Google Nexus 4 LG E960


Ads:

Setelah menghadirkan 3 generasi Nexus, Google kini mempercayakan LG untuk membesut ponsel ikonik Android-nya yang bergelar Nexus 4. Sebagai pengusung Nexus generasi keempat, telah disiapkan beberapa fitur istimewa diantaranya dengan membekali kaca antigores Gorilla Glass 2. Tak tanggung-tanggung, juga disematkan dua kaca Gorilla Glass pada bagian layar depan serta bodi belakangnya. Agar mampu bersaing dengan smartphone kelas atas lain, juga membenamkan prosesor quadcore Snapdragon Krait S4 beserta RAM 2GB.

Meski menyandang nama Nexus, namun pada generasi yang keempat ini, LG E960 membawakan desain yang agak berbeda daripada desain pendahulunya yang cenderung melengkung. Dengan desain yang rata, Nexus 4 tetap terasa nyaman dalam genggaman. Dengan bodi yang cukup lebar, dengan melapisi kedua bagian depan dan belakang dengan kaca antigores Gorilla Glass 2. Bagian belakang terlihat tampil cantik dengan pola-pola garis cahaya yang berubah mengikuti sudut pandang pengguna.



Di bagian atas Google Nexus 4 bertengger port audio 3.5mm. Sementara pada ruas kiri terdapat tombol pengatur volume yang berdampingan dengan slot kartu micro SIM berpenutup yang baru dapat terbuka setelah Anda menusukkan alat ke lubang kecil yang berada di sampingnya.
Sedangkan di bagian bawah, terdapat port micro USB yang diapit oleh dua buah baut di kiri-kanannya. Untuk menyalakan ponsel, LG meletakkan tombol power di sisi kanan bodi juga tak ketinggalan menyertakan lampu LED untuk notifikasi di bagian bawah yang baru terlihat ketika LED menyala.

Agar dapat bekerja dengan optimal, smartphone ini menggunakan prosesor Snapdragon Krait S4 berkecepatan 1,5GHz sebagai dapur pacunya. Sementara untuk memproses grafisnya dipercayakan pada GPU Adreno 320. Untuk performa dalam menjalankan aplikasi, telah digunakan RAM sebesar 2GB. Sayang sekali untuk memori, Anda harus puas dengan memori internal tanpa kelengkapan slot memori eksternal. Nexus 4 yang uji hadir dengan memori internal 16GB dengan ketersedian maksimal sebesar 12GB untuk pengguna.

Sementara untuk memastikan daya tahannya, Nexus 4 menggunakan baterai Li-Ion 2100mAh yang menyuguhkan performa yang cukup baik berkat penggunaan OS baru yang , lebih efisien.

Meski digelari sebagai penerus generasi keempat, layarnya ternyata tidak jauh berubah dari resolusi pendahulunya yakni berada pada level 768 x 1280 piksel. Sementara untuk kepadatan piksel juga tidak banyak meningkat dari sebelumnya 316 ppi menjadi 318ppi.
Soal keindahan layar baik dari sisi kontras, kecerahan maupun ketajaman ternyata tak sebagus pendahulunya Galaxy Nexus. Kelebihan yang mungkin bisa ditonjolkan dari layar mungkin hanya dari sudut penglihatannya yang cukup lebar serta performanya ketika dipakai di bawah terik sinar matahari.

Sebagai ponsel ikon Google, Google Nexus 4 LG E960 menjadi ponsel Android pertama yang mengusung OS 4.2 Jelly Bean. Bahkan langsung menawarkan upgrade ke versi 4.2.1 begitu ponsel terhubung ke Internet. Ketika layar dalam posisi terkunci, Anda cukup menggeser lock ke samping kanan untuk membukanya atau ke samping kiri untuk masuk ke kamera secara langsung. Berbeda dengan Jelly Bean 4.1 , pada posisi terkunci tidak menyediakan akses pintas ke Google Now.

Sama seperti Android 4.0, Nexus 4 juga tidak dibekali dengan tombol fisik. Sehingga pada bagian bawah layar Anda akan mendapati tiga tombol virtual yang meliputi back, home dan recent apps. Notifikasinya tampil bersih yang dapat diperluas menjadi toggle setting dengan memilih ikon yang terdapat di sudut kanan atas.
Pada layar depan, Anda akan disuguhi dengan Google Folder yang berisi aneka aplikasi dan layanan khas Google yang mencakup Gmail, Google+, Maps, Play Store, Play Music, YouTube, Google Talk, Google Calendar, dan People.

Masuk ke menu, Anda akan disambut dengan dua kategori menu masing-masing apps dan widget. Pada sudut kanan atas terdapat akses pintas ke Play Store. Meski mengusung Android berdarah murni, namun terdapat fitur unik bernama "Daydream" yang memungkinkan Anda untuk mengganti tampilan screensaver ponsel dengan jam, photo frame, photo table atau warna.



Untuk mendukung pengabadian gambar, Nexus dibekali dengan kamera 8 megapiksel di bagian belakang dan 1,3 megapiksel dibagian depan. Besaran resolusi yang diusung oleh kamera utama sudah mengalami peningkatan - dibanding Galaxy nexus yang hanya dipersenjatai dengan kamera beresotusi 5 megapiksel. Meski sudah memiliki kamera pada bagian depan, pengguna tetap tidak bisa menggunakannya untuk melakukan video call melalui jaringan 3G.

Fitur di kamera terdiri dari setting yang meliputi scene mode, resolusi, HDR, tingkat kecerahan, flash dan location. Seperti yang sudah banyak diulas sebelumnya, pada OS Android Jelly Bean 4.2 initah Google untuk pertama kalinya memperkenalkan Photosphere yang merupakan aplikasi pengambilan gambar layaknya panorama namun dengan sudut pengambilan dari berbagai arah.

Di sektor hiburan, LG E960 menggunakan Play Music sebagai pemutar musik default. Untuk mendapatkan keluaran suara yang lebih bagus, Anda dapat memanfaatkan setting equalizer dan efek suara yang disematkannya. Sayang sekali dalam paket penjualannya, LG malah tidak menyertakan aksesoris earset yang sebenarnya cukup vital bagi Anda yang gemar mendengarkan musik.

Beralih ke pemutar video, Nexus 4 ternyata tidak memiliki pemutar video khusus. Sehingga untuk menonton video Anda harus puas dengan tampilan standar galeri Android. Dari segi dukungan format baik audio maupun video memang kurang begitu memuaskan. Ketika mencoba memutar video Full HD 1080p dalam format MKV, tidak ada suara yang keluar.

Hasil pengukuran kinerja dengan menggunakan Antutu Benchmark memperoleh poin 16596 yang menempatkannya pada posisi atas dan hanya kalah dari LG Optimus G. Sedangkan ketika diuji dengan Quadrant Standard berhasil mengumpulkan skor 4264 yang membuatnya berada dibawah HTC One X. Sementara untuk kecepatan grafis yang dimilikinya, Nenamark1 menghasilkan kecepatan 59,5 frame per second. Sedangkan dengan Nenamark2 berhasil meraih poin 59,4fps yang membuatnya berada pada peringkat paling atas.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Google Nexus 4 LG E960”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.