Personalisasi Playlist menggunakan PC Suite


Ads:


Saat ini ponsel musik sudah mulai terasa gemanya. Hampir semua vendor selalu menyertakan fitur musik pada tiap produknya. Kemampuan ini juga diikuti oleh kemampuan daya simpan memory card yang semakin besar. Sebagian besar biasanya digunakan untuk menyimpan file musik yang berbentuk MP3 ataupun AAC. Berikut tips mengatur berbagai format musik menjadi sebuah playlist pada ponsel Nokia.

Untuk menstransfer berbagai track musik ke dalam MiniSD, dan membuat sebuah playlist yang mengacu pada track musik tersebut diperlukan software Nokia Audio Manager. Yang menjadi alasan playlist ini cukup berguna adalah (selain untuk mengklasifikasikan setiap track musik yang akan dimainkan dalam kategori berbeda), karena pada Nokia 6280, seluruh track musik berada pada folder root memory miniSD jika track ini ingin dimainkan. Tetapi sehubungan dengan adanya pembatasan file system yang menggunakan file system FAT, maka menempatkan track musik (*.aac atau *.mp3) didalam sub folder justru akan menjadi penghalang.

Jadi, sangat penting diketahui bagaimana melakukan referensi track musik yang akan disimpan didalam sub folder MiniSD card. Cara paling cepat menstransfer track musik kedalam MiniSD berukuran 1GB adalah dengan menggunakan sebuah memory card reader USB yang dihubungkan ke PC. Setelah proses ini selesai, masukkan memory card MiniSD tersebut ke dalam ponsel, dan lakukan sinkronisasi dengan PC menggunakan kabel USB DKU-2, Infra Merah, atau Bluetooth.

Setelah semuanya selesai, buka software program Nokia PC Suite yang sudah terinstall didalam PC. Jika belum memiliki software ini, maka harus men-dowload-nya di situs resmi www.nokia.com.

Nokia Audio Manager
1. Buka program Nokia PC Suite dan aplikasi Nokia Audio Manager
2. Setelah terbuka, pastikan ponsel anda terdeteksi oleh program, seperti pada gambar diatas. Jika memang tidak terdeteksi, periksalah sambungan dari ponsel ke PC, apakah ada yang salah.

3. Jika berhasil menghubungkan ponsel dengan PC, maka langkah berikutnya adalah membuat playlist baru pada bagian music studio. klik kanan pada salah satu baris kosong, dan pilih ‘Create New Playlist’.

4. Beri nama pada file playlist tersebut (biasanya berekstensi *.m3u), dan pilih ‘Save’.

5. Setelah file playlist tersebut ada, tinggal melakukan proses drag & drop file playlist dari bidang Mobile Phones.

6. Setelah file playlist berpindah ke Mobile phone, klik kanan pada playlist dan pilih Add untuk memasukkan track musik ke dalam file playlist.

7. File musik yang ada pada MiniSD akan tampil daftar dan bisa dipilih, mana yang akan dimasukkan dalam playlist. Setelah file musik terpilih, tekan OK.




Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Personalisasi Playlist menggunakan PC Suite”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.