Memproteksi File di Symbian


Ads:

Pengguna handphone Symbian seri 60, sebenarnya bisa menyiasati atau menyembunyikan file-file pribadi mereka, dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi buatan pihak ketiga.

Berdasarkan versi operasinya (OS, operating System), handphone-handphone Symbian seri 60, dapat dibagi menjadi tiga bagian. Handphone-handphone seperti Nokia 7650, 3650, 3660, N-Gage, N-Gage QD adalah beberapa contoh dari OS 6. sedangkan 6600, 7610, 3230 merupakan contoh-contoh dari OS 7. sementara 6630, 6680, 6681 dan N90 sudah diperkuat OS 8. karena versinya berbeda, penanganannya pun berbeda.

Proteksi File untuk OS 6 dan 7
Memproteksi file gambar dan video yang disimpan dalam handphone symbian OS 6 dan 7 bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, menggunakan aplikasi buatan Ximplify bernama SeleQ. Aplikasi ini sesungguhnya hanya merupakan aplikasi explorer, namun beberapa kemampuannya mengubah properties sebuah file bisa dimanfaatkan untuk menyembunyikan gambar-gambar yang termasuk dalam golongan file rahasia.

Kedua, dengan menggunakan satu aplikasi proteksi file. Banyak ragamnya, namun untuk tips kali ini digunakan Smart Crypto 60 buatan SymbianWare.

Penanganan untuk OS 8
Pada beberapa kasus ditemukan bahwa SeleQ tidak bisa berjalan di seri 60 OS 8. sehingga penyembunyian file tidak bisa dilakukan. Kalaupun bisa dijalankan dan disembunyikan, sistem dari handphone-handphone seri 60 OS 8 dengan cermat akan menyaring semua file JPEG dan tetap akan menampilkannya di menu Gallery. Satu-satunya cara, dengan aplikasi SmartCrypto tadi. Memberikan password pengaman agar file tidak bisa begitu saja tertampil di galery.

Proteksi menggunakan SeleQ
1. Pertama-tama install aplikasi SeleQ.
2. Setelah ter-install, buka aplikasi tersebut.

3. Cari file yang ingin disembunyikan yang tersimpan di MMC, maka pilih file tersebut (jangan dibuka).

4. Dalam keadaan tersorot, buka ‘option’ dengan softkey kiri pilih ‘file’ lalu ‘properties’. akan muncul jendela properties.

5. Geser beberapa kali ke arah kanan hingga mencapai halaman attribute.
6. Di halaman tersebut ubah pilihan off di parameter “Hidden” menjadi on.
7. Lakukan hal serupa terhadap file-file lainnya yang ingin disembunyikan.

8. Tutup aplikasi, periksalah dengan membuka folder Gallery. Apabila gambar yang dimaksudkan tidak tertampil disana, maka telah berhasil menyembunyikan file.

Namun, sistem ini masih memiliki kekurangan. File-file tersebut tetap bisa dibuka oleh orang yang bisa mengakses file melalui aplikasi SeleQ. Namun sekedar untuk menyembunyikan file rahasia dari orang awam, cara ini sudah cukup baik.

Proteksi menggunakan SmartCrypto berfungsi untuk mengenskripsi (mengacak) sebuah file. Maksudnya, mengubah file biasa menjadi kode-kode yang hanya bisa diakses dengan sistem pengkodean atau password. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Install aplikasi SmartCrypto versi trial maupun versi penuhnya bisa didapatkan dari sini
2. Buka aplikasi ini, dan akan temukan sebuah halaman kosong.
3. Tekan ‘option’ dan pilih ‘Add files to List’.

4. Sebuah halaman yang berpenampilan mirip explorer muncul. Carilah file yang ingin dienkripsi, lalu highlight file tadi dan tekan ‘Add’.
5. File tadi akan berada di halaman utama.

6. Selanjutnya tekan ‘Encrypt’ menggunakan soft key kanan. Dan akan dimintai password sebagai pengunci file tadi. Isikan dengan kata yang mudah diingat, lalu tekan ‘ok’.

7. Sekali lagi akan muncul pop-up yang sama, sebagai verivikasi, ulangi penulisan password tadi. Tekan ‘OK’ hingga muncul tulisan Done!
8. Bisa dilihat file tadi berubah nama dan dilambangkan dengan gambar gembok.

9. Untuk memastikan bahwa file tadi sudah benar-benar terkunci. Silahkan periksa menu Gallery > images, dan tidak akan dapat menemukan file yang sudah dienkripsi tadi.

Meski terbilang efektif, cara ini tetap memiliki beberapa kekurangan yaitu harus mendekripsi (lawan enkripsi, langkahnya sama dengan diatas) untuk melihat gambar yang telah digembok tadi.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

2 comments to “Memproteksi File di Symbian”

Downloadnya tuw lewat PC pa HP c??
Bsa gk kalok lngsung lewat HP???
Tengs....

Anonymous said...
on 

Bisa lewat HP/PC, tapi disarankan menggunakan PC karena biasanya file2 tersebut dalam keadaan dikompres (zip/rar) jadi harus diurai dulu.

Admin said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.