Nokia N900 Maemo


Ads:

Nokia N900 merupakan produk yang benar-benar baru dan segar. Pemilihan OS yang tepat menjadi salah satu kunci utama karena mampu menyuguhkan kemudahan pengoperasian, bahkan untuk mereka yang sudah terbiasa dengan tipe ponsel tertentu.
Interface yang disuguhkan mampu mendukung secara aktif fungsi-fungsi yang terkandung di dalamnya. Sayangnya, karena masih baru, dukungan software tambahan pun masih terbilang minim. Meski sudah didukung oleh OVi store yang terintegrasi dengan layanan MAEMO.

Nokia mulai mengembangkan sayap dengan memperkenalkan produk baru dengan sistem operasi anyar. Ya, lewat ponsel tablet pertamanya, N900, Nokia juga memperkenalkan sistem operasi baru Maemo 5. Banyak hal menarik di sisi ini banyaknya tampilan baru dan penempatan interface yang sesuai dengan kebutuhan. Sebelum berlanjut ke situ, ada baiknya mengenal struktur ponsel ini lebih dekat. Kita mulai dengan yang terlihat dimana bisa melihat disain yang diterapkan pada N900 tidak begitu inovatif, sudah banyak ponsel dengan mekanisme slide samping seperti ini.

Bedanya, Nokia N900 tidak banyak menyediakan ruang untuk keyboard qwerty sideslide-nya. Ketika menggeser bagian layar ke samping, maka deret keypad qwerty tersebut hanya terlihat kurang dari setengah lebar ponsel. Hal ini bisa disimpulkan bahwa N900 bukan dimaksudkan untuk menggantikan peran komunikator Nokia yang lama tak terdengar kabarnya. Rasanya ponsel ini lebih sebagai pilihan baru untuk fungsi online dan multimedia, tanpa mengecilkan peran hardware yang sebenarnya sudah siap untuk kegiatan kantoran. Lagi pula ini adalah seri N, seri yang sebelumnya sukses memadukan fungsi kantoran dan multimedia dalam satu paket.

Dengan kecilnya porsi keyboard, dan tersedia layar sentuh TFT resistive dengan ukuran 3,5 inchi berkualitas, maka cara paling benar menikmati isi ponsel ini adalah melalui interface sentuhnya. Meskipun termasuk layar resistive dan tersedia stylus, tapi tidak mengalami kesulitan yang berarti ketika mengakses menu hanya dengan menggunakan jari. Maemo 5, sistem operasi yang digunakan N900 memiliki UI yang menarik, tampilannya berada pada orientasi landscape. Jadi wajar, apabila di ponsel ini tulisan Nokia dan tipe HP terletak pada bagian sisi menghadap ke arah keyboard sideslide.

Seperti halnya Android, Maemo 5 juga dibuat dengan basis sistem Linux. Jika di Android akan menemukan tiga halaman homescreen, maka di Maemo ada empat. Keempatnya bisa dipersonalisasi sesuai kebutuhan. Namun secara default bisa dibagi menjadi halaman homescreen 1 dibiarkan kosong untuk personalisasi user, homescreen 2 (geser ke kanan) berisi aplikasi-aplikasi online plus GPS, homescreen 3 berisi Personal Information Management dan fungsi telepon, sementara homescreen 4 diisikan dengan link-link belanja aplikasi online.

Lalu, dimana menu tradisional yang kita butuhkan? Berbeda dengan Android yang meletakkannya di menu drop down dengan ikon-ikon widget sebagai menu ponsel, maka di N900 lebih mirip dengan menu ponsel kebanyakan. Aksesnya pun bisa melalui satu ikon yang diletakkan di ujung kiri layar. Kemudian tidak lagi dipusingkan oleh tombol back atau return karena kita bisa kembali ke menu utama, atau homescreen hanya dengan menyentuh bagian layar kosong. OS Maemo 5 dengan dukungan hardware yang tinggi sanggup melakukan multitasking yang luar biasa. Tidak ada penurunan kinerja, semua berlangsung dengan cepat, ketika berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain yang terbuka di layar multitasking. Di setiap aplikasi yang terbuka, akan muncul gambar kotak bertumpuk di sisi kiri atas. Ikon tersebut berfungsi untuk multitasking, yaitu me-minimize tampilan, untuk kemudian dapat membuka aplikasi lain.

Dialog menu yang muncul, juga sub menu dan pilihan-pilihan pada bagian pengaturan dimunculkan dalam grafik yang luar biasa, bahkan lebih baik dibandingkan iPhone yang selama ini dianggap paling atraktif.

Meskipun baru, sistem operasi Maemo 5 tidak akan menyulitkan pengguna N900. Bahkan sebaliknya, membuat tampilan dan UI akan terasa lebih kaya warna dan mudah dioperasikan. Sayangnya, UI ini hanya tertampil landscape, kecuali untuk log telepon dan notifikasi sms. N900 memuat sejumlah fitur multimedia. Beberapa dimasukkan dalam satu kategori media player (MAEMO Media Player) yang tertampil sebagai ikon flash yang enak dilihat. Tampilannya mengingatkan pada tampilan menu Playstation 3 dan PSP Atau kalau boleh membandingkan dengan sesama ponsel, mengingatkan pada tampilan Sony Ericsson Satio dalam keadaan tertutup. Faktanya hampir semua folder fitur dengan fungsi sama, semisal PIM juga ditampilkan dalam bentuk seperti ini.

Fungsi media player terdiri dari music player, video player dan radio internet. Tidak ada radio FM, tapi jangan khawatir, pada dasarnya ponsel ini sudah memiliki hardware yang mendukung fungsi tersebut. Terbukti ada FM transmitter di N900, untuk menambahkan fungsi Radio FM, harus mendownload dan menginstal aplikasi pihak ketiga yang bisa ditemukan di situs maemo.org. Hampir semua format musik dapat dieksekusi. Demikian juga dengan format video (avi, mpeg4). Namun, resolusi video yang disupport maksimal hanya sebatas resolusi layar. Bagi yang membutuhkan dukungan file OGG dan FLC bisa mendownload codec yang sudah disiapkan pihak developer.

Output suara difasilitasi oleh dua corong speaker terpisah di sisi kanan dan kiri ponsel (dalam kondisi landscape). Terdengar nyaring dengan pemisahan frekuensi audio sudah bisa terasa. Namun jika Anda memilih menggunakan headset, N900 pun sudah menyediakan konektor 3.5 mm.

Fitur multimedia lain, ponsel ini menyediakan kamera 5 megapixel dengan optik Carl Zeiss yang dilengkapi autofokus, lampu kilat, mode makro dan sejumlah pengaturan kamera lain. Hasilnya tidak mengecewakan. Gambar hasil foto makro memperlihatkan ketajaman gambar di setiap sudut sehingga debu pun akan terlihat jelas. Sementara foto outdoor tertampil jelas meski ditampilkan di PC. Tersedia WiFi, Bluetooth, konektor microUSB, GPS, FM transmitter dan jalur data HSDPA 10 mbps. Semua bisa diakses dan diatur dengan langkah mudah dengan menyentuh bagian ikon koneksi di layar homescreen.

Hal baru yang akan ditemukan terletak pada setting yang hampir semuanya dilakukan secara otomatis, dan browser MAEMO. Browser ini mampu menampilkan file flash dalam sebuah situs fullweb dan dengan proses render yang cepat. Secara default sudah ada game-game menarik di N900, aplikasi office DataViz Document To go (versi viewer), Facebook, Twitter dan berbagai aplikasi online. Termasuk Ovi Maps dengan fasilitas routing gratis dan siap digunakan, sayangnya tidak ada navigasi suara.

N900 telah membawa processor berkecepatan tinggi. Ini adalah penjelasan mengapa multitasking pada ponsel ini berjalan dengan sangat lancar. Processor TI OMAP 3430: ARM Cortex-A8 600 MHz, dan 3D akselerator PowerVR SGX with OpenGL ES 2.0 support. Ruang memori internal mencapai 32 GB dengan slot MicroSD hingga 16 GB. Sementara untuk mendukung semua kerja ponsel menggunakan baterai li-ion 1320 (BL-5J). Saat dicoba hanya mampu bertahan kurang dari 2 hari dengan beberapa aktivitas pengambilan gambar dan navigasi sms, serta sedikit fungsi musik.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

2 comments to “Nokia N900 Maemo”

Was checking this fantastic guideline for web designing for the most anticipated N900!!
This document contains information and guidelines for web developers who want to ensure that their pages work well with the Nokia N900 with Maemo 5 OS. In version 1.1 of the document, information about portrait orientation has been added.
Download it here http://bit.ly/9kCTfU

TheRohan said...
on 

Hey folks,

Just received an invitation from Forum.Nokia to be a part of the most anticipated N900smart phone launch this Saturday in Bangalore.

So thought of sharing the details with fellow developers to experience the much awaited launch first before anyone else does.

Also, we can bring along apps or widgets designed by us and show them off in the event. We can even win a N900 for free!

The Details of the event are below:
Email for confirmation: forumnokia@isourceopportunities.com
Or call at: 080 65590000
Date 19th June 2010
Venue: Nokia Concept Store, Church St. Bangalore.

Don’t miss it!!

TheRohan said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.