Nokia N77


Ads:

Ponsel TV Nokia tidak memiliki TV Tuner analog seperti ponsel Hi-Tech H81. Tapi dengan dukungan layanan yang luas, teknologi yang sudah ditanamkan di N77 bisa jadi jauh lebih baik ketimbang TV analog yang ditampilkan TV tuner pada ponsel lain.

Disain
Sebelum jauh membahas dukungan layanan yang tersedia, kita lihat sejenak perawakan N77. Dibandingkan dengan N92, ponsel ini jauh lebih ‘down to earth’. Tak perlu lagi ada engsel yang memutar berlawanan arah.

Singkat kata, N77 terlihat lebih klasik dengan bentukan candybar yang minimalis. Tidak salah jika Anda pun menggunakannya lebih sebagai ponsel kantoran ketimbang untuk keperluan multimedia.

Meski ukurannya tidak lagi besar, keberadaan layar dan tombol keypad masih sangat diperhatikan. Buktinya sebagai sarana penayang siaran televisi, layar N77 tetap dipertahankan menggunakan layar TFT 16 juta warna dalam resolusi 320 x 240 pixel dan diagonal 2.4”. Dengan kecerahan tinggi, maka siaran televisi digital pun akan terlihat maksimal.

Susunan keypad berada pada porsi yang sempit, namun demikian lepas dari bahannya yang sedikit licin, keypad N77 bisa kita gunakan tanpa masalah termasuk untuk menulis sms dengan cepat. Beberapa tombol tambahan hadir di sisi kanan ponsel. Jika biasanya di sini hanya ada tombl kamera saja, yang letaknya lebih keatas lagi.

Antar Muka
Nokia N77 berjalan dalam sistem operasi Symbian S60 v9.0 3rd edition. Artinya, software terbaru sudah bisa dinikmati di ponsel ini. Termasuk beberapa tampilan ‘khas’ 3rd edition yang akan menyapa sepanjang Anda menggunakannya.

Dengan prosesor TI OMAP ARM 926 220 MHz, kecepatan akses ke beberapa aplikasi bisa dipertahankan meski harus multi tasking dengan banyak aplikasi yang berjalan di bawah sistem. Prosesor jenis ini merupakan standar seri N terbaru dan sudah terbukti kemampuannya.

Jaringan
N77 dilengkapi dengan teknologi jaringan WCDMA (3G) 2100 dan triband GSM.900/1800/1900 MHz. Artinya, di area yang sudah mensupport jenis-jenis jaringan tersebut Anda sudah bisa melakukan berbagai layanan 3G. Video call, video Streaming dan browsing internet berkecepatan tinggi bisa Anda nikmati dengan ponsel ini.

Fitur Unggulan
Mobile TV
Mobile TV yang diusung oleh Nokia N77 adalah teknologi yang sama dengan N92, yakni DVB-H. Teknologi ini merupakan teknologi pemancaran video digital yang dibuat khusus untuk perangkat genggam. Tidak berbeda dengan TV analog yang biasa kita tonton di rumah, DVB-H membutuhkan pemancar khusus dan sejumlah teknologi lanjutan.

Layanan pun disinyalir akan lebih interaktif ketimbang TV analog. Dimana bisa terjun langsung ke dalam polling misalnya. Sedangkan informasi mengenai pentarifan dan sampai bulan Agustus 2007, di Indonesia baru MNC Group saja yang memulai siaran pencobaan DVB-H. anda bisa menangkap siarannya di sekitar pertokoan ITC RoxyMas Jakarta.

MNC Group yang juga menaungi beberapa stasiun televisi besar dan sebuah layanan TV satelit tinggal menunggu waktu untuk siap meluncurkannya ke pasar. Pemerintah bersama beberapa pihak pun sudah mempersiapkan layanan serupa. Bersama pihak-pihak terkait termasuk PT. Agis dan Thosiba. Mereka berencana mengkomersilkan layanan ini di tahun 2008.

Kamera
Nokia N77 dilengkapi dengan kamera digital 2 megapixel Resolusi maksimal yang dihasilkan bisa mencapai 1600 x 1200 pixel. Dengan tambahan lampu flash serta pengaturan kamera lanjutan, gambar yang dihasilkan kamera cukup mumpuni.

Pengambilan gambar di luar ruangan menghasilkan gambar dengan tone yang memuaskan. Untuk sebuah kamera ponsel, kamera N77 sudah bisa dibilang bagus. Apalagi, apabila menampilkan hasil foto di viewfinder kamera. Kekurangan satu-satunya terletak pada ketidakhadiran auto fokus. Hal ini mengakibatkan beberapa hasil jepret akan terlihat kabur bila dilakukan dalam keadaan bergerak dan sebagainya.

Selain kamera 2 megapixel ini, anda pun bisa mengambil gambar melalui kamera sekunder yang berada di bagian depan. Kualitasnya memang jauh berbeda. Maklum sejatinya kamera ini diperuntukkan sebagai sarana ber-video call.

Ukuran maksimal hanya mencapai 352 x 288 pixel saja. Itu pun tidak bersahabat dengan kondisi ruangan minim cahaya. Sebagai alternatif, bisa menggunakan fitur video. Resolusinya memang tidak seberapa, namun kualitasnya sudah bagus untuk ditampilkan di PC. Format yang bisa dihasilkan adalah MP4 dan 3GP. Anda pun bisa memanfaatkan kamera sekunder untuk merekam video seperti ini.

Music Player dan Hiburan Lain
Ponsel ini kembali mempersembahkan Nokia Music Player sebagai sarana pemutar musik. Kinerjanya tidak usah dipertanyakan. Baik dari sisi sorting file hingga kualitas suara yang diperdengarkan.

N77 kembali diuntungkan oleh hadirnya dua speaker yang diletakkan di kedua ujung ponsel. Speaker ini akan memberikan efek stereo sebenarnya ketika pemutar musik diperdendangkan tanpa headset. Sebagai alternatif hiburan, Anda akan mendapatkan radio FM dan fitur Visual Radio alias radio internet. Di saat terhubung dengan koneksi 3G, bisa mengakses radio internet dengan mudah.

Kemudian ada juga Flash Player. Anda bisa menggunakannya untuk beragam keperluan, termasuk menonton video singkat dalam format flash atau bermain game flash mini yang didedikasikan untuk ponsel. Nah, apabila punya format video yang ingin anda nikmati, ada Real Player.

Konektivitas dan Internet
Sarana koneksi standar seri N sudah dimiliki ponsel ini. Yakni hadirnya Bluetooth dan kabel data. Tapi tidak seperti ponsel-ponsel Nokia terbaru, N77 masih menggunakan Pop Port sebagai kanal data, termasuk untuk musik.

Kecepatan transfer data via OTA pun dimungkinkan dalam kecepatan tinggi. Berkat hadirnya teknologi WCDMA alias 3G yang siap mengantarkan Anda berselancar dengan lebih baik di dunia maya.

Browser yang digunakan tetap Nokia Web Browser yang sudah mendukung beberapa tipe halaman, yakni wap, xHTML hingga True HTML alias halaman web asli.

Baterai
Pembahasan baterai kali ini akan sulit. Mengingat efek dari penggunaan jaringan dan fitur mobile TV akan menunjukan perbedaan daya tahan yang mencolok. Namun dengan kapasitas 1100 mAh, dalam sekali charging dan penggunaan 3G serta mobile TV yang tidak begitu banyak, baterai bisa bertahan selama 3 hari.

KeSimPuLan
Disain N77 yang lebih kantoran tidak berarti membuatnya harus menanggalkan fitur multimedia yang rasanya sudah ‘lekat’ dengan Nokia seri N. termasuk salah satu fitur unggulannya, yakni Mobile TV. Tapi mobile TV Nokia N77 yang memanfaatkan receiver DVB-H ini belum dapat digunakan secara luas. Tapi jangan khawatir, tahun depan dan ditahun-tahun yang akan datang dukungan untuk jaringan ini diperkirakan akan lebih siap. Fitur hiburan lain bisa dijadikan pelipur lara sambil menanti layanan massal DVB-H. semuanya bisa dibilang fitur premium. Hanya saja faktor harga akan membuat pasar berfikir dua kali.

Nokia N77 picture gallery



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

1

Emmm sempat terkejut nokia bisa TV...tapi ternyata kesulitan pada siarannya yaaa....ummmm

lakasidotcom said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.