Tips Hemat Daya [2]


Ads:

Daya tahan baterai merupakan hal yang paling penting dari sebuah Pocket PC. Berikut berbagai pengaturan yang bisa menghemat baterai Pocket PC Anda.

Tip 1: Matikan semua interkoneksi wireless yang tidak diperlukan
Infra merah, Bluetooth, dan Wireless LAN (WiFi) memang menjanjikan kemudahan dan kenikmatan dalam menikmati koneksi tanpa kabel. Namun, ada kalanya tidak selalu membutuhkan fasilitas tersebut.

Satu hal yang penting diketahui, interkoneksi wireless tersebut sangat rakus urusan baterai. Peringkat pertama diduduki oleh WiFi, disusul Bluetooth dan infra merah. Jadi, menon-aktifkan fungsi wireless tersebut saat tidak dibutuhkan merupakan pilihan paling tepat, cepat, dan bijaksana, untuk menghemat baterai Pocket PC.

Tip 2: Matikan suara
Pocket PC memang identik dengan audio dan video (multimedia), namun tidak setiap waktu Anda membutuhkan suara-suara tersebut. Setiap kali Anda membuka menu, Pocket PC biasanya “menyambut” dengan bunyi-bunyian yang khas.

Cara mematikannya tentu saja sangat mudah. Klik saja icon speaker di sebelah kanan atas Today Screen Anda, dan pilih “off ” atau turunkan volume ke level yang lebih rendah. Semakin rendah volume yang dihasilkan, semakin hemat pula konsumsi daya baterainya.

Tip 3: Pergunakan backlight seperlunya
Tahukah Anda kalau backlight merupakan bagian paling boros dari Pocket PC? Jika pernah menggunakan Pocket PC dengan backlight aktif dan non-aktif, pasti telah merasakan bedanya. Pocket PC jauh lebih boros saat backlight diaktifkan.

Solusinya juga sangat sederhana. Masuklah ke Settings-Backlight untuk mengatur tingkat intensitas backlight dari Pocket PC. Biasanya, tersedia pilihan “Automatic”. Pilihan ini memang cukup bermanfaat, namun untuk memastikan hematnya baterai, pilihlah backlight di posisi minimum. Lama waktu aktif backlight sebaiknya juga diatur seperlunya. Biasanya, 10-15 detik sudah mencukupi.

Tip 4: Pelankan prosesor
Selain backlight, prosesor dalam Pocket PC juga menjadi salah satu sumber pemborosan sumber daya baterai. Maklum, prosesor merupakan “otak” utama dari semua proses komputasi yang dilakukan di Pocket PC. Prinsip umum tetap berlaku: Semakin tinggi kinerja prosesor, semakin boros jugalah prosesor tersebut.

Jadi, jika ingin hemat, solusinya adalah menurunkan sedikit kinerja prosesor dengan melakukan downclock. Ada beberapa software untuk melakukan downclock ini. Salah satunya adalah Pocket Hack Master. Software yang satu ini termasuk lengkap. Telah mendukung prosesor XScale dan bisa melakukan overclock maupun downclock prosesor Pocket PC.

Anda juga dapat mengatur timing LCD dan memori. Pengaturan otomatis juga tersedia, untuk mengatur kecepatan prosesor sesuai beban aplikasi. Intinya, semakin rendah prosesor, semakin hemat pula konsumsi dayanya.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

2 comments to “Tips Hemat Daya [2]”

apa g berbahaya tu klo qt "downclock" processor ppc??

jgn2 malah rusak ntar...

da efek lain y g,misal performa ppc jd lambat ato pa gt?slain irit batre y...

aphit said...
on 

Kalo artikel ini semuanya sudah di test di XDA Mini, dan tidak ada masalah

Anonymous said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.