Tren Ponsel Musik


Ads:

Menikmati musik dikala senggang memang mengasyikkan. Apalagi kini tersedia beragam Handphone dengan fitur yang semakin canggih. Misalnya dengan kemampuan MP3 player. Dengan perangkat ini bisa berlama-lama menikmati musik-musik favorit. Hal ini dimungkinkan mengingat perangkat -perangkat semacam ini menyediakan media penyimpanan lagu yang cukup besar.

Beberapa tahun lalu, kamera merupakan feature yang menjadi unggulan pada ponsel keluaran terbaru. Kini, kamera sudah tidak lagi menjadi tren yang menonjol. Hampir semua ponsel sudah melengkapi dirinya dengan kamera (walaupun kualitasnya cukup beragam). Setelah kamera, kini audio player menjadi feature yang membuat sebuah ponsel tampil eksklusif.

Tren ini tampaknya diikuti oleh semua vendor ponsel. Semua produsen ponsel rata-rata melengkapi ponsel terbarunya dengan kemampuan untuk memainkan berbagai format audio digital. Tentu saja, setiap ponsel memiliki kemampuan yang berbeda-beda, baik dalam hal kualitas maupun kompatibilitas. Namun satu hal yang pasti, feature audio player ini menjadi salah satu feature yang diminati oleh pengguna.

Beberapa produsen ponsel juga mulai menggunakan jack output standar 1/8” yang kompatibel dengan headphone umum. Penggunaan konektor 1/8” ini memungkinkan pengguna menggunakan headphone yang disukainya tanpa perlu memusingkan masalah kompatibilitas dengan headphone yang akan digunakan.

Sayangnya, terlalu lama mendengarkan musik bisa merusak pendengaran. Penelitian yang dilakukan yang dilakukan oleh Dr. Brian Fligor dari Hardvard Medical School menemukan, beberapa jenis headphone bisa menyebabkan kerusakan pendengaran. Rata-rata headphone berukuran kecil menghasilkan output yang lebih tinggi, walau dengan pengaturan volume yang rendah sekalipun.

Dibandingkan headphone berukuran besar yang menutupi semua bagian kuping, headphone kecil seperti yang terdapat pada beberapa paket penjualan Handphone bisa meningkatkan suara hingga 9 decibel. Level 9 decibel ini memang tidak terlalu tinggi. Tetapi jumlahnya setara dengan peningkatan suara dari alarm jam dengan level suara 80 decibel, ke suara mesin potong rumput yang memiliki level suara sekitar 90 decibel (selisih keduanya 10 decibel).

Kelemahan lain headphone berukuran kecil adalah tidak maksimalnya kemampuan meredam suara latar dari luar, sehingga banyak pengguna yang menaikkan volume suaranya agar bisa mengalahkan suara dari luar tersebut.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Tren Ponsel Musik”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.