Panduan Meng-Upgrade Firmware Nokia


Ads:

Dulu, Nokia memang lebih tertutup untuk urusan upgrade dibanding pabrikan lain. Tengok, betapa mudahnya pengguna ponsel Siemens (sekarang BenQ-Siemens) mengupdate firmwarenya. Atau lihat juga fasilitas yang diberikan Sony Ericsson dan O2 kepada pengguna ponsel-ponsel mereka, untuk memperbaharui firmwarenya. Namun kini, Nokia sudah mulai membuka diri dengan menyediakan layanan update online. Namanya Phone Software Update.

Layanan phone software update ini terdiri dari 2 jenis layanan.
1. Update Over The Air (OTA). Layanan ini memungkinkan pemakai ponsel Nokia untuk mengupdate softwarenya langsung via internet. Tentu saja dibutuhkan koneksi internet (GPRS/Wifi) dan biaya tambahan yang dibebankan oleh operator.
2. Update melalui komputer. Agar layanan bisa berjalan mulus, memerlukan komputer dengan sistem windows 2000 atau XP, kabel USB, dan internet (disarankan untuk menggunakan koneksi broadband). Layanan ini dapat diaplikasikan untuk Nokia N70, N71, 6131, 6630, 6680, 6681, dan 6682.

Persiapan :
Sebagai langkah awal, Masuklah ke situs ini. Pada halaman webnya, akan diminta menentukan model ponsel yang hendak diupgrade. pilih tipe Nokia pada kolom yang tersedia, kemudian tekan tombol ‘update via PC’.

Selanjutnya akan muncul halaman petunjuk step by step cara upgrade software.
Kini memasuki tahap kedua. Disini, dipersilahkan mendownload Nokia Software Updater. Tekan tombol ‘download’ untuk memulai proses download. Sebagai tambahan info, file installer Nokia Software updater memiliki ukuran sebesar 15 MB sehingga cukup memakan waktu untuk mendownloadnya.
Setelah selesai, install software di PC. Jika berhasil, akan muncul sub program baru bertajuk Nokia Software Updater pada menu start>program>Nokia Software Updater.
Langkah-langkah Update Software:
1. Sebelum memulai proses update, sebaiknya lakukan backup file-file penting ponsel . Gunakan Nokia PC Suite atau dengan bantuan kartu memori.
2. Jalankan program Nokia Software Updater dari start menu.
3. Tekan tombol ‘start’.
4. Pada tahap ini ponsel harus terhubung dengan komputer melalui kabel USB. Ponsel dalam keadaan aktif dengan SIM card terdapat di dalamnya.
5. Pilih profile ‘general’. Jangan lupa hubungkan ponsel dengan charger untuk menghindari kehabisan baterai (loss power) saat proses upgrading.
6. Tekan tombol ‘next’.
7. Selanjutnya ponsel akan mengidentifikasi ponsel yang hendak diupgrade.
8. Nokia Software Updater segera mencari Updater yang tersedia. Jika firmware ponsel merupakan software terbaru, updater tidak akan memulai proses upgrade.
9. Jika terdapat update-nya, Nokia updater segera melakukan proses upgrade.
10. Setelah selesai, akan muncul konfirmasi bahwa proses tersebut telah selesai.

Selain dapat memperbaharui kinerja ponsel, proses update juga dapat menyelesaikan beragam masalah seperti ponsel hang, application error, atau kerusakan software lainnya.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

5 comments to “Panduan Meng-Upgrade Firmware Nokia”

om...tolong...stelah saya upgrade nokia 6630 saya...eh....bahasa indonesianya gak ada...duh...gimana neh cara balikin bahasa indonesianya????? jawabannya ke email saya ya om... helmy_gatsoe@yahoo.com

Helmy said...
on 

tolong dong info firmware 9300i terbaru

Anonymous said...
on 

Ok bos, kalao ada langsung di informasikan

admin said...
on 

masukan dari pembaca
NB from helmyinfo.blogspot.com : Belajar dari pengalaman saya dengan Nokia 6630 saya, jika ponsel anda diproduksi bukan untuk penjualan di indonesia (luar negeri) atau BM yang firmwarenya telah diinstall bahasa Indonesia, JANGAN melakukan upgrade firmware online langsung dari Nokia, karena akan mengakibatkan perubahan bahasa sesuai produksi negara asal ponsel tersebut di produksi. Jadi bahasa indonesia yang ada di HP anda akan terhapus dan jika anda membawanya ke Nokia Care Indonesai, Nokia tidak akan bertanggung jawab atas ponsel yang tidak diproduksi untuk indonesia. HP yang telah anda upgrade firmwarenya ke firmware yang terbaru tidak akan bisa anda Downgrade ke versi yang sebelumnya, kecuali dengan cara-cara yang tidak di resmikan oleh Nokia.

admin said...
on 

salam kenal master.. Saya mw upgrade nokia 5320xm. Via ponsel, kan ada tuh d pengaturan, tapi.. Ada tapinya juga.. Hp nokia 5320xm ini di buatnya di asia Sesuai dgn imei yg saya ktahui.. Nah saya mw tau ada resiko apa saja jika upgrade via ponsel.. Dan biaya apasaja yg akan d kenakan.. Serta apa yg akan terjadi.. Mohon pencerahannya.. Plis plis aku mohon...

Wiathna Sambrun said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.