Menggunakan OpenHand di Handphone


Ads:

Adalah program mobile email bernama OpenHand dikembangkan untuk penggunaan push dan pull teknologi untuk akses real-time wireless akses ke email, kalendar, daftar kontak, tugas-tugas dan lokal folder.

Program OpenHand OpenHand (http://www.openhand-mobile.com). dapat diatur untuk melakukan pengecekan email masuk secara otomatis, bahkan bisa setiap 5 menit sekali. Dengan begitu, meskipun sibuk dan hanya mengandalkan ponsel, tidak akan melewatkan satu email pun. Kirim terima email via ponsel, bukan hal baru lagi. Apalagi di ponsel-ponsel yang sudah menyediakan fasilitas email client.


Software client OpenHand didesain untuk kemudahan dalam penggunaannya dengan antarmuka yang sesuai dengan ponsel yang digunakan. Untuk mencoba layanan ini silahkan download dari www.openhand-mobile.com, versi trial-nya bisa digunakan dalam 14 hari.

Aplikasi ini banyak mendukung tipe ponsel. Mulai dari Nokia Symbian 60 versi 2 sampai PDA/PPC. Ketika sudah memasuki situsnya dan memilih untuk men-download versi trial-nya, tinggal mengikuti langkah-langkahnya. Ada tiga tahap yaitu :
1. Membuat temporary email account di server OpenHand
2. Men-download dan meng-install software OpenHand di Ponsel, dan
3. Melakukan pengaturan di ponsel (menggunakan setting account dan password, yang telah dikirim ke email, sesuai data tahap 1) dan melakukan konfigurasi ponsel.

1. Email
Apa kelebihan fasilitas email milik OpenHand? Kita mendapatkan alamat account di server OpenHand yang bisa kita gunakan untuk menerima dan mengirim surat. Namun ada baiknya mencoba mengirim email ke alamat email sendiri, untuk mengetahui nama atau alamat email yang ada di server OpenHand (berakhiran .biz).

Pilih menu ‘Mail’, akan terlihat tampilan seperti di bawah ini. Saat pertama kali menjalankan fitur ini, akan muncul notifikasi “No Message”. Coba pilih Option > pilih New > maka keluar New Message. Tampilan yang terlihat sama seperti ketika melihat tampilan email di PC. Ketika ada email masuk, di menu mail akan muncul isi inbox.

Untuk mengatur setiap berapa lama program OpenHand mengecek keberadaan email baru: Setelah masuk ke program ini, pilih ‘option’ (tombol softkey kiri) > mail checking. Untuk membalas (me-replay) email, langkahnya sama seperti ketika menggunakan email di PC.
Email OpenHand juga menyediakan fitur “attachment” atau penyerta. Maksudnya, selain teks juga bisa menyertakan file lainnya, gambar atau hasil rekaman video.

2. Kontak
Fasilitas contact pada aplikasi ini boleh dibilang cukup lengkap seperti halnya menggunakan Bookmark di Yahoo!Mail. terdiri dari Name, Phone, Business dan Note. Uraian name terdiri dari name (nama), company (perusahaan), job title (jabatan/pekerjaan) serta 3 buah alamat email yang bisa diisikan. Sedangkan pada phone dapat mengisi phone (telepon), office (kantor), mobile (ponsel), fax, other (lainnya) dan URL.

Lalu pada Business dapat mengisi street (alamat), city (kota), state (Propinsi), country (negara), PO.Box (kotak pos) dan PO. Code (kode wilayah). Dan terakhir pada note dapat menuliskan hal-hal yang dapat ditambahkan sebagai pengingat atau hal lainnya.

Meskipun sedang mengakses server-nya dan membuka contact yang tersimpan di server OpenHand, kita juga dapat secara langsung menelpon nomor yang tertera didalam contact tersebut tanpa harus keluar dari menu.

3. Kalender
OpenHand juga menyediakan Calendar. Untuk mengisi jadwal, pilih Calendar, Option > pilih New, maka ada 2 pilihan yaitu Title (judul) dan Date (hari). Kalau memilih title maka akan keluar isian untuk title (judul), location (lokasi), to (kepada) dan text. Sedangkan pada date pilihannya ada time (waktu), duration (durasi), date (hari) dan repeat (pengulangan).

4. Task
Fitur task terdiri dari Subject dan Detail. Untuk mengisinya pilih Option > lalu New. Pada Subject ada isian Subject, Status, Use date, Due date, Use date dan Start date. Sedangkan pada detail berisi Priority dan Details. Fitur ini pun tidak banyak berbeda dengan yang tersedia di ponsel.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Menggunakan OpenHand di Handphone”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.