HTC Sensation XE


Ads:

Sensation XE bisa dikatakan sebagai penyempurna dari HTC Sensation yang sebenarnya tidak bisa dikatakan usang. ponsel mewah ini punya spesifikasi superphone yang meningkat dibanding pendahulunya dengan tambahan fitur Beats Audio serta bonus headset premium dari Beats by Dr. Dre merupakan ponsel pertama yang ditanamkan teknologi Beats Audio, setelah HTC mengakuisisi perusahaan Beats Electronics dengan nilai lebih dari USD 300 juta.

Disain
HTC Sensation XE memiliki bentukan yang sama persis dengan pendahulunya. Perbedaannya ada pada aksen merah di beberapa bagian ponsel yang menambah kesan mewah pada disain elegan khas HTC. Jika dibandingkan beberapa kompetitornya di kelas superphone dual-core, memang memiliki bobot yang lebih berat. Namun, dikombinasikan dengan bahan metal dan bodi besarnya, bobot ponsel ini justru menambah kesan kokoh dan tangguh. Di bagian depan didominasi lapisan kaca anti gores, Gorilla Glass. Tidak seperti ponsel layar sentuh umumnya, lapisan pada ponsel ini memiliki permukaan yang tidak rata. Tampak bagian pinggiran kaca lebih menonjol dibanding di area tengah.

HTC Sensation XEHTC Sensation XEHTC Sensation XEHTC Sensation XEHTC Sensation XEHTC Sensation XE
Dibalik ke bagian belakang, bahan metal diapit oleh material plastik bertekstur mirip karet di bagian atas dan bawah membuat ponsel bisa duduk mantap digenggam tanpa tergelincir karena licin. Di sekeliling bodinya, hanya memiliki 2 port, microUSB dan audio 3.5mm ditambah tombol power/lock serta 2 buah tombol fisik pengatur volume suara.

OS dan User Interface
Gingerbread pada Sensation XE dimodifikasi dengan user interface khas vendor asal Taiwan ini, yaitu HTC Sense. Pada versi 3.0, tampak beberapa penambahan fitur atraktif yang diberikan.


Pada lockscreen, secara default layar menampilkan 4 buah shortcut (phone, mail, camera dan messages) serta sebuah bentuk cincin di bawah layar. Untuk membuka kunci layar, tinggal mengeser cincin ke bagian tengah layar. Pengguna juga dapat menuju salah satu fitur yang direpresentasikan oleh ikon shorctcut dengan menggeser ikon ke arah cincin. Shortcut pada lockscreen pun dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Sensation XE membawa 6 buah pilihan lockscreen yang terinstall. Dimana masing-masing lockscreen akan menampilkan fitur berbeda dengan efek animatif yang menarik di tengah layar.

Masuk ke homescreen, tersedia 7 buah panel berdampingan yang bisa dipersonalisasi dengan menambahkan widget, shortcut ataupun folder yang diinginkan. Pengguna juga dapat mengubah tampilan homescreen dengan mengganti scene yang secara otomatis mengganti wallpaper serta rangkaian widget dan shortcut di homescreen.

Menu utama menyajikan ikon aplikasi dalam bentuk grid (petak) memanjang ke bawah. Tersedia pilihan di bagian bawah layar untuk menampilkan aplikasi berdasarkan tingkat seringnya penggunaan atau aplikasi yang diunduh sendiri oleh pengguna.

Hardware
HTC meningkatkan clockspeed sebesar 25% dari pendahulunya yang hanya memiliki prosesor sebatas 1,2GHz. Sayangnya peningkatan tersebut tidak diikuti dengan penambahan kapasitas RAM yang juga sangat penting bagi kinerja ponsel.

Graphic Processing Unit (GPU) terbaru dari Qualcomm yang terpisah dari CPU juga meningkatkan performa grafis dari ponsel ini. Sensation XE masih menggunakan GPU yang sama dengan yang dimiliki Sensation sebab Adreno 220 memang merupakan GPU teranyar dari Qualcomm.

Display
Bersama Galaxy SII dan Motorolla RAZR, dimensi layar Sensation XE merupakan salah satu yang terluas di kelas smartphone dual-core dan hanya kalah dari Samsung Galaxy Nexus, sang adik Sensation XL dan ponsel bongsor, Galaxy Note.

Layaknya sebuah superphone, Iayarnya sangat responsif menanggapi setiap input sentuhan penggunanya. Di samping itu display ponsel ini juga memiliki kualitas yang sangat baik dalam menyajikan tampilan menu, tingkat kecerahan layar yang tinggi memungkinkan ponsel untuk digunakan di area outdoor pada siang hari.

Multimedia
Ponsel ini dilengkapi teknologi Beats Audio berbasis software yang meningkatkan kualitas suara yang dikeluarkan melalui headset Beats yang disediakan pada paket penjualan.
Fitur ini hanya akan muncul ketika pengguna memutar file multimedia baik audio maupun audio-video dengan headset. Saat memutar file musik dengan headset, akan muncul logo Beats di sisi atas layar, untuk menonaktifkan fitur ini, pengguna dapat mengaksesnya melalui notification tray.

Anda juga dapat memilih fitur sound processing lain saat memutar musik dengan menggunakan headset. Caranya, tekan tombol menu dalam aplikasi music player> sound enhancer> lalu pilih salah satu HTC enhancer atau Beats Audio.
Sementara saat digunakan memutar file video, pilihan fitur Beats Audio secara otomatis aktif dan dapat dimatikan dengan menekan ikon Beats pada panel kontrol.

Internet
Tentu bukan hal yang istimewa bagi smartphone berbasis Android untuk memiliki browser yang dibekali segudang fitur. Demikian pula dengan Sensation XE yang membawa fitur multi tab browsing, RSS feed, HTML, bookmarks, history, downloads, pinch zoom, dan share page.

Nilai tambah lain adalah ukuran layar yang luas mampu membuat tampilan halaman web favorit lebih jelas terlihat.

Kamera
Dengan besaran resolusi 8MP, seharusnya sudah lebih dari cukup untuk menggantikan tugas kamera digital anda guna keperluan sehari-hari. Tidak hanya mengandalkan resolusi, fitur kamera juga dilengkapi berbagai fitur pendukung. Pengguna misalnya, dapat mengaplikasikan satu dari 13 effect yang disediakan dan akan tertampil langsung pada viewfinder sebelum gambar diabadikan.

Fitur lain yang juga menarik adalah instant capture, dimana kamera tidak membutuhkan waktu lama untuk penyesuaian fokus saat mengambil gambar. Secara sederhana, kamera akan langsung mengabadikan gambar saat pengguna menekan shutter. Sayangnya ponsel ini tidak memiliki tombol fisik untuk shutter kamera.

Seperti Sensation, Sensation XE juga mampu merekam video ke dalam resolusi full HD. Dalam keadaan pencahayaan yang minim, kamera video menjalankan fitur noise reduction meski rasanya belum benar-benar mengurangi noise pada video. Namun saat dibutuhkan, dual led siap memberi tambahan cahaya untuk menerangi objek yang terletak tidak terlalu jauh dari lensa.

Kesimpulan
HTC Sensation XE memang layak disebut superphone, tengok saja spesifikasi dibalik bodinya yang menyimpan prosesor dualcore dengan clockspeed yang superior.
Belum lagi kamera 8MP dengan kapabilitas merekam video resolusi definisi tinggi. Dan yang tidak boleh dilupakan, tentu saja teknologi Beats Audio plus headset premium dalam paket penjualan yang siap memanjakan pecinta teknologi ponsel sekaligus audiophile.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

3 comments to “HTC Sensation XE”

Thanks infonya,om.

Bang Agri said...
on 

bro gua udah beli ini hp tapi kadang headsetnya ga keluarin suara pas gua colok buat dengerin musik. tapi kalo buat dengerin radio headsetnya bisa. itu knp ya? mohon penerangannya

Alfisyah Akbar said...
on 

biasanya yg bgitu krn headsetnya ga kompitabel ama hpnya. mesti kudu pke headset bawaan htc ato beats audio aja, headset merk lain kdg2 ditolak. gw juga biasabya gtu.

Ryan Raymogie said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.