Tutorial untuk mengaktifkan DUN Bluetooth di WM5 dan 6


Ads:

Menjadikan PDA sebagai modem untuk komputer adalah pekerjaan yang mudah. Hanya saja ada beberapa cara yang bisa dipilih. PDA berbasis Windows Pocket PC 2003 memiliki kemungkinan yang lebih luas. Karena selain dengan USB, perangkat ini bisa dihubungkan dengan client via Bluetooth.

DUN Bluetooth memungkinkan melakukan browsing internet PC dengan PDA sebagai modem tanpa kabel. Jadi, bila tidak koneksi telepon tetap untuk melakukan koneksi dial up, bisa menggunakan saluran GPRS dan 3G sebagai saluran bernternet.

Berkembangnya sistem operasi Pocket PC Windows Mobile 2003 ke versi yang lebih baru (Windows Mobile 5 dan 6) diikuti oleh perubahan sistem koneksi. Memang sebagian besar perubahan adalah positif. Namun di sisi koneksi perangkat PDA berbasis Pocket PC WM5 dan 6 kehilangan Dial Up Networking (DUN) Bluetooth.

Beberapa Pemerhati dalam bidang ini mencoba menghidupkan kembali DUN Bluetooth untuk kepentingan yang lebih besar.

Dan berikut tips singkat yang bisa digunakan :

1. Download registry key, gunakan software CeRegEditor untuk mentrasfernya dan download file WM6_BT_DUN.cab yang dibuat oleh tim dari XDA_developer.

2. Kirimkan file tersebut ke memori perangkat PDA, lalu install.

3. Matikan PDA, lalu jalankan kembali. Atau lakukan softreset. Hal ini dimaksudkan agar registry sistem yang baru mampu berjalan dengan baik.

Dengan adanya Bluetooth DUN ini, maka PDA bisa memiliki dua koneksi Bluetooth, yakni DUN dan PAN. Keduanya bisa digunakan tanpa harus membuang salah satunya.

Kesulitan yang dihadapi saat menggunakan fitur internet Sharing di PDA baru dapat diatasi dengan cara tradisional. Sebaliknya, saat DUN Bluetooth tidak berjalan, bisa melakukan browsing dengan menggunakan Internet Sharing yang lebih maju.

Munculnya DUN Bluetooth ini memungkinkan beberapa hal yang dulu bisa dilakukan dengan PDA lama ber-OS Windows Mobile 2003 bisa juga dilakukan di PDA baru.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Tutorial untuk mengaktifkan DUN Bluetooth di WM5 dan 6”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.