Radiasi Elektromagnetik di HP


Ads:

Meskipun radiasi ponsel yang bisa menyebabkan gangguan otak masih menjadi perdebatan, International Electronical Commission (IEC), suatu lembaga standarisasi produk elektronik yang telah dipakai di 100 negara, menerbitkan pedoman standarisasi guna memudahkan pabrikan ponsel dan lembaga standarisasi lokal. Pedoman ini bisa digunakan sebagai pembanding hasil riset yang berbeda di setiap negara terhadap radiasi ponsel.

Dan pada tahun 2001 semua produsen utama handphone telah menyepakati sebuah proses pengukuran untuk menentukan beban radiasi dari handphone yang disebut SAR (Specific Absorption Rate). Nilai ini menunjukkan intensitas radiasi dalam satuan Watt, yang dipancarkan sebuah handphone ke dalam kepala pada power transmisi maksimal.

Intensitas ini dibagi dengan berat tubuh manusia. Oleh karena pengukuran realistis dalam kepala manusia tidak dapat dilakukan, digunakan sebuah kepala buatan yang disebut 'Phantom'. Di dalamnya terdapat sensor-sensor yang mencatat radiasi handphone.
Dalam interval waktu 6 menit, radiasi maksimal dikonversi menjadi nilai SAR. Semakin rendah nilai SAR, semakin lemah radiasi yang dipancarkan handphone dalam kasus ekstrem. Jika nilai ini di bawah nilai batas yang ditentukan (2,0 W/kg untuk bagian tubuh termasuk kepala atau 0,08 W/kg untuk seluruh tubuh), model handphone tersebut baru boleh dipasarkan.

Bahaya radiasi terhadap tubuh manusia, hingga kini masih tetap hangat dibicarakan. Beberapa ilmuwan dari Swiss dan Jerman tetap berpendapat bahwa radiasi ponsel bisa berpengaruh terhadap jaringan kulit manusia dan menimbulkan kanker otak. Sementara banyak ilmuwan lain tetap menyangsikan penemuan tersebut, mengingat belum menemukan bukti nyata.

Bagaimanapun juga, akan lebih baik jika sedapat mungkin kita menghindari kemungkinan radiasi elektromagnetik handphone.

Beberapa tips mengurangi pengaruh radiasi handphone:

1. Hindari percakapan bila penerimaan buruk, karena handphone akan mengirim sinyal dengan tenaga maksimal untuk mencapai tiang relay.

2. Bicara singkat dan jelas. Percakapan yang lama meningkatkan radiasi dalam kepala. Jika perlu gunakan sms, waktu kirim singkat dan radiasi tidak mengarah ke kepala.

3. Jangan bertelepon dalam mobil. Sebabnya rangka mobil dapat memantulkan sinyal sehingga handphone harus mengirim sinyal lebih kuat dan itu berarti meningkatkan beban radiasi.

4. Gunakan handsfree. Headset bluetooth radiasinya lebih rendah dibanding tanpa headset. Lebih baik lagi menggunakan handsfree dengan kabel.

5. Ketika membeli handphone perhatikan agar nilai SAR-nya serendah mungkin di bawah 1,0 W/kg (misalnya Samsung SGH-1300). Sebagai perbandingan sertifikasi lingkungan 'Blue Angel' mengijinkan hingga 0,6 W/kg.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

3 comments to “Radiasi Elektromagnetik di HP”

test komentar

Anonymous said...
on 

mikir kalo pake hp terus and pake hands free.

treen said...
on 

Apakah kita ingin peradaban manusia hancur hanya karena sebuah perangkat komunikasi???

Anonymous said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.