Cara mengetahui kualitas akurasi layar sentuh


Ads:

Akhir-akhir ini, sejumlah vendor sudah banyak yang melepas ponsel-ponsel berlayar sentuh. Tidak hanya itu, mereka pun terkesan meluncurkan ponsel yang siap digunakan tanpa bantuan stylus. Masalahnya, tidak semua layar sentuh tadi sesuai dengan yang diharapkan. Ada beberapa faktor yang kemudian membuat mereka bukan memberi solusi, justru menjadi permasalahan baru dalam menggunakan ponsel. Diantaranya adalah: Material sensor yang konduktif (sifat konduksi material sensor), Material substrat, ketebalan substrat, jarak antara sensor dengan permukaan layar, formasi gelombang sensor, pola sensor, pitch sensor, sirkuit analog pada sensor dan sample rate.

Dengan demikian spesifikasi layar LCD saja tidak cukup untuk menyimpulkan kualitas layar sentuh yang sesungguhnya. Sebuah pengujian sederhana yang bisa dilakukan oleh siapa saja dapat membantu menilai tingkat akurasi sebuah layar sentuh. Caranya juga tidak sulit, hanya perlu menggunakan aplikasi menggambar (drawing). Kecuali jika di ponsel tersebut sudah memiliki aplikasi dengan fungsi sama.

1. Siapkan ponsel layar sentuh yang ingin kita coba. Lebih dari satu akan lebih baik karena bisa dilihat perbandingannya dengan jelas.
2. Jika dalam sistem default ponsel tidak menyertakan aplikasi menggambar, maka anda perlu mendownloadnya.
3. Jalankan aplikasi tersebut Seperti tampak dalam gambar berikut. Ya, hitam seperti ini, karena aplikasi ini memang menyediakan background hitam karena ada permainan Blue Vs Red di dalamnya.
4. Proses pengujian pertama adalah dengan menggunakan ujung jari. Letakkan telunjuk kita seperti pisau mengiris sayuran. Buat garis diagonal dengan bagian jari ini, dan lakukan perlahan untuk mendapatkan hasil tes yang memuaskan. Lakukan ini dengan jari sedikit ditekan
5. Lakukan berulang ulang dengan arah garis diagonal yang sejajar
6. Jika dirasa sudah cukup, lakukan dengan garis diagonal dengan arah yang berlawanan.
7. Sebelum memulai analisa terhadap apa yang dilakukan tadi, kita bisa melihat gambar berikut ini.

8. Pada layar sentuh yang bagus, garis yang dihasilkan cenderung tegas, meski lurus tidaknya akan dipengaruhi oleh gerakan saat menarik garis di atas layar tersebut. Garis tegas menunjukkan tingkat akurasi sensor sentuh layar ini yang tinggi. Semakin banyak gelombang, bahkan membentuk sebuah gambar tangga, maka semakin kurang akurat sensor layar yang diuji. Anda bisa menerapkan test ini ke semua jenis ponsel berlayar sentuh capasitive bukan resistive. Apapun sistem operasinya.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Cara mengetahui kualitas akurasi layar sentuh”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.