Mengompresi Lagu MP3 untuk Handphone


Ads:


Tak hanya tubuh, files MP3 pun bisa berdiet. Ruang simpan untuk mengoleksi files musik pun menjadi lebih hemat. Cobalah program DietMP3. Software ini juga mampu merampingkan files berformat WAV atau CDA menjadi format MP3. Berikut ini tutorial singkatnya :

1. Install dan langsung buka program tersebut setelah proses instalasi selesai.

2. Atur lebih dahulu kualitas keluaran yang diinginkan. Klik tombol [Options] di toolbar hingga muncul boks DietMP3 OPTIONS.

3. Pada menu “PLAYER”, pilihlah piranti pemutar lagu MP3 yang dipakai. Di “QUALITY”, tentukan kualitas suara lagu. Dalam “EFFECT” tersedia pilihan efek stereo dan mono. Format file hasil kompresi yang tersedia hanya MP3. klik [OK] selesai mengeset.

4. Tentukan folder tempat menyimpan hasil pengkompresian lagu MP3. Klik [Output] di toolbar, lalu pada boks dialog Browse for folder yang muncul, tentukan foldernya dan klik [OK].

5. Arahkan mouse pointer ke jendela kiri dan cari lokasi file MP3 yang akan dirampingkan. Klik folder, maka semua isinya akan muncul di jendela atas.

6. Pilih lagu, lalu klik tombol [Add New] di pojok kiri toolbar untuk memasukkan lagu ke daftar yang terletak di jendela bawah.

7. Jika sudah siap, klik [Start Diet] di pojok kanan toolbar hingga muncul boks proses kompresi.

8. Setelah proses kompresi selesai, bukalah Windows Explorer. Bandingkan ukuran lagu MP3 yang asli dengan hasil kompresi. Rata-rata ukuran file menyusut hingga 25 persen. Nama file MP3 yang terkompresi akan diberi tambahan nama file “D-CD”.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Mengompresi Lagu MP3 untuk Handphone”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.