Cara Hemat Berinternet di Communicator


Ads:

Nokia 9500/9300/9300i merupakan handphone high-end dengan konektifitas yang lengkap. Selain infrared, kabel data dan Bluetooth, koneksi internet-nya pun komplit. Bisa lewat GPRS, WiFi, atau Internet Protocol (IP). Internet lewat IP berarti bisa mengakses internet menggunakan komunikator dengan memanfaatkan jaringan internet yang ada di komputer. Dengan demikian, tak perlu khawatir kehabisan pulsa seperti saat menggunakan internet via GPRS.

Akses ini sepenuhnya memanfaatkan internet yang ada di komputer. Bisa dari dial-up (seperti telkomnet instan), atau broadband (ADSL, leased line) melalui jaringan lokal (LAN), misalnya di kantor atau tempat beraktivitas. Selain handphone Komunikator seperti Nokia 9500, 9300, 9300i, tips ini juga bisa diaplikasikan untuk handphone-handphone bisnis Nokia seperti Nokia E60, Nokia E61 and Nokia E70.

Cara ini membutuhkan komputer dengan spesifikasi sistem operasi Windows XP service Pack 2 ke atas) dengan port USB, terhubung dengan internet. Sedangkan software yang digunakan adalah Nokia Network Bridge yang dapat di download gratis dari www.forum.nokia.com. Setelah di unzip, akan menemukan 3 buah file, yaitu : driver (*.inf), file installer (*.exe), dan file panduan berformat pdf.

Tips ini menggunakan Nokia 9500. Langkah pertama yang dilakukan adalah menginstal Nokia Network Bridge di komputer. Langkah selanjutnya adalah mengatur IP passtrough di handphone, caranya :
- Tekan desk, pilih tools > control panel > connections > cable setup.

- Ubah pilihan data cable. Pilih diantara IP passtrough atau IP passtrough overrides PC Suite. Jika memilih IP passtrough, maka tidak akan bisa mengakses Nokia PC Suite melalui koneksi kabel data. Sedangkan jika memilih IP passtrough overrides PC Suite, PC suite akan dimatikan jika membuka IP passtrough dan aktif kembali jika koneksi via IP dimatikan.

- Tekan tombol ‘done’ maka akan dihadapkan pada jendela konfirmasi.

- Tekan ‘save’ untuk menyimpan pilihan tersebut.

Setelah selesai :
- Sambungkan handphone ke computer, menggunakan kabel data. Nokia 9500 menggunakan kabel tipe DKU-2. jangan lupa untuk meng-install driver kabel data terlebih dahulu.

- Akan muncul jendela pop-up “found new hardware wizard”.

- Pilih opsi ‘install the software automatically’.

- Selanjutnya Windows akan mendeteksi handphone, pilih No, not this time dan tekan tombol next untuk melanjutkan.

- Jika terdeteksi, akan muncul tulisan “Nokia 9500 Remote NDIS service”. Pilih install software automatically untuk meng-install driver-nya, atau pilih opsi installation a list of specific location dan arahkan pada file N900IPP.inf yang telah didownload bersama-sama dalam bundle Nokia Network Bridge.

- Saat Windows menampilkan jendela hardware installation, tekan pilihan continue anyway.

- Tunggu saat Windows melakukan instalasi driver. Setelah selesai, tekan tombol finish.

- Jika instalasi driver sukses, akan terlihat pilihan Nokia 9500 Remote NDIS Display pada daftar windows Device Manager dan akan melihat network connection baru di folder network connection.

- Membuat Bridge, masuk ke menu start > setting > control panel > nokia network bridge. Pilih koneksi ‘Phone Nokia 9500 remote…’. Tekan tombol ‘OK’.

Untuk membuat Internet Acces Point, dari handphone, lakukan langkah-langkah berikut, (Langkah ini merupakan tahap terakhir dalam konfigurasi internet via PC.)
- Tekan tombol desk, pilih tools > control panel > connection > internet setup

- Tekan tombol ‘new’.
- Akan mendapat pertanyaan apakah akan membuat salinan (copy) dari internet access point yang telah ada. Tekan tombol ‘no’.

- Tekan tombol ‘next’.

- Pada pilihan ‘internet setting name’, masukkan nama pilihan,

- Pada pilihan internet setting type, pilih IP passtrough, kemudian tekan tombol ‘next.

- Tekan tombol ‘advanced’.

- Jika komputer menggunakan DHCP untuk mendapatkan alamat IP (IP address), arahkan pilihan auto retrieve IP field ke Yes, kemudian tekan tombol Done.

- Jika komputer menggunakan statis IP address, arahkan pilihan ke No, kemudian masukkan IP address, setelah itu tekan tombol done

- Tekan tombol finish.

- Koneksi yang baru saja dibuat akan muncul di tab connections. Gunakan koneksi tersebut untuk mengakses internet.

- Jika memasukkan IP Address statis, masukkan IP address yang sama ke dalam koneksi di Network connection.

- Untuk memulai browsing, dapat menggunakan web browser Nokia 9500 seperti biasa.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Cara Hemat Berinternet di Communicator”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.