Nokia Lumia 1020 dengan kamera 41 MPx


Ads:

Setelah lama ditunggu-tunggu, Nokia akhirnya merilis Lumia 1020 yang mengusung kamera denan resolusi fantastis 41 megapiksel. Mengangkat desain ala Lumia Windows Phone, 1020 punya bobot yang lebih ringan dari sang pendahulu, Lumia 920. Berbekal teknologi PureView, Nokia slap goda konsumen tanah air dengan ponsel pintar berkamera tercanggih saat ini. Penasaran? Simak ulasan berikut:



Lumia 1020 mengusung desain premium layaknya seri Lumia yang dilapisi permukaan kaca serta plastik polikarbonat di seluruh bagian yang lain. Keberadaan modul kamera 41 megapiksel yang ditanamkan pada bagian belakang membuat bagian belakang ponsel tampak lebih menonjol. Selain mengandalkan kamera sebagai daya tarik utama, Lumia 1020 juga hadir dengan warna-warna cerah yang memikat. Dibuat menggunakan desain yang sedemikian rupa, Nokia berhasil memangkas bobot ponsel ini jadi 27 gram lebih ringan dari sang kakak Lumia 920.

Berbekal layar 4.5 inci, Lumia 1020 mengganti jenis layar yang dipakai dari LCD pada 920 ke AMOLED. Mengusung resolusi 768 x 1280 piksel, Lumia 1020 memiliki kerapatan piksel 332ppi yang menyajikan gambar jernih dengan keluasan sudut pandang serta warna hitam yang menyejukkan mata. Panel sentuh yang dimilikinya juga mendukung input sentuhan tangan yang berada dibalik sarung tangan. Soal keamannya juga tidak perlu diragukan karena sudah dilapisi dengan kaca antigores Gorill Glass 3.


Sayang sekali dengan segala keunggulan yang dimiliki oleh layar berjenis AMOLED tersebut, pengguna harus siap kecewa dengan suguhan Live Tile yang menjadikan tampilan dari ponsel ini tampak kurang modern dan elegan. Kesederhanaan yang ditawarkan oleh Windows Phone ini tidak selalu buruk apalagi bila dikaitkan dengan performanya yang begitu mulus. Tak seperti ponsel pintar Android, ponsel ekosistem buatan Microsoft ini menjanjikan manajemen memori yang lebih baik guna menjamin tercapainya kinerja yang lebih tinggi.

Agar dapat merebut hati konsumen, Nokia secara cerdas menyematkan fungsi hiburan multimedia dengan konten lokal sebagai andalan. Hadirnya NOKIA MIX RADIO memungkinkan pengguna untuk mendengarkan lagu-lagu karya musisi lokal dan mancanegara. Guna mendukung perkembangan dunia musik tanah air, Nokia juga memfasilitasi pembelian lagu dengan mekanisme potong pulsa. Selain musik, Anda juga dapat mendengarkan radio serta siaran podcast dari internet. Sementara untuk menonton video, pemutar video Lumia 1020 dapat memutar video fullHD 1080p tanpa kendala. Sayang sekali pemutar videonya ternyata belum bisa menampilkan subtitle berformat srt.

Dari segi hardware yang diusung, Lumia 1020 memang tidak membawa kemajuan apapun dari pendahulunya. Tapi menurut kami, kinerja ponsel Windows Phone dengan teknologi kamera tercanggih ini tidak lantas jadi kendor. Meski hanya mengandalkan prosesor berinti ganda 1.5 GHz dengan chipset Qualcomm Snapdragon Krait, 1020 tetap dapat dipacu untuk menjalankan sistem tanpa harus menemui kendala ataupun jeda. Tapi jika metihat medan peperangan ponset pintar yang ada di depan mata, maka produk Windows Phone 8 juga harus banyak berbenah di sisi ini. Terlebih jika kebanyakan fungsinya akan condong ke eksploitasi grafis, seperti kamera, gaming dan video editing.

Nokia pintar dalam menyematkan konten lokal ke dalam produk Windows Phone-nya. Tak terkecuali di Lumia 1020. Kami sempat membicarakan masalah region akun Windows Live ID yang akan berpengaruh pada ketersediaan aplikasi-aplikasi tertentu di Windows Store (saat itu Windows Marketplace). Dan Windows Store Indonesia hanya menyediakan aplikasi-aplikasi yang tidak populer dan terkesan "asal ada". Dan Nokia mampu menawarkan solusi yang memuaskan. Dengan Nokia Collection yang sudah terintegrasi dengan Windows Store, Nokia memberikan kemudahan bagi pengguna Lumia dengan Windows Live ID region apapun (terutama Indonesia) untuk bisa mengakses aplikasi-aplikasi dan game populer yang bekerjasama dengannya. Lumia 1020 juga sudah dilengkapi dengan nokianesia yang menyediakan aplikasi buatan developer lokal.

Beberapa aplikasi Navigasi milik Nokia yang kini berganti merek jadi HERE juga sudah langsung disematkan Nokia ke Lumia 1020. Sementara untuk aplikasi produktivitas, sudah disediakan Office, dan OneNote. Sementara untuk mengusir kebosanan, Anda dapat bermain game atau XBOX Live yang sudah mendukung multiplayer.

Menggunakan teknologi PureView yang pernah disematkan dalam ponsel Nokia 808-nya, kamera 1020 diklaim sebagai ponsel kamera dengan kualitas terbaik saat ini. Modul kamera Lumia 1020 memang punya teknologi yang sangat canggih dalam balutan desain yang lebih ramping dari Nokia 808 PureView. Untuk menghasilkan gambar berkualitas prima, lensa CarlZeiss milik Lumia 1020 punya bukaan atau aperture yang meningkat dari seri sebelumnya 2.4 menjadi 2.2. Dengan desain baru BSI yang diterapkan pada sensornya, kamera belakang miliknya kini dapat mengambil gambar dengan tingkat noise lebih rendah meski dalam kondisi kurang cahaya.

Agar gambar yang diambil bebas dari guncangan, kamera belakangnya juga sudah dibekali dengan fitur Optical image Stabilization. Fitur ini dapat dipakai baik untuk keperluan memotret gambar maupun merekam video. Nokia juga memperpendek jarak terdekat fokus bidikan kamera dari 20cm menjadi 15cm. Ini artinya kini pengguna dapat membidik objek dari jarak paling dekat 15cm. Dengan jarak yang makin dekat, pengguna dapat mengambil gambar dengan fokus makro yang lebih detail. Untuk mengoptimalkan kecanggihan fungsi yang diusungnya, Nokia membekalinya dengan tiga aplikasi kamera masing-masing aplikasi default Windows Phone 8, Nokia Pro Camera dan Nokia Smart Cam.

Perlu pembaca ketahui, aplikasi default Windows Phone 8 ternyata hanya mampu mengambil foto dengan resolusi maksimal 5 megapiksel. Sehingga bila Anda ingin mengoptimalkan fungsi modul kamera 41MP miliknya, pengguna disarankan untuk memakai aplikasi Nokia Pro Camera yang dijejali dengan ragam setting yang pas untuk pengguna pemula atau profesional. Saat mengaktifkan Nokia Pro Camera, pengguna akan disambut dengan antarmuka kamera pada ruas kanan yang secara berurutan dari atas ke bawah terdiri dari setting flashlight, white balance, fokus, ISO, shutter speed dan exposure. Selain mengandalkan exposure dan aperture, juga membekalkan lampu flash LED dan Xenon Flash untuk membantu pencahayaan.

Meski mengklaim menggunakan modul kamera dengan resolusi 41 megapiksel, namum bukan berarti 1020 sanggup menghasilkan gambar dengan resolusi sebesar itu. Sensor kamera memang mengusung resolusi sebesar 7728 x 5368 atau 41 megapiksel, namun soal kemampuan menangkap gambarnya tentu akan sangat tergantung pada aspect ratio yang Anda pilih. Untuk aspect ratio 16:9 gambar yang dihasilkan berada pada resolusi 34 megapiksel, sementara pada aspect ratio 4:3 dihasilkan gambar beresolusi 38 megapiksel.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kamera ini ada baiknya kita ketahui lebih dulu gagasan utama dari teknologi PureView yang dikembangkan oleh Nokia ini. Gagasan utama dibalik pengembangan teknologi ini pada dasarnya adalah untuk menciptakan sensor kamera dengan besaran megapiksel tinggi guna mengumpulkan sebanyak mungkin informasi dari objek yang akan dibidik. Informasi dari banyak piksel yang dikumpulkan ini kemudian digunakan untuk menghasilkan gambar dengan "piksel sempurna" dalam resolusi lebih rendah. Dengan demikian, gambar yang dihasilkan jadi lebih cemerlang serta punya warna yang lebih bagus. Proses penyempurnaan piksel yang lazim disebut oversampling ini memungkinkan untuk menghasilkan gambar dalam resolusi penuh 34 megapiksel serta 5 megapiksel oversampling. Proses oversampling yang menggunakan basis software serta dijalankan oleh prosesor ini pada akhirnya berdampak pada timbulnya jeda selama 4 detik sebelum gambar berhasil disimpan.

Hasil kamera bisa dilihat di : http://www.nokia.com/id-id/tentang-41story/

Berikutnya adalah aplikasi Smart Camera yang merupakan aplikasi kamera yang mengambil 10 gambar secara beruntun atau burst shot. Kesepuluh gambar tersebut kemudian dapat Anda edit berdasarkan mode yang disediakan. Smart Camera memungkinkan pengguna untuk memilih lima mode yang mencakup best shot, action shot, motion focus, change faces dan remove moving objects.

Membicarakan ponsel dengan modul kamera berukuran besar tentu jadi tak berarti tanpa membahas kualitas gambar yang dihasilkan. Menggunakan aplikasi Pro Camera, Anda bisa memilih memotret foto dengan resolusi 38 MP untuk rasio 4:3 atau 34 MP untuk rasio 16:9. Untuk pengambilan gambar di luar ruangan dengan pencahayaan yang cukup, foto yang dihasilkan tersaji dengan warna yang natural serta detail yang bagus. Untuk pengambilan gambar di dalam ruangan dengan pencahayaan rendah, gambar yang dihasilkan megunjukkan komposisi warna serta kontras yang baik. Bila masih dirasa kurang. Anda bisa mengaktifkan LED flash dan Xenon flas yang disematkan untuk membantu pencahayaan.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

1

Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :)

The Geeks said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.