Blackberry Bold 9900 aka Dakota


Ads:

Meski memiliki kemampuan OS yang tidak jauh berbeda dari sebelumnya, atau kamera yang seharusnya bisa lebih balk dari pendahulunya, namun untuk kemampuan Bold 9900 memiliki kemampuan yang cukup signifikan dari seri sebelumnya. Selain dibentuk dengan desain yang lebih elegan dan tipis, Bold 9900 juga memiliki kemampuan yang berbeda dari seri sebelumnya yaitu berdesain qwerty sekaligus layar touchscreen.


Bold 9900 atau yang biasa disebut dengan Dakota ini memiliki desain yang mirip dengan bold 9000 namun dibuat lebih tipis. Bahkan tipe ini termasuk BlackBerry tertipis yang resmi beredar di Indonesia. Memiliki ketebalan yang sama dengan saudaranya yaitu seri 9930, Dakota nampak lebih elegan meskipun memiliki keyboard qwerty yang sama dengan milik bold terdahulu.


Penggunaan qwerty sangat nyaman karena dilengkapi dengan bantalan yang empuk. Di atasnya terdapat layar yang mengkilap dan dikelilingi dengan pambatas material metal yang hampir mirip dari seri 9000. Sementara bagian belakang terbuat dari kombinasi plastik dan kaca. Tidak seperti pada bold 9000, Dakota hanya menutup sepertiga dari bagian belakang. Sayang untuk slot microSD tidak Hot Swap, sehingga Anda harus membuka baterai untuk mengambil kartu memorinya.


Di sisi kanan terdapat empat tombol. Tiga dari mereka menempel dengan fungsi atas dan bawah yang bertindak sebagai volume. Sedangkan tombol yang di tengah digunakan sebagai tombol pause saat Kita menyalakan media. Di bawahnya terdapat tombol convenience key. Sedangkan di sisi kiri dikhususkan port, yaitu port microUSB dan 3.5mm headphone.

Seperti pada BlackBerry Torch atau Onyx 2, Bold 9900 juga menggunakan kamera dengan resolusi yang sama dan menggunakan fitur yang sama dengan milik torch. Akan tetapi gambar yang diambil pada 9900 Bold pada resolusi maksimal sebenarnya sedikit lebih kecil yaitu
2560 x 1920 piksel, padahal Onyx 2 atau 9780 mampu menghasilkan ukuran foto maksimal 2592 x 1944 piksel.

Dengan kemampuan yang sama dengan Torch maka kualitas sudah bisa menebak bagaimana hasilnya. Apalagi didukung dengan layar beresolusi warna 16 juta maka tampilan foto yang dihasilkan menjadi lebih jernih.

Foto yang diambil dalam cahaya yang baik direproduksi dengan baik dan warna yang cukup representatif. Pada hasil di siang hari sangat bagus. Dalam gelap gulita, lampu LED-nya melakukan pekerjaan dengan baik, memilih gambar dari kegelapan lengkap, hasilnya cukup membantu objek yang akan diambil sehingga tidak menjadi gelap.

Saat merekam video Bold 9900 memiliki kemampuan yang cukup menggiurkan karena mampu merekam video berkualitas HD. Dengan kameranya 9900 mampu menghasilkan video dengan resolusi maksimal 1280 x 720 piksel/ 720p.


Selain menggunakan qwerty sebagai alat input, Bold 9900 memiliki kelebihan pada layar sentuhnya. Seperti milik Torch, Bold 9900 menggunakan layar jenis kapasitif
membuat pengguna sangat nyaman saat mengakses menu-menunya. Apalagi dukungan layar sangat responsif dan dukungan Sistem Operasi BlackBerry terbaru yaitu versi 7. Membuatnya, lebih canggih dari BlackBerry terdahulu.

OS versi 7 memiliki ikon yang lebih berwarna ketimbang versi terdahulunya dengan fitur lebih menjanjikan.
Menggunakan prosesor 1.2 GHz dengan RAM 768 MB, OS versi 7 dapat dijalankan dengan sempurna. Dengan peningkatan hardware sudah pasti berbuah ke peningkatan tampilan visual dan tampilan antarmuka yang memiliki grafis lebih baik.

Browser BlackBerry 7 telah diuji dan dibandingkan dengan rivalnya, melalui Torch yang mengunakan versi 5 dan Bold 9900 dengan versi 7-nya. Hasilnya juga cukup memuaskan. Dengan fitur Liquid Grafis maka proses rendering menjadi semakin cepat, RIM sendiri mengklaim browser OS 7 lebih cepat 1.6x dari OS 6, bahkan memiliki dukungan penuh untuk elemen HTML 5.
Pengguna OS BlackBerry 7 juga akan mendapatkan versi penuh dari Docs to Go dengan seluruh fungsi premiumnya. Dan tambahan dukungan NFC yang memungkinkan pembayaran secara langsung melalut HP (semacam dompet digital), sayangnya di Indonesia belum bisa digunakan.

Tidak hanya itu, trackpad yang berada tepat dibawah layar seakan tidak berguna sama sekali, karena Anda dapat dengan mudah memilih menu melalui layar.


Untuk dapat terkoneksi ke internet bold 9900 menggunakan jaringan maksimal HSDPA/HSUPA. Melalui paket BlackBerry servicenya pengguna dapat terkoneksi ke internet dengan mudah dan cepat apalagi dukungan browser versi terbaru. Tidak hanya itu Anda juga dapar terhubung pada Hospot Area melalui Wifi yang dimilikinya.

Untuk transfer atau backup data, Bluetooth dan slot MicroUSB siap dimanfaatkan untuk berbagi data antar perangkat. Tidak hanya itu fasilitas GPS sudah build-In di dalamnya sehingga dengan menggunakan peta BlackBerry Anda dapat bernavigasi, atau berbagi lokasi.

Agak aneh jika melihat spesifikasi 9900 Bold hanya dilengkapi dengan baterai 1230mAh. Ini berarti kurang dari 1300mAh yang sudah dimiliki 9800 Torch dan secara signifikan lebih kecil dari 1 500mAh yang datang dengan Bold 9000 dan Onyx 2.

Akan tetapi RIM mengklaim bahwa 0S7 lebih ramah akan baterai, tapi mungkin mereka lupa bahwa handset ini jugs dikemas dengan prosesor 1.2GHz dan itu pasti akan ber-efek pada baterai.

Kami membuktikannya dengan Bold 9900 kami miliki. Dalam keadaaan baterai penuh, kami menggunakannya standart dengan menerima dan mengirimkan beberapa pesan BBM dan 20 email yang diterima. Tidak hanya itu kami juga sampat menggunakannya untuk berfoto dan merekam video dan memutar beberapa musik dengan lama sekitar 45 menit melalui headphone dan menggunakannya untuk menelpon selama 30 menit melalui perangkat ini. Ditambah lagi browsing dengan menggunakan jaringan 3G /Wifi pada hari yang sama, kekuatan baterai langsung menyisakan 10 persen saja. Dengan pembuktian seperti ini Anda disarankan untuk selalu tetap membawa portable charger.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Blackberry Bold 9900 aka Dakota”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.