Nokia N79


Ads:

Pendekatan Nokia terhadap pengguna setianya sudah dilakukan dengan beberapa cara. Termasuk mengajak mereka mengenang produk lama, baik dengan menghidupkan kembali nomor seri lawas berdisain baru hingga memperbaiki fitur permainan yang spektakuler ke dalam sebuah sistem anyar.

Demikian pula di seri N79. Produk yang termasuk dalam kelompok style phone alias produk disain ini memilih fitur gonta-ganti casing sebagai daya tarik. Setelah gagal dengan konsep clamshell di N76, rasanya masuk akal bila Nokia tetap mempertahankan disain candybar kas mereka dan menggunakan strategi ini untuk memberikan aksen “gaya” pada produk barunya.

Disain
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, N79 merupakan ponsel berdisain batangan. Seluruh bagian, kecuali tombol-tombol mungil dan multimedia, dilapisi oleh kaca transparan nan licin sehingga akan mengganggu mereka yang biasa mengetik sms tanpa melihat tombol.

D-pad yang berada di tengah memiliki sifat yang sama dengan ponsel-ponsel seri anyar, yakni bersensor sentuh sehingga bisa digunakan untuk memindahkan kursor hanya dengan memutarkan ibu jari di atasnya. Fitur ini disebut NAVIWheel.

Sebagai daya tarik, N79 menyediakan 3 back cover atau casing belakang dengan warna berbeda. N79 berwarna putih memiliki pilihan warna back cover biru, coklat dan hijau, sedangkan N79 abu-abu akan mendapatkan casing berwarna coklat, merah dan putih.

Interface
Layar N79 dibuat dari bahan TFT 16 juta warna dalam resolusi QVGA dan ukuran diagonal 2,4 inch. Kedalaman warna yang besar ini berpengaruh pada kecerahan serta ketajaman font dan image yang tertampil di layar. Sementara untuk kinerja keseluruhan, N79 mempercayakan pada sistem operasi andalan mereka syimbian S60 3rd edition FP2. Dengan demikian tampilan menu dan segala jenis interaksi yang ada di dalamnya sama dengan produk lain yang menggunakan OS serupa .

Fitur Unggulan
Kamera
Ponsel ini dibekali kamera 5 megapixel dengan sistem yang mempermudah pemotretan. Sejumlah pengaturan layaknya kamera saku sudah bisa didapatkan di sini. Termasuk mode makro, pilihan white balance, efek, hingga red eyes reduction.

Kinerjanya bisa diacungi jempol. Berkat flash dual LED, pemotretan di dalam ruangan pun menghasilkan gambar yang tidak mengecewakan.

Untuk perekam video, kamera ini pun mampu bekerja optimal. Yakni dengan menghasilkan video beresolusi VGA dalam kecepatan tayang 30 fps, dengan format MP4 dan 3gp.

GPS
Seperti yang sudah diduga, dengan harga yang melekat pada produk ini, N79 memang layak disuntikkan fitur terkini, GPS receiver internal. Kinerjanya sama saja dengan produk ber-GPS Nokia lain, yakni menggunakan Nokia Maps sebagai ujung tombak yang semakin hari semakin baik dan fitur audio navigasi yang diberikan Cuma-Cuma selama 3 bulan pemakaian.

Multimedia
N79 tidak melupakan identitasnya sebagai ponsel multimedia. Untuk itu wajar bila ponsel ini sangat memperhatikan kualitas musik dan video dengan software- software langganan. Nokia Music Player di sisi audio dan RealPlayer di video merupakan kombinasi yang dipercaya Nokia. Kemampuannya memang tidak mengecewakan. Terutama di sisi sorting file dan kompatibilitas.

HSDPA dan Browser
Ponsel multimedia yang cenderung stylish ini ternyata dilengkapi juga oleh sejumlah fitur office. PDF reader, QuickOffice, converter, ZIP ekstraktor dan Notes. Belum lagi dukungan jaringan yang cukup lengkap termasuk dukungan HSDPA hingga kecepatan 3,6 mbps (download).

Konektivitas
Seluruh koneksi yang biasa terdapat diponsel sudah bisa ditemukan di N79, WIFI, Bluetooth dan kabel data micro USB mampu bekerja dengan baik dan didukung software teranyar sehingga memiliki profil-profil terkini seperti AZDP

Baterai
Segudang amunisi yang dimiliki N79 ini memiliki fitur-fitur boros energi. Saat default Nokia memanfaatkan manajemen lampu layar untuk mengurangi serapan daya. Baterai pun menjadi kunci utama. Dalam hal ini N79 menggunakan jenis baterai lithium ion dengan kapasitas besar, yakni 1200 mAh. Cukup menjajikan.

KesiMpuLan
Nokia N79 yang dibanderol harga di bawah angka 5 juta sudah dipastikan bisa menyaingi saudaranya sendiri sesama ponsel Nokia seri N lain. Utamanya adalah Nokia N78. Dimana N79 juga lebih superior ketimbang “kakak”-nya itu. Kamera 5 megapixel autofokus, perekam vdeo yang maksimum, WIFI, HSDPA dan GPS adalah fitur-fitur pemikat yang sulit dibendung.

Sayangnya, keputusan Nokia menendang navigasi pihak ketiga tidak dibarengi oleh kemudahan akses dan layanan audio navigation yang bisa digunakan bebas. Ditambah lagi cakupan fitur navigasi yang masih belum luas akan menjadi bumerang bagi produk ini. (A. Sanusi)

Nokia N79 picture gallery



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Nokia N79”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.