Nokia E60


Ads:

Desain
Dengan fisik panjang 11,5 cm, lebar 4,9 cm dan tebal 1,69 cm, Nokia E60 terlihat tak terlalu bongsor, hampir separuh ukuran seniornya yang berseri 9xxx. Bobotnya tak berat, tapi tak bisa dibilang ringan, 117 gram.

Balutan materialnya terbilang sempurna, dengan ‘baju’ plastik silver berkualitas yang dikombinasikan metal alumunium. Walhasil, terlihat solid dan kokoh, serta sanggup membangkitkan nuansa elegan dan mewah. Kelemahannya, meskipun berukuran besar, tombolnya agak keras. Kurang nyaman saat digunakan mengetik.

Kualitas Layar
Tampilan layar Nokia E60 layak diacungi jempol, terlihat jernih dan padat. Kesan teduh dan lembut pun mampu tertangkap. Bisa dimaklumi, mengingat pada bidang berukuran 3,5x4,1 cm, E60 tak tanggung-tanggung melekatkan display warna TFT (Thin Film Transistor) berdaya pancar 16 juta warna alias 24 bit. Kerapatannya pun tinggi, 352x416 piksel

Sistem Operasi
Ponsel beralihan triband GSM dan UMTS (3G) ini dibekali sistem operasi Symbian versi 9.1 Serie 60 UI edisi ketiga, plus prosesor TI OMAP (ARM-926) berkecepatan 220 MHz. meski akselerasinya lebih rendah dibanding Nokia 6630 yang 233 MHz, kinerjanya tercatat lumayan cepat dan stabil.

Personalisasi
Pada kondisi default, E60 miskin gambar wallpaper dan themes. Artinya, Anda harus mencari atau mendownload sendiri gambar/ thema agar tampilannya tak monoton dan membosankan. Saat ada panggilan / pesan masuk, dering polifoniknya terdengar kencang dan jernih. File audio berformat MP3, AAC,WAV dan format true tone lain bisa dijadikan ringtone.

Fasilitas Office
Sebagai ponsel bisnis, E60 memiliki fitur kantoran dalam folder ‘Office’. Tercatat ada File manager, Document, Sheet, Presentations, Screen export, Printers dan HP printer. Lewat ‘Document’, Anda bisa menampilkan dan mengedit file Word (MS Office 97, 2000, XP dan 2003) secara langsung dari ponsel. Begitu juga untuk Excel dan PowerPoint. Asyiknya, tampilan data-data ini diresize (diubah ukurannya) secara otomatis agar sesuai ukuran layar (fit on screen).

Sayangnya, E60 tidak menyajikan fasilitas guna membuka file PDF. Untuk mendapatkan aplikasi ‘Adobe Reader’ ini, Anda bisa mendownloadnya di situs resmi Nokia: www.nokia-asia.com -> Product Support Nokia E60 -> Phone Software -> General Software.

Anda juga bisa mendapatkan beragam aplikasi tambahan di situs ini, seperti WorldMate, Handy Expense, nokia zip manager, Hotspot Finder, Wireless Keyboard applications dan Psiloc Wireless Presenter. Hasilnya, kinerja E60 bakal lebih optimal. Berbekal fitur Printers Anda dapat langsung mengkoneksikan E60 ke printer lewat Bluetooth, infrared atau Wi-Fi, guna mencetak dokumen word, excel serta data lain yang ada di ponsel.

Multimedia dan Hiburan
Nokia E60 tidak dipersenjatai kamera digital seperti ponsel terkini lainnya. Cukup beralasan mengingat ‘haram’ hukumnya membawa perangkat kamera ke dalam ruang rapat atau pertemuan perusahaan. Meski terkesan ponsel ‘serius’ bukan berarti E60 miskin hiburan. Buktinya, model ini menyediakan player musik dan RealPlayer.

Pemutar lagunya sanggup memainkan beragam file musik seperti mp3, aac, m4a, amr, midi dan wav. Suara dendangan lagu lewat loudspeakernya terdengar kurang empuk dan terkesan datar, walaupun fasilitas equalizer telah diaktifkan. Meski begitu, terdengar cukup keras. Alunan lagu ini terdengar lebih baik bila dinikmati lewat headset stereo yang disediakan dalam pembelian. Tapi tetap saja masih kalah jauh bila dibandingkan dengan pemutar musik milik nokia 3250. Apalagi Walkman Sony Ericsson.

Saat kondisi default, E60 tak memiliki satupun jenis game. Namun, Anda bisa mendownloadnya gratis dari www.nokia-asia.com -> Product Support Nokia E60 -> Phone Software -> games. Sayangnya, hanya tersedia satu game saja : Golf Pro Contest.

Konektivitas dan Internet
Untuk ‘ngobrol’ dengan perangkat lain E60 menyediakan Bluetooth, infrared dan kabel data Pop-Port CA-53 (disertakan dalam paket pembelian). Kinerja ketiga saluran data ini baik, tanpa masalah. Saat dihubungkan ke PC via kabel data, E60 merespon dengan memberikan 3 pilihan mode: PC Suite, Data transfer dan IP passthourgh. Pilih PC Suite untuk menstransfer lagu, install aplikasi maupun membackup data ponsel.

Berbekal browser WAP 2.0, xHTML dan teknologi GPRS class 10 plus EDGE class 10, akselerasi E60 saat menyelam dan membuka situs wap serta beberapa halaman HTML terbilang cepat dan stabil. Saat dijajal mengakses homepage telkomsel.com, hanya menelan waktu sekitar 7 detik saja.

Kinerja saluran WLAN Nokia E60 juga bagus. Saat dijajal didaerah jangkauan Wi-Fi (hotspot) open network, E60 mampu dikoneksikan ke internet dengan gampang.

Memori
Dalam paket penjualan E60 terbilang pelit dalam urusan memori, tak menyertakan memori RS-DV-MMC. Jadi, kita harus membelinya secara terpisah untuk menambah kapasitas memori internal yang hanya 64 MB.

Baterai
Untuk menghidupi semua fitur tangguhnya, E60 menggandeng baterai lithium-ion berkapasitas 970 mAh. Dengan sistem manajemen energi, plus power saver optimal, konsumsi energinya terbilang irit. Sekali charging, baterainya mampu bertahan 2,5 hari, pada pemakaian normal.

KesimpuLan
Harga 3,8 jutaan untuk Nokia E60 terbilang rasional. Pasalnya, kita mendapatkan banyak fitur mewah, semisal layar berkualitas, sistem operasi, koneksi komplit dan handal, juga Wi-Fi /WLAN untuk mendukung kinerja aplikasi kantornya. Tak hanya itu, E60 juga mendukung network generasi ketiga (3G).

Namun Anda yang sangat mengharapkan kehadiran kamera, siap-siap saja untuk kecewa. Hal lain yang patut disesalkan yakni disain yang kaku, dan keypad yang kurang nyaman.

Nokia E60 picture gallery



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Nokia E60”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.