Blackberry Playbook, sekedar pelengkap ponsel Blackberry


Ads:

Setelah diumumkan pada kuarter ke-4 akhir tahun lalu dan sempat tertunda peluncurannya. Playbook akhirnya bisa dinikmati para pengguna setia BlackBerry. Ketika tulisan ini dibuat, PlayBook memang secara resmi hanya tersedia di pasar Amerika Utara namun setidaknya Anda bisa menemukan PlayBook versi BM di pasar lokal dengan mudah. Apa saja kelebihan tablet besutan RIM ini? Berikut ulasan kami.

Dengan dimensi yang tak jauh beda, ukuran Playbook nyaris sama dengan Galaxy Tab. Meski begitu, rasa yang dihadirkan kedua gadget ketika digenggam jelas bertolak belakang. Menurut kami bahan plastik yang terasa seperti karet pada bagian belakang Playbook membuatnya terasa tidak licin dan lebih nyaman untuk digunakan berlama-lama.

Beralih ke segi bentukan, sudut-sudut pada Playbook menghadirkan kesan yang tegas dan tampak lebih kaku jika dibandingkan dengan iPad.

Blackberry Playbook
Di sisi depan Playbook tampak layar yang dikelilingi oleh frame hitam yang berukuran cukup besar. Meski tampak mengganggu namun keberadaannya bukan tanpa alasan karena sebenarnya frame ini merupakan frame sensitif sentuh yang fungsional dalam mengakses setiap menu dan akan semakin memudahkan seiring lamanya waktu penggunaan Playbook.

Blackberry Playbook
Pada Playbook Anda akan menemukan 4 buah tombol pada sisi atas, tombol ini masing-masing adalah tombol power dan 2 buah tombol pengatur volume yang mengapit tombol play/pause. Dalam penggunaannya kami lebih menggunakan layar dan touch-sensitive frame. Sementara setiap port yang Anda butuhkan bisa diakses pada sisi bawah Playbook.

Berbeda dengan Apple yang menggunakan sistem operasi yang sama pada perangkat iPhone dan iPad-nya. RIM bekerjasama dengan QNX Software Systems memilih untuk mengembangkan sebuah sistem operasi khusus untuk perangkat tablet besutannya bertajuk BlackBerry Tablet OS. Sebelum diakuisisi oleh RIM, QNX Software Systems lebih banyak menciptakan sistem operasi untuk digunakan pada kendaraan bermotor, alat medis, sistem navigasi, bahkan kendaraan tak berawak militer AS. Meski tidak terlalu berhubungan dengan industri telekomunikasi tapi jelas bidang tersebut merupakan sektor yang memerlukan tingkat presisi tinggi pada setiap perangkatnya.

Blackberry Playbook
Pada tampilan awalnya Anda akan menemukan user interface yang mirip dengan tampilan UI BlackBerry OS 6 dengan 4 buah tray yang terpampang bersandingan, masing-masing adalah All, Favorites, Media dan Games.

Untuk berpindah antar tray, Anda dapat menekan judul tray yang diinginkan atau menyapu layar ke kanan atau kiri. Setiap tray tersebut juga dapat Anda buka-tutup dengan menekan ikon tanda panah yang terletak pada sudut kanan tray atau menyapu dari frame bagian bawah ke tengah layar.

Menu "options" dapat Anda akses dari tray All atau dengan menyapu layar dari frame bagian atas ke arah bawah atau menekan ikon option di sudut kanan-atas layar ketika berada pada homescreen.

Secara default Playbook hanya disertai dengan sedikit sekali aplikasi bawaan. Bahkan RIM tidak menyertakan beberapa aplikasi vital seperti email, calendar, ataupun contacts. Untuk urusan surat elektronik Anda hanya akan melihat beberapa ikon pada menu yang nyatanya hanya berfungsi sebagai launcher atau browser shortcut.

Selanjutnya: BlackBerry Playbook multitasking, bridge, kamera, dan internet



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

1

ajib playbook, mantap kang.............
referensi harga blackberry lainnya bisa dilihat disini http://hargahandphoneblackberry.blogspot.com/

blackberry gemini said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.