HTC One Mini versi lite dari HTC One


Ads:

Segala pilihan smartphone flagship (unggulan) dari vendor-vendor terkemuka dunia memang dengan mudahnya menggoda pengguna terutama penggemar teknologi ponsel untuk memilikinya. Hal utama yang seringkali menjadi penghalang tentu saja banderol harganya yang tidak bisa ditebus oleh kebanyakan orang. Menyiasati hal tersebut, beberapa vendor menghadirkan produk alternatif yang mendompleng nama produk terbaiknya namun dengan pemangkasan fitur di sana-sini guna mendapatkan harga yang lebih bersahabat. Seperti yang dilakukan HTC lewat HTC One Mini berikut ini.


Citra premium memang seperti sudah melekat pada produk besutan HTC. Apalagi pada ponsel ini yang membawa gen produk flagship vendor asal Taiwan tersebut. Secara fisik, nama One Mini sendiri sudah melukiskan betapa ponsel ini merupakan bentuk ringkas dari HTC One yang menjadi produk unggulan HTC. Kesan ponsel kelas atas langsung terasa pada bagian belakang yang terbuat dari bahan aluminum, sementara material plastik polikarbonat meliputi sekeliling sisi ponsel. Dibanding HTC One, bezel berbahan polikarbonat milik One Mini dibuat lebih tebal hingga menjangkau sedikit bagian depan dan belakang. Hal tersebut merupakan poin tambah mengingat bahan polikarbonat relatif lebih tahan terhadap benturan, sedang bahan aluminum akan lebih mudah meninggalkan bekas penyok (dent) ketika terbentur benda keras.

HTC juga menyusutkan layar One Mini menjadi 4.3 inci dari 4.7 pada One versi original. Tak cuma itu, resolusinya juga menjadi sebatas HD720p saja dari sebelumnya full HD 1080p pada HTC One. Tapi hal tersebut tidaklah buruk, bahkan jika dibandingkan dengan Galaxy S4 Mini (-256 ppi) atau bahkan iPhone 5S (-326 ppi), ponsel ini masih memiliki tingkat kerapatan piksel yang lebih tinggi. Sehingga jelas layar One Mini meyajikan tampilan yang tajam dan jernih. Suguhan warna pada layar ponsel ini tampak natural, pun tingkat kecerahan (brightness) layar yang terang menjadikan penampil gambar One Mini tak ubahnya seperti layar HDTV yang muat di saku. Masalah daya tahan, pengguna tidak perlu khawatir sebab sisi depan One Mini yang kaca tangguh Gorilla Glass generasi ketiga yang akan menghindarkannya dari goresan ketika diletakkan pada permukaan kasar atau saat berada di saku bersama benda lain semisal kunci atau koin logam.

HTC One Mini menggunakan chipset besutan Qualcomm dengan seri Snapdragon 400 yang juga digunakan Samsung untuk miniatur produk flagshipnya, S4 Mini. Bedanya, HTC tidak memaksimalkan potensi chipset ini yang mampu membawa prosesor dengan kecepatan mencapai 1.7GHz. Alhasil, performanya berdasarkan hasil pengujian dengan kedua aplikasi benchmark langganan kami tampak lebih inferior dengan skor 15130 pada Antutu dan 5785 pada Quadrant. Sebagai pembanding saat Kami uji S4 Mini mampu menembus angka 20 ribu pada Antutu dan 7 ribuan pada Quadrant. Hal lain yang mungkin menjadi poin minus bagi beberapa pengguna adalah ketidaktersediaan ruang untuk menambah kapasitas memori penyimpanan diluar memori internal yang sebenarnya sudah cukup besar.

Sejak muncul pada HTC One, Sense UI versi 5 yang berjalan diatas sistem Android Jelly Bean telah menarik perhatian kami. UI khas HTC ini memberi pengalaman berbeda dibanding ketika menggunakan Android kebanyakan. Bahkan boleh dikatakan Sense UI terutama versi terbaru ini merupakan UI paling inovatif dan atraktif yang ditawarkan vendor saat ini.

Dimulai dari lockscreen yang sajiannya bisa ditentukan sendiri oleh pengguna dengan pilihan menampilkan notifikasi yang masuk, koleksi foto dari album favorit, kontrol pemutar musik, widget layaknya fitur khas Android 4.2 atau sekedar menampilkan wallpaper lengkap dengan informasi waktu serta prakiraan cuaca. Beralih ke homescreen, bagian ini secara default menyediakan 3 buah panel dan jumlahnya bisa ditambah hingga menjadi 5 buah.

Panel utama yang terletak paling kiri didedikasikan bagi BlinkFeed yang akan dibahas secara khusus pada bagian fitur unggulan. Notification tray hanya menampilkan notifikasi, sedang untuk mengakses power control, pengguna bisa menekan tombol virtual di sudut kanan atas. Tak kalah dengan homescreen, app drawer juga tampil beda dengan menyajikan widget cuaca dan jam (weather clock) diatas paparan ikon-ikon aplikasi yang tersedia dalam ponsel.

Di satu sisi One Mini bisa dibilang maju karena mendukung konektifitas jalur data 4G. Sayangnya tidak terlihat adanya indikasi bahwa fitur tersebut bisa dimaksimalkan pengguna tanah air dalam waktu dekat. Fitur yang lebih bisa bermanfaat semisal NFC dan kapahilitas MHL (Mobile High-Definition Link) pada port microUSB justru absen di One Mini.

Seperti HTC One, ponsel ini juga dihadirkan dengan sejumlah fitur menarik diantaranya BlinkFeed, BoomSound, dan Zoe. BlinkFeed adalah semacam layman yang akan memberikan pengguna update terbaru dari sejumlah situs di Internet yang bisa dipilih sendiri oleh pengguna, juga dari akun media sosial yang dimiliki seperti Facebook, Twitter dan Instagram. BlinkFeed tersedia pada panel homescreen paling kiri, yang tersaji dalam bentuk mirip Live Tile kepunyaan Windows Phone.

Melengkapi sound processing ala Beats Audio yang kerap muncul pada produk-produk high end dari HTC, One Mini dibekali loudspeaker stereo lengkap dengan amplifier bulit-in di sisi depan yang disebut sebagai BoomSound. Kualitas semburan suara BoomSound terdengar sangat baik bahkan yang terbaik yang pernah kami dapati dari sebuah ponsel, disamping tentunya HTC One yang juga mengadopsi teknologi serupa.

Yang tak kalah menarik adalah HTC Zoe. Fitur yang menjadi bagian sektor kamera ini memungkinkan pengguna untuk menggabungkan foto, video dan lagu dalam sebuah sajian yang menarik. Saat pengguna mengaktifkan mode Zoe pada kamera, maka setiap kali pengguna menekan tombol shutter, ponsel akan menangkap hingga 20 gambar serta sebuah video berdurasi 3 detik. Dan Zoe juga ada pada menu galeri, dimana ketika pengguna memilih menampilkan koleksi foto dan video yang dimiliki berdasarkan event maka thumbnail pertama akan menyajikan sebuah video yang merupakan gabungan beberapa foto dan video yang diambil pada waktu dan tempat yang sama serta diiringi dengan musik.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “HTC One Mini versi lite dari HTC One”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.