Nokia N97 Mini pemenang Asia Mobile Awards 2009


Ads:

The GSM Association mengumumkan Nokia N97 Mini sebagai pemenang kategori handphone terbaik di ajang Asia Mobile Awards 2009 yang berlangsung di Hongkong pada tanggal 18-19 November kemarin.
Asia Mobile Awards diadakan oleh GSMA sebagai platform untuk menunjukkan kepemimpinan dan keragaman konten mobile, produk dan jasa di seluruh Asia. Dinilai oleh sebuah panel independen analis, wartawan dan pakar industri, Penghargaan tahun ini menarik lebih dari 100 peserta dari operator, vendor dan pelaku dari seluruh industri mobile yang menyediakan produk dan layanan yang tersedia secara komersial di setidaknya satu pasar Asia.

Untuk pertama kalinya, tahun ini pemenang juga akan diseleksi untuk ajang Global Mobile Award, yang berlangsung tahun depan di GSMA Mobile World Congress, Barcelona.

Nokia N97 Mini adalah penerus dari Nokia N97 yang telah diluncurkan beberapa bulan yang lalu. Penambahan embel-embel "mini" di belakang ini merujuk pada dimensinya yang lebih kecil. Tidak hanya dimensinya yang dibuat mini, Nokia juga memangkas beberapa fitur yang terdapat pada seri N97 sebelumnya. Namun meski pemangkasan terjadi tapi secara keseluruhan ponsel ini terbilang memiliki fitur yang cukup maksimal. Berikut ini ulasannya yang saya ambil dari Tabloid Pulsa.

Interface
Nokia N97 mini mengadopsi bentuk versi N97 sebelumnya yaitu candybar dengan slider samping bermekanisme jungkat. Hanya saja embel-embel "mini" ponsel ini rupanya memiliki arti sebenarnya dengan memangkas dimensi jadi lebih kecil dibandingkan versi N97 sebelumnya. Panjang dan lebarnya dipangkas hampir setengah centimeter sedangkan tebalnya dipangkas sekitar 1,5 mm. Pemangkasan dimensi mengakibatkan bobot dari ponsel ini menjadi lebih ringan 12 gram dari versi N97 Standar. Dengan ukuran yang lebih simpel membuat ponsel ini lebih nyaman untuk digenggam atau dibawa kemana saja.

Demi mengutamakan kualitas mekanisme jungkat N97 Mini menggunakan engsel yang dibuat sangat solid. Engsel yang didesain langsung dari Finlandia ini memang terasa kokoh. Engsel ini mampu membentuk N97 mini menjadi sebuah komputer mini dengan membangunkan bagian tayar sehingga tombol qwerty dapat terlihat dan dapat digunakan sebagai input.

Kelengkapan yang dimiliki oleh Si Mini tidak jauh berbeda dengan yang standar. Pada sebelah kanan terdapat tombol volume dan tombol kamera/ shutter. Di sebelah kiri terdapat speaker stereo, sedangkan di tengahnya terdapat port microUSB dan tombol switch pengunci layar. Dan di bagian atas terdapat port jack audio 3.5mm standar yang berdampingan dengan tombol power. Meski diperkecil, resolusi layar tidak mengecil yaitu tetap 360 x 640 pixels.

Nokia masih menggunakan sistem operasi “Symbian S60 edisi 5” pada versi ini untuk menangani setiap prosesnya. Dengan tampilan homescreen yang intuitif dan layar sentuh yang cukup responsif dan dilengkapi stylus yang terpisah dengan handset memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya.


Click pada gambar untuk memperbesar


Multimedia
Sebagai penerus ponsel Nseries, Nokia masih memperhatikan fitur multimedia. Berkemampuan yang sama dengan N97, N97 Mini selain dilengkapi kamera sekunder Videocall juga menggunakan kamera utama berupa kamera 5 megapixel dengan optik Tessar dari Carl Zeiss yang juga dilengkapi dengan sistem autofocus dan lampu flash dual LED. Dengan fasilitas layaknya sebuat kamera digital, hasil jepretannya sangat memuaskan. Hasil foto baik dalam keadaan indoor atau outdoor mampu ditampilkan komposisi warna yang real ditambah dengan kualitas yang jernih dan focus di segala sudut.
Kemampuan yang sama disuguhkan dari pemutar musiknya. Karena di fitur ini nokia masih memasukan pemutar musik yang sama seperti ponsel seri xXressmusic. Dilengkapi dengan Equalizer, Stereo Widening dan kualitas speaker stereonya, kualitas suara tidak kalah dibandingkan dengan seri N97 sebelumnya atau ponsel seri XpressMusic.

Tidak hanya kualitas speaker stereo dengan dua corong terpisahnya yang bagus. N97 mini juga memiliki earset yang tidak kalah oke, terlebih menggunakan port audio 3,5 mm dan profile A2DP pada koneksi Bluetoothnya.

Fitur yang masih ada sepeninggalan dari N97 masih ditemukan juga Pemutar Video, FM radio dan Visual Radio. Sayang versi Mini ini nokia meniadakan Fitur FM Transmitter dan PlatForm N-gage. Tapi N97 Mini masih memasukan 1 Game yaitu DJ Mix Tour.

Konektivitas
Urusan konektivitas, Nokia nampaknya tidak ingin menanggalkan satupun fasilitas koneksi yang dibawa dari N97 sebelumnya. Alhasil semuanya masih dimiliki oleh versi mini ini seperti: Bluetooth, kabel data, WiFi, hingga akses HSDPA.
Kemampuan yang sama ditunjukan pada fitur GPS Recievernya yang menggunakan Nokia Maps yang sudah terintegrasi dengan OVI. Sayangnya seperti biasa navigasi suara hanya disediakan gratis untuk 3 bulan saja.

Aplikasi & Instalasi
Kelengkapan konektivitas dan layar yang lebar nampaknya cukup dimaksimalkan oleh nokia dengan memasukan fasilitas internet yang sangat mumpuni. Mulai dari browser symbian 5th edition yang mudah digunakan dan mendukung halaman web penuh. Dan beberapa aplikasi yang terintegrasi dengan internet seperti Facebook untuk Nokia 5th edition.

Untuk membantu dalam pekerjaan N97 Mini juga dilengkapi dengan Aplikasi PDF Viewer dan Office yang dapat mengedit atau membuat file baru. Sayangnya agar semua fitur tersebut dapat digunakan pengguna harus membelinya lagi.

Kemampuan system operasi Symbian S60 5th edition yang didukung dengan platform MIDP membuat kompabititas aplikasinya lebuh luas dan mudah untuk menambahkan aplikasi pihak ketiga.

Hardware
Tidak seperti pada pendahulunya yang menggunakan baterai berkapasitas 1500 mAh BP-4L Li-Ion. Pada versi ini diperkecil kapasitasnya menjadi 1200mAh BL-4D. Hal ini cukup beralasan mengingat pada ponsel mini ini menggunakan layar yang lebih kecil. Namun meski diperkecil kekuatan baterainya masih mampu berjalan sesuai kebutuhan.

Menggunakan sistem operasi yang sama dengan seri N97 di seri mini ini juga menggunakan hardware yang sama dengan menggunakan prosesor chip ARM11 berkecepatan 434MHz yang didukung oleh RAM berkapasitas 128MB. Namun sayangnya pada N97 mini kapasitas memori internal lagi-lagi dikurangi lagi karena menjadi 8GB saja, padahal sebelumnya N97 sudah memasukan memori sebesar 32 GB. Untungnya masih ada slot memori eksternal MicroSd yang dapat membantu pengguna untuk media penyimpanan.

Kemunculan ponsel Nokia N97 Mini memang cukup beralasan, mengingat seri N97 sebelumnya masih memiliki kekurangan dari segi dimensinya yang bongsor. Untungnya pada versi Mini ini nokia tidak memangkas begitu banyak fitur. Faktanya hanya FM Transmitter dan Platform N-gage saja yang ditiadakan.
Dengan penyempurnaan desain dan harganya yang lebih murah dari versi sebelumnya, pastinya akan mengobati kekecewaan pengguna yang ingin memiliki ponsel N97 versi sebelumnya, meski beberapa fitur ditiadakan.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

2 comments to “Nokia N97 Mini pemenang Asia Mobile Awards 2009”

mantap

anggachen said...
on 

dengan fitur multimedia yg cukup lengkap sampai skrg saya msh betah dan nyaman menggunakan hp ini hehe..

dumuk said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.