Membaca Ensiklopedia di Ponsel via GPRS


Ads:

Bagi pencari atau pencinta pengetahuan, agaknya ensiklopedia merupakan hal yang tak terpisahkan dari kehidupan. Tidak mengherankan, karena seperti namanya ensiklopedia ditujukan sebagai kumpulan pengetahuan yang dimiliki umat manusia. Sebab itu ensiklopedia biasanya ditulis banyak orang dan disunting oleh tim. Hasilnya adalah berjilid-jilid buku tebal yang biasa dijumpai di perpustakaan.

Namun di era digital ini, cara seperti itu rasanya mulai ketinggalan zaman. Ensiklopedia yang memenuhi satu lemari jelas tidak praktis dan makan tempat. Padahal saat ini informasi sudah bisa diubah ke dalam format digital dan dibaca melalui berbagai piranti elektronik yang berukuran jauh lebih kecil, dan bahkan dapat dibawa-bawa. Buku-buku satu lemari sekarang sudah bisa dimanfaatkan ke dalam piranti genggam.

Layanan ensiklopedia online kini dapat juga dinikmati di ponsel melalui WAP. Aktifkan GPRS di ponsel dan jelajahi Wapedia.

Wikipedia
Proyek Wikipedia yang dimulai tahun 2001 ini bisa dikatakan sebagai versi open source-nya ensiklopedia tradisional. Semua entri di sana ditulis oleh banyak orang. Semua orang dapat menulis atau memasukkan entri baru. Dengan cara ini informasi yang ada terkumpul dalam jumlah banyak dalam waktu singkat. Kesalahan pun diharapkan diminimumkan, karena dapat dikoreksi secepatnya oleh orang lain.

Pengetahuan yang ada di sana bebas untuk diakses semua orang, gratis tanpa bayar. Hanya membayar biaya Internet tentunya. Saat ini Wikipedia sudah sukses besar. Versi Inggrisnya sudah memuat 1 juta artikel, dan sudah diterjemahkan ke dalam sekitar 100 bahasa lain di dunia, termasuk Bahasa Indonesia, Melayu, Sunda dan Jawa.

Keberhasilan Wikipedia inilah yang agaknya mengilhami situs Wapedia, yang dicukongi oleh Flotian Amrhein. Proyek ini sudah berjalan sejak tahun 2004. kalau Wikipedia dapat diakses lewat web, Wapedia dapat dibaca lewat piranti WAP, seperti ponsel. Ini berarti kita dapat mengakses ensiklopedia kapan saja, asalkan terjangkau oleh sinyal seluler [GPRS]. Wapedia memanfaatkan artikel-artikel yang terdapat dalam Wikipedia. Maklum, semua artikel Wikipedia memang bebas disalin.

Menjelajahi Wapedia
URL Wapedia adalah http://en.wapedia.org (versi Bahasa Inggris). Bila menggunakan PDA atau smartphone, silahkan coba alamat http://pda.en.wapedia.org Situs ini juga dapat diakses lewat web bila ponsel anda mendukungnya (http://www.en.wapedia.org). Namun dalam hal ini lebih baik langsung saja mengarahkan browser ke situs Wikipedia (http://id.wikipedia.org untuk versi Bahasa Indonesia, http://en.wikipedia.org untuk bahasa Inggris)

Sewaktu dibuka, menu yang pertama kali muncul adalah kotak pencarian. Kotak ini dapat digunakan untuk mencari informasi yang terkait dengan kata kunci yang dimasukkan, atau mencari artikel. Untuk mencari artikel pilih Go sedangkan untuk mencari informasi pilih Search.

Go akan menampilkan artikel berjudul sama dengan kata yang kita masukkan, sementara Search akan menampilkan semua artikel yang memuat kata kunci. Coba masukkan Indonesia ke dalam kotak pencarian lalu tekan Go untuk membaca artikel tentang Indonesia.

Seperti layaknya halaman WAP (juga web) didalam artikel, kata-kata penting diberi hyperlink yang dapat dipilih untuk menampilkan informasi lebih lanjut. Dalam contoh artikel tentang Indonesia beberapa hyperlink yang ada menghubungkan artikel tentang negara kita dengan archipelago (kepulauan), Muslim, Sumatera, Java, Hinduism, Buddhism dan banyak artikel lainnya.

Wapedia tidak hanya menampilkan artikel-artikel yang sifatnya relatif tidak berubah. Ada juga berita tentang kejadian terkini atau even yang akan terjadi. Kejadian ini mencakup pemilihan umum, konflik bersenjata dan kematian tokoh-tokoh penting. Bisa juga dapat melihat hari-hari besar berbagai bangsa dan agama yang akan datang atau baru saja berlalu.

Bila ingin iseng membaca-baca artikel, cobalah link random dari halaman utama. Wapedia akan menampilkan artikel yang dipilih secara acak. Dengan cara ini kita bisa mengetahui hal-hal baru yang bahkan belum pernah kita dengar atau baca sama sekali.

Untuk mengubah bahasa silahkan pilih link languages. Link ini bermanfaat apabila lebih suka membaca Wapedia didalam bahasa selain Bahasa Inggris, seperti Bahasa Perancis, atau Bahasa Jerman. Versi Bahasa Spanyol dan Polandia.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Membaca Ensiklopedia di Ponsel via GPRS”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.