Trouble shooting GPRS & Penanganannya


Ads:

Walaupun 3G sudah lama beroperasi di Indonesia, tapi teknologi GPRS masih menjadi primadona di kalangan pengguna handphone. Apalagi, banyak sekali conten provider menggunakan fasilitas GPRS untuk men-download kontennya.

Teknologi ini memerlukan penanganan yang serius, karena masih banyak pengguna handphone yang belum bisa menggunakan fasilitas ini dengan sempurna. Berikut beberapa troubleshooting seputar teknologi di atas.

Tapi, sebelumnya harus mengetahui cara setting dan mengaktifkan GPRS dan MMS supaya GPRS bisa berjalan dengan baik. Untuk mengaktifkannya, bisa menghubungi Call Center sesuai kartu operator yang digunakan. Berikut masalah yang biasa terjadi dan saran penanganannya:

1. Terputus saat download file dengan pesan “Corrupted”.
….Operator menggunakan non-dedicated bandwith atau percampuran jalur data dengan suara. Akibatnya, GPRS sering juga diambil untuk menambah bandwith suara tatkala jaringan sibuk. Makanya, saat browsing atau download suka tiba-tiba berhenti atau terjadi disconnect maupun reconnect. Solusinya, ulangi lagi proses download atau hindari jam sibuk.

2. Halaman tidak muncul. Biasanya ada pesan “Page Not Found”.
….Page memang tidak ada, link tidak valid, wap gateway operator tidak bisa menerima URL yang dimasukkan atau browser di handphone tidak mendukung fungsi redirection. Kalau halaman tersebut ada, coba operator lain. Tapi, kalau masih tidak bisa juga, kemungkinan ada masalah pada handphonenya. Solusinya, periksa ulang setting-an handphone atau hubungi operator.

3. Gagal mengakses WAP dengan pesan “Bearer Not Available”.
….Ini karena kesalahan pada setting WAP atau gagal koneksi pada saat mencoba panggilan WAP. Coba lakukan Clear Cache atau beberapa saat sebelum akses WAP. Pada handphone Nokia, pilih Menu>Service>Clear The Cache.

4. Gagal mengakses WAP dengan pesan “Connection Time Out”.
….Bisa jadi karena setting connection Time Out terlalu singkat atau ada banyak pengguna yang mengakses WAP di area tersebut pada waktu yang bersamaan. Ubah Connection Time Out dengan waktu yang lebih panjang.

5. Gagal mengakses WAP dengan pesan “Communication Error”.
….Ini karena jaringan tidak stabil, terputus saat melakukan koneksi, seluruh channel terpakai, atau tidak ada coverage. Lakukan Clear Cache atau pilih Retry. Kemudian, tunggu beberapa saat.

6. Gagal mengakses WAP dengan pesan “CDS Connection Failure”.
... Tidak ada channel pada jaringan karena telah terpakai seluruhnya. Bisa juga karena setting WAP pada handphone tidak tepat. Kalau sebelumnya pernah menyimpan cache, lakukan Clear Cache atau pilih Retry. Kemudian, tunggu beberapa saat sebelum mencoba akses WAP lagi.

7. Gagal koneksi saat memanggil halaman WAP.
... Tidak ada channel yang tersedia pada jaringan karena telah terpakai seluruhnya atau setting WAP pada handphone tidak tepat. Cobalah untuk melakukan Clear Cache dan periksa setting-an handphone.

8. Gagal mengakses WAP dengan pesan “Network Not Responding”.
... Hal ini berkaitan dengan kondisi jaringan. Misalnya, jaringan tidak stabil, terputus saat melakukan koneksi, jaringan sibuk, seluruh channel terpakai, atau tidak ada coverage. Cobalah untuk melakukan koneksi ulang setelah berapa saat.

9. Koneksi internet atau proses pengiriman data antar handphone lambat.
... Kecepatan transfer data rendah, kelas GPRS rendah, atau perbedaan kelas GPRS antar handphone. Lakukan Reconnect di luar jam sibuk. Kelas GPRS handphone yang digunakan juga berpengaruh terhadap kecepatan transfer data. Semakin tinggi kelas GPRS yang digunakan, maka semakin cepat transfer data.

Perlu diketahui, koneksi yang dilakukan dengan CSD akan sering mengalami kegagalan dan tidak selalu berjalan mulus. Hal ini sering kali terjadi pada daerah yang lemah sinyal handphonenya. Jadi, jangan heran kalau sering terjadi berbagai trouble.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Trouble shooting GPRS & Penanganannya”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.