Foursquare, asyiknya berjejaring sosial dengan panduan lokasi


Ads:

Ada banyak cara untuk menjalin pertemanan. Salah satu yang jadi tren saat ini adalah dengan menggunakan jejaring social. Nama-nama seperti Facebook, Twitter, atau Friendster tentu sudah lekat di telinga kita.
Seiring dengan perkembangan teknologi GPS di smartphone, aplikasi jejaring sosial pun tak kalah sigap mengadopsinya. Dengan mengkombinasikan kemampuan pemantau lokasi, interaksi antar teman pun menjadi semakin bervariasi. Selain bisa berbagi wall, menambahkan komentar, gambar, video dan akun teman, kini Andapun bisa memberitahukan dimana saat ini sedang berada dan menunjukkan lokasi-lokasi favorit yang dikunjungi.

Adalah Foursquare , layanan jejaring sosial baru yang kini mulai digandrungi di tanah air. Layanan fourquare menyediakan berbagai macam fitur asyik yaitu:
1. Anda bisa memberitahukan kepada teman foursquare, facebook, atau twitter Anda dimana saat ini berada.
2. Anda bisa melakukan check-in: istilah untuk memberitahukan lokasi atau tempat tertentu kepada teman Anda sekaligus memberikan komentar Anda terhadap tempat tersebut. Sebagai contoh: Anda bisa melakukan check in di sebuah restoran yang telah ditandai di Foursquarekemudian memberikan komentar mengenai makanan favorit, layanan, dan suasan restoran tersebut.
3. Jika Ada lokasi menarik dan belum ada yang menandainya di peta foursquare, Anda bisa menandainya sendiri dan membaginya sehingga teman Anda di Forusquare, Facebook dan Twitter dapat mengetahui lokasi tersebut
4. Foursquare dapat diintegrasikan dengan Facebook dan Twitter, sehingga informasi yang Anda bagi di Foursquare juga dapat dibagi di wall Facebook dan Twitter.
5. Forusquare saat ini dapat diaplikasikan di ponsel iPhone, BlackBerry, dsn Adroid. Sifatnya yang multiplatform tersebut membuat Anda tetap terkoneksi dengan teman-teman lain meskipun dengan tipe ponsel yang berbeda

Langkah-Langkah instalasi aplikasi Foursquare:

  • Anda bisa mendownload aplikasi Foursquare melalui ponsel via application store masing masing. Anda juga dapat mendownload melalui PC.
    iPhone di http://itunes.com/app/foursquare
    BlackBerry di http://foursquare.com/blackberry/beta
    Android di http://www.android.com/market/
    Palm di Palm App Catalog
    Ponsel merk lain di http://foursquare.com/mobile/
  • Jika sudah terinstal, Anda bisa melakukan registrasi untuk mendapatkan username dan password.
  • Masuklah dengan menggunakan username dan password yang telah didapatkan tadi. Maka, akan dibawa ke halaman depan fourquare.
  • Melalui menu Friend, dapat melihat lokasi chek-in dari teman-teman Foursquare dan komentar yang mereka posting. juga dapat melihat mayorship dan badges yang telah mereka dapatkan. Jika menekan lokasi chek-in, maka akan muncul peta yang menunjukkan dimana lokasi tersebut berada.
    Oh ya, sistem nilai mayorship dan bagdes tersebut akan bertambah tergantung seberapa sering melakukan check-in di Foursquare.
  • Pada menu Places, akan melihat lokasi-lokasi favorit yang dekat dengan tempat Anda dan telah ditandai oleh pengguna Foursquare lainnya. Jika berkenan, bisa melakukan chek-in di lokasi-lokasi tersebut dan menambah jumlah mayorship dan badges.
  • Jika Ada lokasi yang menarik dan belum ditandai, silakan menambahkannya ke Foursquare dengan fasilitas add venue
  • Sedangkan pada menu Me, akan terlihat histori aktivitas Foursquare termasuk jumlah mayorship dan badges yang telah dikumpulkan. Anda dapat menambahkan komentar tentang suatu lokasi melalui fasilitas Shout!.
  • Saat memposting komentar, terdapat pilihan apakah komentar juga akan terlihat di akun Facebook atau Twitter.

Menambahkan Foursquare di Facebook dan Twitter
  • Anda dapat menambahkan akun Facebook ke dalam pengaturan Foursquare. Fungsinya, agar komentar dan updating di Foursquare dapat terlihat dan dibagi di wall Anda.
    Caranya, akses www.forusquare.com, lakukan login, kemudian masuklah ke menu setting. Pada menu Linked account, tekanlah logo Facebook atau Twitter yang terdapat di bawahnya. Selanjutnya akan dipandu untuk melakukan pengaturan di kedua akun tersebut.
  • Silakan atur supaya chek-in Anda di Forusquare dapat terlihat di Facebook Atau Twitter. Sekarang melalui PC, akseslah akun facebook, kemudian masuklah ke menu Account - Application Setting.
  • Temukanlah pengaturan untuk aplikasi Foursquare, kemudian setting permission sesuai dengan kebutuhan.
  • Nah sekarang, jika melakukan checkin di Foursquare, maka teman anda di facebook dan twitter dapat melihat status anda.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

1

Saya kurang mengertii mas pemakainnya karena tidak punya friend disana.
Ada yang punya?
Biar saya bisa ngulikk menu2nya sendiri

Salam gan kunjungi juga ya http://katahadi.blogspot.com

Unknown said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.