Sinkronisasi Ponsel <> iTunes


Ads:

Pemutar musik iTunes dari Apple dianggap memiliki sistem manager file paling baik saat ini. Selain distribusinya yang bersifat freeware, aplikasi ini juga mampu mengontrol semua file yang didukungnya (MP3, m4a, dan sebagainya) dengan penambahan informasi yang lebih baik, termasuk lirik dan genre.

Sayangnya, aplikasi ini tidak kompatibel dengan perangkat musik portable, selain iPOD. Begitu juga dengan perangkat ponsel. Selain ponsel-ponsel Motorola yang dilengkapi dengan fitur iTunes (semisal ROKER E1), hampir mustahil melakukan manajemen file dari sini.

Beruntung ada beberapa celah yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi bernama iTunes Agent, yang juga freeware. iTunes Agent sesungguhnya adalah aplikasi ringan yang memungkinkan ponsel Walkman Sony Ericsson dan pemutar musik USB generic lainnya terbaca di sistem player, sehingga bisa dilakukan sinkronisasi.

Awalnya, beberapa orang berfikir iTunes Agent hanya diperuntukkan bagi ponsel Walkman Sony Ericsson dan perangkat MP3 player USB generic saja. Namun setelah beberapa studi lanjutan ternyata hampir semua ponsel musik dengan kriteria tertentu bisa difasilitasi aplikasi ini.

Persyaratan :
Ada 2 syarat sebuah ponsel bisa disinkronisasikan. Pertama, ponsel tersebut ketika terhubung dengan PC melalui kabel akan terbaca sebagai memori eksternal atau memang memiliki kemampuan memory card reader. Kedua, ponsel tersebut mendukung playlist dan sistemnya bisa membaca MP3 secara terpisah.

Beberapa ponsel lama seperti Nokia 3300, N-Gage dan 6230i merupakan salah satu contoh ponsel dengan kemampuan sebagai card reader. Namun, karena tidak mampu mengenali file MP3 secara terpisah, N-Gage tidak bisa diperlakukan sama dengan yang lain.

Ponsel-ponsel Symbian seri 60 generasi ketiga, Sony Ericsson terbaru serta BenQ-Siemens memiliki pilihan USB mass storage saat terhubung dengan kabel USB. Ponsel-ponsel inilah yang bisa hubungkan dengan iTunes.

Mari mulai tahap demi tahap untuk mengoneksikan PC dengan iTunes.
1. Pastikan komputer sudah menggunakan Windows XP.
2. Apabila belum memiliki iTunes di komputer , download saja gratis dari http://www.apple.com/itunes/download, dan install di komputer .
3. Download iTunes Agent di sini, lalu install.
4. Perlu ketahui bahwa iTunes Agent berjalan di lingkungan Microsoft. Net Framework versi 2.0. Apabila iTunes Agent tidak berjalan di komputer dengan tanda error, maka download .Net Framework ini di sini.

5. Install iTunes Agent di PC dan buka. Secara otomatis iTunes akan ikut terbuka, sedangkan ikon iTunes Agent akan muncul di task bar.

6. Kini saatnya membuat kunci yang bisa dibaca oleh iTunes.
7. Sambungkan ponsel dengan kabel data USB ke PC (DKU2). Notifikasi akan muncul yang menyatakan ponsel akan terhubung sebagai USB mass storage. Klik yes di ponsel.

8. Kartu memori ponsel ini akan segera terbaca oleh komputer. Buka windows Explorer dan buat folder baru di drive kartu memori . Nama folder tersebut dengan kata-kata unik. Ingat, nama folder ini akan digunakan oleh iTunes Agent untuk mengenali perangkat ponsel ini.

9. Sekarang saatnya melakukan konfigurasi di iTunes Agent. Untuk melakukan ini, klik kanan pada ikon iTunes Agent yang ada di taskbar. Lalu pilih preference untuk membuka halaman setting.

10. Klik tombol New untuk membuat profil perangkat baru.
11. Di kolom nama, masukkan nama profil sesuai dengan keinginan.
12. Di kolom synchronize pattern bisa memilih iTunes, Artist Folder atau Flat. Pilih iTunes agar pola sinkronisasinya sesuai dengan playlist dalam iTunes.

13. Dalam kolom Music Folder, bisa meletakkan direktori dimana file musik akan disimpan. Kalaupun dikosongkan tidak akan masalah, karena apabila memilih mengosongkan kolom ini, maka file musik akan disimpan dalam direktori akar (root directory).

14. Di kolom recognize by folder/file harus mengisikan nama folder yang buat sebelum di MMC.

15. Di kolom Associate with playlist, masukkan playlist yang ingin sinkronisasikan dengan ponsel . Misalnya membuat playlist sesuai nama profil perangkat , maka pilih saja “Use Device Name”.

16. Sekarang ponsel pasti sudah bisa dikenali oleh iTunes Agent. Dan sudah siap melakukan sinkronisasi folder iTunes dengan ponsel .

17. Untuk melakukan ini, isilah terlebih dahulu playlist yang ditujukan untuk ponsel dengan lagu-lagu kesayangan. Selalu ingatlah akan kapasitas memori yang tersisa. Lalu klik kanan pada ikon iTunes Agent dan klik Synchronize.

Untuk ponsel Walkman Sony Ericsson, semisal W700i, tidak perlu melakukan settingan lebih lanjut. Hanya sambungkan saja dengan PC, pilih mass storage dan perangkat ponsel ini akan terbaca langsung oleh iTunes Agent. Apabila ponsel memiliki iPOD sekaligus ponsel ponsel Walkman, tidak lagi memerlukan dua aplikasi berbeda untuk mengirim dan mengatur file musik .cukup dengan iTunes, semuanya bisa dilakukan.

Demikian pula dengan ponsel Nokia seri 60 generasi ketiga (3rd Generation, semisal N70, N71, N73 dan sebagainya). hanya perlu mengatur tipe koneksi USB ke mass storage dan setingan sederhana seperti di atas akan membantu. Tapi sebelumnya, pastikan dulu kabel data tersebut sdah terinstal di komputer dan pastikan juga bahwa dengan kabel tersebut kartu memori bisa terbaca.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Sinkronisasi Ponsel <> iTunes”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.