Aplikasi bantu untuk Tuna Netra


Ads:

Semakin canggih sebuah ponsel sudah selayaknya bisa dinikmati oleh semua kalangan. Tak terkecuali bagi penyandang Tuna Netra atau orang yang memiliki gangguan penglihatan. Tampaknya hal tersebut tidak lagi jadi mimpi. Beberapa aplikasi bisa dipasang untuk membantu Tuna Netra dalam menggunakan ponsel. Sebut saja aplikasi yang dibuat oleh Nokia yakni Braille.

Aplikasi ini digunakan pada ponsel-ponsel layar sentuh Nokia seperti Nokia 5800, 5230, 5530, X6 dan N97/Mini. Cara kerjanya dengan menyentuh layar ponsel dan merasakan getaran dari vibrator ponsel yang setiap getarnya mewakili setiap huruf abjad. Aplikasi ini gratis dan bisa didapatkan di website resminya, tapi anda diharuskan untuk mendaftar lebih dahulu, kalau tidak ingin repot bisa mendownloadnya melalui mediafire.

Lihat video demonya di bawah ini:



Cara menggunakannya sebagai berikut:

  • Menjalankan Aplikasi.
    Buka aplikasi Nokia Braille Reader dengan menekan menu dan memilih aplikasi. Cari ikon aplikasi Braille lalu sentuh untuk memulai aplikasinya. Anda juga bisa menggunakan aplikasi braile untuk mengakses menu dengan cepat di layar utama. Apabila aplikasi tersebut sudah terbuka, Anda boleh menyembunyikannya dengan menekan pilihan "Hide". Aplikasi Braille akan tetap berjalan hanya saja tidak terlihat di layar utama.

    Tampilan di layar utama pada aplikasi ini dibagi menjadi tiga area, atas, tengah dan bawah. Di area paling atas memiliki dua fungsi. Yang sebelah kiri berisi teks yang akan dibaca. Ini biasanya berasal dari pesan SMS yang masuk. Jika area tersebut diklik Anda bisa memasukkan kata atau kalimat apa saja. Sedangkan jika Anda menyentuh area di sebelah kanannya adalah untuk memulai membaca.

    Di area tengah dapat digunakan untuk memastikan aplikasi tetap berjalan. Ketika disentuh akan terasa dua getaran singkat yang mengindikasikan aplikasi berjalan. Area bagian bawah terdapat tiga tombol fungsi. Tombol pojok kiri untuk menyembunyikan aplikasi dan menjalankan aplikasi tanpa terlihat. Sedangkan bagian kanan ada tombol "Setting" dan "Exit". Tombol Setting ini untuk menentukan aplikasi apa saja yang bisa difungsikan oleh Braille.

  • Membaca Pesan SMS.
    Ketika pesan SMS masuk akan ditandai dengan ringtone SMS. Kemudian pesan tersebut akan tertera di kotak teks yang berada di kanan atas layar. Untuk membacanya tekan bagian kanan atas layar. Aplikasi akan memberikan getaran singkat untuk memberitahukan pengguna berpindah pada mode membaca pesan. Untuk memulai membaca tekan layar dengan jari di mana saja di layar ponsel. Setiap getaran akan mewakili setiap huruf. Untuk spasi akan ditandai dengan penghentian gerakan vibrator. Dan setelah itu jika masih ada kata yang belum terbaca maka getaran akan mulai kembali. Cara kerjanya memang sederhana tetapi cukup membantu.

  • Fitur Voice Command.
    Fitur yang juga bisa membantu memudahkan kalangan penyandang Tuna Netra dan sudah tersedia di ponsel standar adalah voice command atau perintah suara. Dengan fitur ini kita bisa mengaktifkan fitur hanya dengan menyebutnya. Misalnya untuk membuka fitur "Messaging" maka cukup menyebutkan kata "Messaging" dengan benar.

    Di Nokia Symbian 5th edition, fitur ini bisa diaktifkan di menu "Setting"> "Phone" >"Voice Command". Setelah masuk ke menu "Voice Command", terdapat daftar menu yang bisa diakses dengan suara. Misalnya menu "Messaging". Jika Anda pilih, maka akan muncul cara melafalkan panggilan menunya.


Selain dengan beberapa fitur aplikasi tadi, banyak aplikasi-aplikasi buatan pihak ketiga yang tak kalah menarik. Salah-satunya yang dikembangkan oleh Assistive Technology yakni aplikasi Reader Mobile. Aplikasi ini bisa membaca apa saja yang berupa teks baik SMS maupun email. Jadi pengguna bisa mengetahui isi pesan SMS atau email dalam bentuk suara. Aplikasi berbayar ini bisa Anda dapatkan di situs resminya.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Aplikasi bantu untuk Tuna Netra”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.