Tips Membeli PDA


Ads:

Memilih PDA saat ini memang tidak semudah dulu, karena banyak PDA baru dengan fasilitas yang menjanjikan beredar di pasaran, jadi banyak faktor yang bisa diperhitungkan. Di bawah ini ada beberapa poin yang patut diperhitungkan dalam menentukan PDA.

1. Sistem Operasi
… Salah satu komponen penting untuk peranti cerdas adalah OS (operating sistem). Pastikan PDA tersebut menggunakan sistem operasi yang cukup tepat serta familiar, alias mudah digunakan. Ada dua sistem operasi yang banyak beredar, yaitu berbasis PalmOS dari PalmSource dan Windows Mobile dari Microsoft.

Untuk saat ini Windows Mobile 5.0 adalah OS PDA yang cukup unggul, karena sistem 'auto save' nya yang bisa bikin data tetep selamat meski baterai habis. Tapi tetap saja kedua OS tersebut sama-sama memiliki keunggulan tersendiri, jadi pastikan OS yang digunakan tersebut sudah mendukung kebutuhan,

2. Aplikasi
… Karena PDA merupakan asisten, jadi pastikan aplikasi office sudah terinstal di dalamnya. Biasanya sebuah PDA yang berbasis Windows Mobile selalu dibundel langsung dengan aplikasi office, seperti MS Word dan Excel. Sementara itu untuk Palm OS tidak menyediakan langsung kedua aplikasi ini, namun telah menyediakan aplikasi seperti Document To Go.

3. Daya Tahan Tahan Baterai
… Penampilan makin oke dengan banyaknya aplikasi yang terpasang di dalam PDA, jelas membuat kemampuan baterai jadi salah satu pertimbangan utama. Jangan khawatir, hal ini juga disadari vendor dengan menghadirkan baterai dengan kapasitas besar hingga seribuan mAh,

Dengan kapasitas ini, pengguna bisa leluasa memainkan berbagai aplikasi tanpa harus dibebani umur baterai yang terbatas. Jadi sebelum membeli tanyakan dulu tipe baterai yang digunakan serta daya tahannya.

4. Koneksi Internet
… Mayoritas PDA di pasaran telah mendukung teknologi selular terbaru, seperti GPRS/3G. Fitur ini telah digunakan diberbagai merek seperti 02xda, 02 Xda II, Pocket PC dan Treo 650. Bahkan ada beberapa PDA yang sudah mendukung koneksi 3G, seperti Dopod 900. Dengan kemampuan seperti ini, pengguna bisa selalu terhubung ke internet kapan dan dimana.

5. Koneksi Nirkabel
… Sebagai piranti cerdas, PDA wajib mempunyai fasilitas nirkabel. Karena fasilitas ini akan dibutuhkan untuk mempermudah pengiriman berbagai file ke komputer atau peranti digital lain. Infrared menjadi fasilitas standar yang bisa ditemui di semua PDAPhone yang beredar di pasar. Tapi saat ini bluetooth yang paling banyak digunakan, karena mampu melakukan transfer file dengan cepat.

6. Hiburan
… Saat ini banyak PDA yang juga difungsikan sebagai MP3 & Video player. Apalagi fasilitas ini juga ditunjang dengan tersedianya slot memori eksternal yang kini kapasitasnya makin besar. Juga tersedianya layar warna yang tajam dan jernih membuat maksimal penampilan hiburan di peranti ini. Cuma, karena speaker masih terbatas kualitasnya, pengguna bisa memanfaatkan headset yang bisa dibundel ke dalam peranti genggam ini.

Fasilitas kamera digital juga semakin banyak diintegrasikan ke PDA, bahkan ada yang mengintegrasikan dual kamera. Dengan ketersediaannya beragam fitur hiburan ini juga menjadi salah satu faktor penentu.

7. Harga
…Tidak bisa dipungkiri kalau harga juga sebagai penentu dalam hal memilih PDA-Phone. Sebaiknya jangan memandang merk tertentu dalam memilih PDA, karena barang mahal belum tentu mendukung kebutuhan kita. Perhatikan dukungan hardware yang ditawarkan, seperti kecepatan prosesor dan kapasitas RAM/ROM, karena dua komponen tersebut nantinya juga akan menentukan kecepatan kinerja PDA. Jadi sesuaikan harga dari PDA tersebut dengan segala perangkat pendukungnya.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Tips Membeli PDA”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.