Mengenal Windows Mobile 6


Ads:

Platform baru ini hadir dalam tiga macam versi: Windows Mobile Classic, Standard, dan Professional. Versi Classic ditujukan untuk PDA yang tidak memiliki fungsi telepon. Sedangkan versi Standard adalah evolusi dari Smartphone, yaitu Windows Mobile tanpa kemampuan touch screen. Pilihan terlengkap ada pada versi Professional yang menyajikan kemampuan touch screen, serta telah dilengkapi keluarga MS Office Mobile yang terdiri atas Excel, Word, PowerPoint, dan OneNote. Edisi ini sebenarnya merupakan evolusi dari Pocket PC yang sudah umum digunakan pada PDA dan PDA Phone.

Salah satu aplikasi yang banyak digunakan di PDA dan Smartphone adalah e-mail. Outlook Mobile pada WM6 menyediakan berbagai feature baru yang memudahkan membaca dan mengirim email. Peningkatan paling besar dirasakan pada kemampuan Smart Filter. Biasanya, jika ingin mencari e-mail dari satu folder ke folder lain dengan melakukan scroll up dan scroll down.

Dengan menggunakan Smart Filter, cukup menuliskan sebuah kata kunci dan hasil pencarian akan ditampilkan secara instan, progressif sesuai dengan karakter yang dituliskan. Feature ini meningkatkan kenyamanan ber-e-mail mengingat keterbatasan tombol navigasi pada PDA dan ponsel. Sebenarnya, feature yang sama juga sudah hadir sebelumnya pada Outlook 2007 versi Desktop.

Bagi penggemar berat e-mail yang biasanya sering mengarsip ribuan pesan di desktop dan PDA, fungsi ini sangat membantu produktivitas berkomunikasi. Bagaimana jika ternyata e-mail yang dicari tidak ditemukan di dalam PDA? Ada feature baru yaitu Server Search yang digunakan untuk mencari e-mail yang tersimpan di Mail Server.

Misalnya, tidak semua e-mail di-download ke klien, maka Server Search digunakan untuk pencarian di server dan setelah ditemukan, baru didownload ke klien atau langsung dibaca on the fly. Dapat juga membatasi pencarian berdasarkan kata kunci, interval tanggal, maupun lokasi folder.

Windows Mobile 6 juga dilengkapi dengan kemampuan Fetch Mail, yaitu kemampuan men-download satu e-mail yang diinginkan tanpa perlu melakukan Full Send/Receive Synchronization. Cara kerja sistem ini mirip dengan protokol IMAP yang sudah lama dikenal.

Tentu saja, fasilitas ini hanya bisa dinikmati jika terkoneksi dengan Mail Server MS Exchange 2003 atau 2007. Beberapa shortcut baru yang hadir juga memudahkan navigasi e-mail. Dengan menggunakan tombol 'F' atau '4', dapat menandai suatu e-mail dengan sebuah Flag. Berbagai shortcut list untuk reply, delete, dan forward dapat diakses dengan mudah.


Salah satu perubahan di feature Office Mobile adalah penampilan progress bar pada saat membuka file berukuran besar. Meskipun dapat membuat dan mengedit dokumen Word, Excel, dan PowerPoint, tentu saja tetap lebih nyaman menggunakan Office di komputer desktop untuk melakukan penyuntingan lengkap.

Kehadiran Office Mobile sangat membantu mereka yang ingin melakukan pengeditan cepat atau langsung membuka attachment dari e-mail tanpa perlu menunggu sinkronisasi dengan komputer desktop.

Nampaknya, Microsoft sedang serius mengarahkan pengguna Internet untuk memanfaatkan layanan Windows Live. Sejak pertama kali diluncurkan, layanan ini terus-menerus ditingkatkan dan diharapkan dapat menjadi pesaing Google di area search engine, e-mail, instant messaging, dan blogging.

Berbeda dengan Windows Mobile versi sebelumnya yang mengharuskan pengguna men-download berbagai aplikasi tambahan untuk mengakses layanan Windows Live, WM6 telah hadir dengan aplikasi klien untuk Windows Live secara default.

Integrasi dengan layanan Live.Com sudah mulai terasa di Welcome Screen ketika menyalakan handset. Di layar utama akan tampak status e-mail, instant messenger, dan kotak Live Search sebagai mesin pencari default.

Microsoft memang sedang berusaha menggeser dominasi Google di arena bisnis mesin pencari sehingga penempatan kotak Live Search di layar utama. Hasil pencarian dengan Live Search akan ditampilkan di Internet Explorer Mobile.

Kemajuan signifikan tampak pada Live Messenger yang jauh lebih maju daripada versi Pocket MSN. Pengguna dapat langsung mengirim dan berbagi file, gambar, klip video, termasuk juga dilengkapi dukungan VOIP. Apabila seseorang dalam daftar kontak meng-update blog mereka, akan tampil tanda bintang di samping kontak tersebut. Tentu saja, feature ini hanya tersedia untuk pengguna layanan blog di http://spaces.live.com.

Bagi yang hobi nge-blog dan berbagi foto, integrasi dengan Windows Live menyediakan fasilitas untuk meng-update foto, profile, dan blog di Spaces langsung dari WM6.

Peningkatan kecil, namun sangat membantu produktivitas terdapat pada Calendar dan Scheduling. Calendar menampilkan ribbon yang menyajikan highlight jadwal kosong yang tersedia. Fasilitas ini sangat memudahkan pembuatan janji dan penjadwalan. Biasanya, pengguna harus mengecek jadwal secara manual satu per satu sebelum memutuskan menentukan kapan waktu kosong yang tersedia.

Apabila terkoneksi dengan Exchange Server, fungsi Calendar memiliki feature yang tidak kalah dengan versi desktop. Yaitu dapat menerima maupun menolak permintaan rapat langsung dari e-mail, mem-forward pesan, atau mengundang peserta rapat baru.

Bagi yang suka berbagi koneksi internet, WM6 menyediakan fasilitas Internet Sharing seperti yang tersedia di Windows XP. Kabar baiknya adalah tidak selalu membutuhkan koneksi Wi-Fi untuk menjadikan handset sebagai gateway. Koneksi Bluetooth dapat digunakan sebagai penghubung antara handset dan desktop, selanjutnya tinggal mengaktifkan fasilitas Internet Sharing di WM6.

Dengan konfigurasi tersebut, handset berfungsi sebagai modem sekaligus gateway. Fasilitas ini semakin mudah dikonfigurasi pada desktop Windows Vista. Terdapat wizard untuk mendeteksi keberadaan koneksi Bluetooth untuk berbagi pakai Internet. Alternatif Bluetooth menjadi penting karena harga handset dengan kemampuan Wi-Fi masih lumayan mahal saat ini.

Pencarian musik dan video Fungsi pencarian tidak hanya tersedia untuk e-mail dan kontak, tetapi juga pada Media Player. WM6 ini hadir dengan dilengkapi dengan Windows Media Player 10.3, sedikit di bawah Vista yang membundel versi 11.

Kemampuan pemutar musik dan video ini jauh di atas Media Player versi sebelumnya. Jika memiliki banyak koleksi musik dan video di handset, gunakan fasilitas pencarian untuk memudahkan pencarian koleksi.

Salah satu komplain utama WM5 adalah masalah keamanan data yang tersimpan pada kartu memori tambahan. Jika suatu saat kehilangan SD Card atau MMC, si pencuri dapat dengan mudah memasang kartu pada handset lain dan membaca data yang terdapat di dalamnya. Hal tersebut dapat dihindari di WM6 dengan mengaktifkan enkripsi remote storage. Dengan demikian, data yang terdapat di dalam kartu memori hanya dapat dibaca pada handset tersebut.

Bagi para pengembang perangkat lunak, telah tiba saatnya meng-upgrade skill dengan platform WM6. Framework pemrograman yang digunakan di WM5 dan WM6 masih tetap sama, yaitu .Net Compact Framework 2.0 sehingga tidak ada perubahan signifikan dari sisi library utama.

Perbedaan utama terletak pada penggunaan Managed API yang tentu berbeda antara WM5 dan WM6. Versi API yang baru menyediakan banyak fungsi untuk melakukan kustomisasi berdasarkan fungsi unik yang hanya terdapat dalam WM6.

Paket Software Development Kit (SDK) untuk WM6 telah tersedia untuk di-download di website Windows Mobile Development Center. Pengembang tetap dapat menggunakan Visual Studio 2005 dengan meng-install WM6 dan Smartphone SDK, yang akan menampilkan emulator WM6 di Visual Studio.

Sebaiknya menggunakan Device Emulator 2.0 dan ActiveSync 4.5 file-file dan update-update yang telah tersedia di Download Center website Microsoft.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

5 comments to “Mengenal Windows Mobile 6”

Mas PDA saya terkunci, tau bagaimana membukanya.... please.... kirim ke adefuad@gmail.com

Anda mencoba, pasti bisa....!! said...
on 

coba d hard reset.. udah lom?

Anonymous said...
on 

Trims untuk commentnya

Admin said...
on 

mas saya ake dopod 838 pro saya pake windows mobile 6,,trus idikator loudspeker diatas itu hidup trus jadinya pada saya ga bisa diloudspeker..gimana cara mengetasiny,..terimakasih

Anonymous said...
on 

mas saya ake dopod 838 pro saya pake windows mobile 6,,trus idikator loudspeker diatas itu hidup trus jadinya pada saya ga bisa diloudspeker..gimana cara mengetasiny,..terimakasih..tolong dibantu ya mas... email saya luckiesurf@yahoo,com terimaksih

Anonymous said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.