Nokia 5320 XpressMusic


Ads:

Disain
5320 adalah XpressMusic. Ia berbentuk batangan, memiliki sejumlah tombol yang didedikasikan untuk mengontrol musik secara cepat (ekspress), memiliki panduan warna hitam dan merah, berport audio 3.5 mm dan memiliki slot memori eksternal.Satu hal yang menarik adalah munculnya sebuah tombol own key yang dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai ‘tombol sendiri’ di bagian ujung kanan ponsel.

Ini merupakan tombol yang fungsinya bisa dipersonalisasikan sesuai dengan keinginan. Hampir semua hal yang bisa dilakukan di ponsel ini bisa diakses melalui tombol tersebut, asalkan sudah diatur terlebih dahulu.

Dalam posisi memainkan game, tombol ownkey juga akan berfungsi sebagai salah satu tombol penting. Sama seperti pada N81 yang memiliki dua tombol untuk gaming di bagian atas ponsel, 5320 pun demikian. Bedanya hanya memiliki satu tombol saja.

Susunan keypad dibuat stylist, tidak tersusun rapi, namun simetris baik atas maupun bawah. Dalam prakteknya, susunan keypad ini tidak mengganggu.

Layar dan Antarmuka
XpressMusik 5320 dibuat dengan layar cukup lebar, jenis TFT 16 juta warna, beresolusi QVGA, dan diagonal 2.0 inch. Tidak ada yang aneh, mengingat spesifikasi ini merupakan standar ponsel-ponsel premium Nokia.

Saat pertama kali mengaktifkan 5320, konsep layar stand by-nya seperti menunjukkan hal yang baru. Seperti S40 tapi juga tidak jauh dari S60. Begitu masuk lebih dalam dan beberapa software bawaan, baru terlihat bahwa ini adalah produk Symbian S60 versi 9.3 3rd edition FP 2 (versi 3.2). Wajar bila berbeda dengan sistem operasi yang sudah ada, mengingat belum banyak yang mengusung feature pack versi tersebut.

Pemutar Musik
Sudah seharusnya sebuah produk XpressMusic berkonsentrasi di sisi ini. Maka pemutar musik yang sudah terbukti kesuksesannya lewat produk Nokia lain pun kembali digunakan. Pada dasarnya tidak ada yang baru, mulai dari sisi tampilan, kinerja hingga kualitas output.

Ada fitur tambahan berupa video recognition yang disebut Say and Play. Dengan fitur ini bisa memainkan sebuah file yang spesifik hanya dengan mengucapkan nama filenya saja. Tombol yang digunakan untuk fitur ini adalah Own Key saat fitur musik terbuka atau tersembunyi di bawah sistem.

Kata kuncinya selalu berhasil untuk pencarian lagi berdasarkan nama artis, namun tidak menutup kemungkinan mencarinya via judul lagi. Meski belum terlalu dibutuhkan, fitur ini memiliki daya tarik tersendiri.

Gaming
5320 telah menggunakan Symbian S60 3rd edition. OS seperti ini merupakan OS yang sudah dipersiapkan sebagai lingkungan yang kondusif bagi aplikasi N-gage generasi baru. Namun sayang, fitur N-Gage pada 5320 tidak sama dengan N81. dimana N-Gage akan tersedia tidak dalam N-Gage first access lagi, melainkan diakses online atau via download.

Dalam kondisi default akan dihibur dengan beberapa game (4 game), baik 2D maupun 3D dengan tampilan yang bagus, keempat game yang tersedia mampu memberikan tantangan pada mereka yang memainkannya.

3G HSDPA
Banyak hal yang bisa dilakukan apabila ada koneksi cepat. Di 5320, koneksi HSDPA bahkan menjadi tumpuan dalam meningkatkan kualitas penggunaan ponsel ini.


Mendownload musik, mencari tahu informasi sebuah file musik, menikmati layanan N-Gage, mendownload game N-Gage, mengirimkan hasil foto ke situs blog pribadi, melakukan video call dan sebagainya membutuhkan akses internet yang cepat. HSDPA adalah solusinya.

Kamera
Ponsel musik anyar ini juga bisa diandalkan dalan kegiatan imaging. Pasalnya 5320 dilengkapi pula dengan kamera digital berkekuatan 2 megapixel, lengkap dengan lampu flash. Sayang, fitur autofocus tidak diikutsertakan ke dalamnya.

Demikian juga dengan hasilnya. Meski berlampu flash, kamera 5320 tidak bisa tampil memuaskan untuk memotret dalam kondisi cahaya redup. Foto yang diambil dalam kondisi seperti ini terlihat agak buram. Namun, berkat resolusi maksimalnya yang mencapai 1200 x 1600 pixel maka hasil foto ini akan tetap terlihat bagus dalam kertas hingga berukuran 8R.

Selain foto, kamera ini pun bisa menghasilkan video berdurasi tak terbatas dalam resolusi 320 x 240 pixel (QVGA) dan dalam framerate 15 fps. Seperti biasa, formatnya bisa dipilih antara MPEG4 atau 3GP. [download: contoh hasil fotonya]

Fitur Lain
Paketan standar Symbian S60 juga telah disisipkan dalam sistem 5320. pastinya sangat beragam baik dalam bentuk, maupun keperluan. Diantaranya adalah Radio FM dengan RDS dan radio internet.

Selain itu masih menemukan real player, quick office, adobe pdf, music finder, music store, ZIP dan lain-lain.

Konektivitas
5320 dilengkapi dengan beberapa saran koneksi terkini, yakni Bluetooth A2DP dan kabel data. Profil kabel data yang terpisah antara fungsi modem dan card reader membuatnya semakin praktis digunakan terutama saat memindahkan lagu, foto dan juga kegiatan berinternet di dalam laptop.

Memori
5320 membawa memori internal sebesar 140 MB dan slot memori tambahan berupa MicroSD untuk semakin memperbesar ruang yang ada.

Dalam paket pembelian sudah mendapat sebuah MicroSD berukuran 1 GB. Cukup besar untuk menampung file musik, foto dan game. Bila tidak, sistem 5320 telah dipersiapkan untuk menerima kapasitas tambahan hingga 8 GB.

Baterai
Menggunakan jenis lithium ion, 5320 mempersiapkan penyuplai daya berkekuatan 890 mAh. Tidak terlalu besar, tapi juga tidak bisa dibilang kecil. Dengan baterai ini 5320 bisa bertahan hidup selama 2 hingga 3 hari dalam sekali charging untuk pemakaian normal.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Nokia 5320 XpressMusic”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.