Aplikasi Pemanis Tampilan PDA


Ads:

iPhone, hasil kreasi Apple yang diluncurkan beberapa waktu lalu, menawarkan berbagai keunggulan. Tak heran tak sedikit orang yang mendambakan bisa memiliki, atau paling tidak mencoba berbagai fitur mutakhir yang ditawarkan. Selain kemampuan multimedia, User interface (UI) tampilan antarmuka yang disajikan benar-benar atraktif.

Banyaknya aplikasi perubah tampilan PDA ke bentuk lain semisal tampilan iPhone, bahwa tampilan default PDA (berbasis PocketPC) itu sangatlah kaku. Tidak salah memang, mengingat fungsi PDA lebih condong kepada fungsi office yang juga dikenal sebagai fitur kaku.

Faktor tampilan kaku juga berimbas pada tidak memboomingnya PDA ketimbang ponsel-ponsel pintar lain dengan OS yang berbeda. Setidaknya hampir semua pengguna PDA, pada awalnya merasa bingung atau justru kesulitan menemukan salah satu fitur yang dibutuhkan.

Untuk melakukan perubahan ini, pengguna PDA berbasis PocketPC bisa menggunakan aplikasi-aplikasi berikut ini :

iLaunch v1.3
iLaunch, sebuah aplikasi launcher yang akan membuat tampilan layar PDA tampak seperti iPhone.
Download dan install aplikasi ini, isikan no : 781836486, lalu jalankan, akan muncul tampilan awal yaitu layar dalam keadaan terkunci.



Untuk membukanya, tinggal menggerakkan jari di atas tanda panah dan menggesernya ke bawah. Akan tertampil halaman berupa susunan menu grid yang mudah diakses meski tanpa Stylus.


Sebagian besar adalah aplikasi-aplikasi bawaan yang memang seringkali digunakan oleh mereka yang aktif. Semisal fitur messaging yang diwakili email, fitur multimedia, kamera, dan sebagainya.

SPB Mobile Shell v2.1.2
1. Download aplikasinya, install ke dalam PDA dan jalankan.

2. Di halaman awal (menu today), akan mendapati perubahan. Yakni hadirnya sebuah toolbar berisi empat kotak ikon: baterai, world clock, weater (cuaca) dan contacts. Klik masing-masing ikon untuk melihat fungsinya.
Keuntungan dari deretan ikon ini antara lain bisa langsung mengakses menu-menu tertentu tanpa harus masuk dari start menu. Disamping itu, ikon-ikon sengaja dibuat lebih besar hingga bisa diakses dengan jari dan tidak perlu repot menggunakan stylus.

3. Klik ikon baterai untuk membuka susunan program yang ada di PDA. Jadi, tidak perlu mengakses tombol start lagi.

4. Klik ikon jam untuk membuka menu world clock, melakukan setingan jam dan tanggal, serta mengatur alarm. Saat kembali meng-klik ikon ini, informasi alarm yang aktif akan tertampil.

5. Klik ikon cuaca untuk memperoleh informasi cuaca tempat kita tinggal. Untuk keperluan ini akan dibebani ongkos untuk GPRS atau akses internet via WIFI.

6. Klik ikon contacts, untuk bisa mengatur shortcut daftar nama paling penting di ikon ini. Sehingga tidak perlu lagi mengakses fitur kontak. Hanya dua kali klik sudah terhubung dengan orang yang diinginkan.

7. Klik spb menu untuk menghadirkan susunan menu grid dengan ikon yang cukup besar hingga bisa diakses dengan jemari. Ikon yang penuh warna-warni ini segera membuang jauh kesan kaku di PDA yang sedang dipakai. Setidaknya ada ikon menu yang berperan sebagai gerbang menuju fitur-fitur penting di PDA.
Spb Mobile Shell memiliki dua tampilan yang berbeda. Untuk bisa memilihnya saat awal instalasi, maupun melalui fitur setting di menu spb. Dua pilihan tampilan ini adalah classic dan profesional, perbedaan tampilan ini hanya berlaku saat layar idle.

Ketika memilih tampilan classic, maka tampilan screensaver akan berupa jam analog dengan informasi cuaca. Sedangkan apabila memilih Professional, maka screensaver akan menampilkan jam digital dan sebuah kalender bulanan.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

2 comments to “Aplikasi Pemanis Tampilan PDA”

seep n mantab. sekarang dah bisa komentar ne....

Tips PDA said...
on 

Gmana boz, serial numbernya udah bener pa belum?
btw, bagi2 apps untuk PDAnya dunk?

Medoho said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.