Membuat Playlist di Windows Media Player


Ads:

Pengguna PDA yang hobi mendengarkan musik rasanya tidak lagi membutuhkan pemutar musik portable lain. PDA-nya yang sehari-hari digunakan untuk keperluan serius bisa juga diajak bersantai.

Khusus untuk mereka yang biasa menyimpan banyak file musik di PDA dan memori eksternalnya, tidak lagi harus pusing mencari file yang telah disimpan untuk kemudian dimainkan.

Windows Media Player sendiri sudah memiliki fitur pencarian file multimedia secara cepat. Tapi sayang masih terbatas. Semisal file kita terbagi di dua sumber memori yang berbeda. Maka tidak bisa menggabungkannya tanpa melakukannya secara manual. Ditambah lagi tidak bisa menyesuaikan jenis lagu yang akan didengar saat itu.

Salah satu cara untuk mengklasifikasikan jenis musik sesuai dengan selera adalah memilah file-file ke dalam bentuk playlist. Tapi ternyata Mobile Windows Media Player ternyata tidak seluwes Windows Media Player yang ada di PC. Kita akan mengalami kesulitan membuat playlist. Kalaupun bisa, akan memakan banyak waktu.

Ada solusi yang membuatnya lebih mudah. Tentunya dengan bantuan sebuah software yang didekasikan untuk kenyamanan menikmati musik sesuai selera.

Berikut ini penjabarannya.
1. Download aplikasi PlaylistMgr secara gratis di http://en.softtonic.com/download/58169. Karena bersifat freeware dan masih mengalami perkembangan (beta), tidak perlu mengeluarkan uang.

2. Install aplikasi ini ke dalam PDA . Kemudian buka dan akan menemukan sebuah halaman kosong. Ini adalah tampilan utama PlaylistMgr.

3. Klik File dan pilih New Playlist. Atau bisa langsung membuat playlist baru di halaman kosong ini tanpa harus menyelami pilihan file.

4. Klik menu, lalu pilih add media. Di sini kita bisa menggunakan beberapa pilihan. Antara select folder, select file atau select URL untuk mendengarkan file audio streaming. Untuk membuat playlist secara cepat, bisa memilih select folder. Kemudian halaman eksplorer akan muncul. Browsing folder yang dimaksud. Semisal SDMMC. Apabila bermaksud mendata semua file MP3 yang ada di memori card tanpa terkecuali, maka bisa memberi t centang pada kotak Include Subfolder. Lalu klik ok.

5. Semua fillle MP3 dari folder yang sorot tadi akan muncul, lakukan editing di sini. Pilih file MP3 yang bukan anggota playlist yang akan dibuat. Lalu klik tanda silang di toolbar bawah untuk menghapusnya dari list. (cara ini tidak berarti akan menghapus file MP3 dari folder tempatnya berada).

6. Setelah dirasa sesuai, klik file lalu pilih save playlist. Eksplorer baru akan muncul untuk menentukan tempat menyimpan file playlist berekstensi *.ask ini. Lalu klik ok. Selesai. Lakukan seperti cara di atas untuk membuat playlist yang berbeda. Buat seberagam mungkin agar bisa mendengarkan deretan lagu yang tepat sesuai mood saat itu.

Lalu masih diberi keleluasaan untuk mengeditnya. Yang harus dilakukan hanya membuka playlist yang akan diedit, lalu lakukan edit terhadap kontennya. Lalu save kembali ke dalam playlist yang sama.

Hal yang sama bisa dilakukan ketika ada sebuah file MP3 yang hilang di media penyimpanan. bisa menggunakan pilihan Menu > Tools, lalu klik clear missing file. File yang sebelumnya terdata dalam playlist akan dihapus secara otomatis. Playlist akan kembali bersih.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Membuat Playlist di Windows Media Player”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.