sedikit kehilangan kesan premium terutama di bagian belakang. Hal ini disebabkan penggunaan bahan kaca premium tangguh pada Xperia Z original yang jelas lebih berkelas jika dibandingkan plastik doff yang dimiliki ponsel ini.

Di lain sisi, pemilihan finishing doff ini membuat ZR tidak mudah dikotori dengan noda sidik jari yang menjadi masalah pada ponsel berbahan plastik glossy atau kaca. Ditambah dengan kehadiran tombol fisik shutter kamera di ponsel ini yang absen pada Xperia Z dan Z Ultra.

Dengan sertifikasi IP55 dan IP58, ZR masih mewarisi ketahanan terhadap air seperti beberapa pendahulunya di kelas hi-end, dengan rating yang sama seperti milik Z1 dan Z Ultra. Artinya, ZR tidak akan menemukan masalah jika harus terendam di dalam air dengan kedalaman rnencapai 1.5 meter hingga selama 30 menit. Sebuah upgrade jika dibandingkan Xperia Z yang hanya mempunyai rating IP57 (kedalaman hingga 1M).

Namun ada pula perbedaan pada ZR jika dibanding seri Z dari Sony Xperia lainnya. ZR memiliki backcover yang bisa dibuka untuk memberi pengguna akses menuju baterai, siot microSIM dan kartu memori yang tersembunyi dibaliknya. Hal ini membuat pengguna harus berhati-hati dan memastikan untuk menutup backcover serta penutup port microUSB dan audio rapat-rapat sebelum membawanya ke dalam air.

Dibandingkan Xperia Z, ponsel ini mengalami 2 penurunan di sektor layar, yaitu pada panjang bentang diagonal layar (4.55 berbanding 5 inci) dan resolusi yang dimilikinya (720p berbanding 1080p). Namun kedua hal tersebut tidak banyak mempengaruhi performa tampilan layar ZR, karena layar ponsel ini masih tampak bagus bahkan kualitasnya tidak jauh berbeda dari yang disajikan Xperia Z. Dengan kerapatan piksel mencapai 323 piksel per inci grafis yang ditampilkan layar ZR tampak tajam dan jelas.

Juga mengadopsi generasi kedua Sony Mobile BRAVIA Engine, layar Xperia ZR mampu mengoptimalisasi pengaturan kecerahan, saturasi serta ketajaman saat memutar video atau menampilkan koleksi gambar. Layar ponsel ini juga memiliki kontras dan keluaran warna yang sangat baik. Dengan teknologi panel OptiContrast layar ZR menampilkan gambar dengan sangat jelas saat hidup dan tampak hitam pekat saat dimatikan, sehingga batasan antara layar dan margin di sekitarnya tidak terlihat kecuali jika diperhatikan secara jeli.

Diluncurkan dengan versi Android 4.1, ZR dijanjikan untuk segera mendapatkan update menuju versi 4.2. Bahkan menurut rumor, versi 4.3 akan menyusul setelahnya. Berkat balutan Timescape Ul khas Sony, pengalaman penggunaan pada ZR boleh dikatakan serupa dengan seluruh smartphone Xperia terkini. Efek animatif serupa kerai bambu masih menghiasi sajian lockscreen saat pengguna menyentuh layar untuk mengaktifkannya. Tersedia dua ikon shortcut masing-masing untuk aplikasi musik dan kamera.


Homescreen secara default terdiri dari 5 panel dengan kombinasi widget dan shortcut yang sama dengan yang ditemukan di produk-produk Xperia sebelumnya. Tentu saja pengguna bisa menambahkan panel homescreen hingga menjadi 7 buah.

Menggunakan prosessor Quadcore 1.5 GHz Krait, Adreno 320 GPU, 2 GB RAM, dan 8 GB Internal storage merupakan kombinasi perangkat keras yang dimiliki Xperia ZR dibalik dapur pacunya nyaris identik derigan yang digunakan Sony pada Xperia Z. Perbedaan terdapat pada memori internal yang dimiliki keduanya. ZR hanya memiliki kapasitas penyimpanana data sebatas 50% dari yang dipunyai Xperia Z.

Selain itu daya maksimal yang dimiliki baterai 2300 mAh keduanya juga berbeda meski hanya dalam jumlah yang sangat kecil. Dan lagi layar ZR yang lebih sempit tentu membutuhkan daya lebih sedikit dibanding milik Xperia Z.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Ponsel antiAir Sony Xperia ZR”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.