Nokia E90


Ads:

Desain
Selain harga yang mahal, komunikator bisa dikenali dari bentukannya yang unik-persegi panjang. Beberapa orang menyebutnya mirip batu bata. Wajar mengingat komunikator E90 juga terlalu besar untuk disebut candybar. Bisa dibilang ukurannya ada di antara 9500 dan 9300i, atau juga bisa disebut perpaduan antara keduanya. Namun yang pasti, komukator ini tetap berat, yakni 210 gram.

Kesan glamour yang biasa ditemui di 9500 tidak lagi muncul di E90. Hal ini terlihat mencolok pada perubahan bahan pembuat keypad. Mungkin ini adalah salah satu usaha untuk meningkatkan kenyamanan penggunanya. Komunikator ini memiliki dua layar yang tersimpan di luar lipatan (eksternal) dan di dalam lipatan (internal). Di E90 baru pertama kali, Nokia tidak membedakan kualitas layar yang digunakan Sama-sama TFT 16,7 juta warna, hanya dibuat dalam resolusi berbeda.

Di pasaran, Anda bisa mendapatkan dua warna E90. Pilihan warna hitam (coklat tua) dan merah sudah bisa anda dapatkan dengan mudah di pusat-pusat penjualan ponsel.

Prosesor dan Teknologi Jaringan
E90 yang memiliki versi software v 07.24.0.3 12-06-2007 RA-6. Didukung oleh prosesor berjenis TI OMAP2420 yang berjalan di 330 MHz kinerja komunikator ini bisa dibilang tanpa hambatan. Terlebih dengan hadirnya kapasitas RAM yang besar hingga mencapai 120-128 MB. Sebagai perbandingan, prosesor ini juga digunakan oleh Nokia N95 namun dengan RAM yang lebih kecil (64MB).

Soal jaringan, E90 merupakan komunikator yang siap terjun di jaringan 3G dan 3.5G. dengan spesifikasi jaringan HSDPA WCDMA 2100 dan Quad band GSM semua pasti setuju kalau E90 memiliki segalanya di sisi ini.

Sistem Operasi dan UI (antarmuka)
Dulu kita mengenal Symbian S80 sebagai OS Symbian untuk perangat-perangkat komunikator berlayar utama lebar. Tampilan antar mukanya bisa disebut unik bila dibandingkan dengan symbian-symbian lain. Tapi E90 nampaknya harus berpisah dengan OS tersebut.

E90 menggunakan OS yang sama dengan ponsel-ponsel Nokia terbaru, yakni Symbian S60 3rd edition versi 9.2. hal ini bisa dimengerti mengingat flexsibilitas S60 3rd edition yang sangat tinggi sehingga mampu mengakomodasi display dan software-software komunikator dengan baik. Artinya, E90 sudah tidak memiliki keunikan. Namun di sisi lain juga memudahkan penggunanya mencari software pihak ketiga yang tepat, tanpa harus mencari yang khusus dibuat untuk S80.

Apa yang kita lihat dilayar utama ponsel-ponsel Symbian S60 3rd edition akan kita lihat juga di E90. Tidak ada bedanya. Termasuk susunan menu dan beberapa ikon shortcut yang tersusun horizontal di menu to day. Baik saat tertutup maupun lipatan terbuka.

Fitur Utama
Office
E90 memang tidak membedakan bobot fitur-fitur yang dibawa. Tidak ada yang diistimewakan satu sama lain. Namun, sebagai komunikator ketersediaan fitur office adalah hal utama yang musti diintip. Untuk keperluan ini kita disuguhi beberapa aplikasi bagus. Diantaranya adalah File Manager, Search utility, calculator, Teams, Quick Office, active notes, converter, adobe PDF, zip, printers notes dan wireless keyboard. Mari kita bahas satu per satu.

File Manager; aplikasi ini sudah muncul sejak 6600 alias S60 versi 7 ke atas. Untuk sekedar browsing memori, aplikasi ini sudah mumpuni. Tapi kalau membutuhkan file manager yang mampu menembus keamanan folder sistem komunikaator, musti menginstal manager dari pihak ketiga.

Search; merupakan mesin pencari. Kemampuannya memuaskan. Memiliki beberapa kategori pencarian.

Calculator; pebisnis tentu harus penuh perhitungan. Nah, aplikasi langganan yang mulai muncul di ponsel-ponsel jadul ini mungkin bisa membantu.

Teams; merupakan sebuah sarana membentuk komunitas conference call. Anda bisa membuat satu tim berisikan banyak orang untuk diajak berkomunikasi dalam satu waktu (conference).

Quickoffice; fitur ini berisikan 3 aplikasi dan 1 manager aplikasi yakni quickword untuk membuka dan mengedit file words, quicksheet untuk membuka dan mengedit file excel dan quickpoint untuk membuka file presentasi power point.

Active Notes; merupakan gaya baru menulis catatan. Dibandingkan dengan notes klasik, active notes jauh lebih menarik dan interaktif karena bisa disisipi gambar, suara bahkan video clip.

Converter; aplikasi ini sudah sering muncul di ponsel. Merupakan aplikasi perubahan satuan, mulai dari mata uang hingga satuan panjang.

Adobe PDF; merupakan penampil file PDF. Kerjanya lumayan lambat hanya untuk membuka file PDF sebesar 317 KB.

ZIP; aplikasi ini memudahkan pengguna E90 dalam menghadapi file yang sudah termampatkan dalam sebuah file zip (berlaku juga untuk file rar).

Printers; setelah mengedit dokumen-dokumen kerja, bisa langsung mencetaknya ke printer yang ada di sekitar anda. Bisa via Bluetooth, Infrared atau kabel, terserah anda.

Notes; ini notes klasik. Anda hanya dimungkinkan menulis catatan penting dalam format txt.

Wireless Keyboard; bagi yang merasa kurang nyaman dengan keyboard qwerty yang disediakan E90, Anda masih bisa menggunakan keyboard bluetooth yang terjual terpisah. Profilnya bisa dibuka dari sini. Sedemikian mudah layaknya menyambungkan headset Bluetooth ke perangkat ponsel.

Messaging, Konektivitas dan Internet
Selain menu office, fitur utama yang harus diperhatikan dalam sebuah ponsel bisnis adalah messaging dan kelengkapan koneksi termasuk internet. E90 memiliki semua itu. Semua jenis messaging, dari sms hingga email POP3 bisa didukung.

Demikian juga konektivitas. Semua port yang didukung perangkat bergerak sudah disediakan. Ada bluetooth, infrared hingga WIFI 802.11 b/g. khusus WIFI, Nokia menyediakan kemudahan dengan menyertakan WLAN wizard.

Soal internet. E90 bisa disebut komunikator pertama yamg memiliki kemampuan jelajah di jaringan HSDPA dan 3G. Meski dibatasi hingga 3,6 mbps saja, itu sudah lebih dari cukup.

Multimedia
Kamera
Mengekor kesuksesan 9500, E90 juga disematkan kamera. Namun kali ini yang dibawa adalah kamera 3,2 megapixel dengan autofokus dan flash LED. Resolusi yang dihasilkan masih kalah dari N95 dan autofokus yang hadir memaksa penggunanya bolak-balik menekan tombol shutter. Kurang nyaman untuk pemotretan spontan.

Hasil kamera tertampil bagus di viewfinder, kertas foto dan juga layar komputer. Namun karena autofokus yang lambat, kadang obyek foto yang bergerak akan terlihat kabur. Hal ini berlaku untuk pemotretan dalam dan luar ruangan.

Pemutar Musik
E90 membawa Nokia Music Player sebagai salah satu alat memutar file audio berformat MP3/AAC/M4A/eAAC+/AAC+. Tampilannya apik. Dengan menyuguhkan informasi lagu dan album art di halaman yang sama. Tapi nampaknya player ini pilih-pilih versi ID3tags untuk menampilkan album art.

Jika diperdengarkan melalui speaker, suara yang keluar cukup keras. Bahkan bisa terdengar jelas di dalam ruangan yang bising sekalipun. Namun kurang bagus karena semua warna suara tercampur jadi satu. Demikian pula saat dicoba melalui headset. Meski dengan bass enhancer, suara bass masih kurang terdengar baik.

Pemutar Video
Kembali, Real Player dipercaya untuk memainkan file 3gp dan MP4, karena layarnya yang cenderung melebar, maka tampilan video lebih jelas dan bisa dinikmati dengan lebih baik.

Fitur Unik
Dalam kategori multimedia, kita pun akan menemukan radio FM, flash player, recorder dan 3D-Sound. Tidak jauh berbeda dengan N95 bukan?

E90 tercatat sebagai perangkat kedua dari Nokia yang disuntikkan receiver GPS. Sayang, Anda tidak akan menemukan NAVIFone lagi di E90. Jakarta atau Surabaya. Download dan membelinya secara online adalah salah satu solusi terbaik.

Baterai
Kapasitas baterai yang digunakan cukup besar, mencapai 1500 mAh. Namun dengan seabrek fitur pemakan daya, baterai ini hanya sanggup bertahan selama dua hari dalam sekali charging dengan pemakaian sedikit di atas rata-rata.

Nokia E90 picture gallery



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Nokia E90”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.