Tanya jawab seputar Android


Ads:

Tanya jawab seputar AndroidBagaimana cara memindahkan aplikasi dari memori ponsel ke kartu memori?
Masuk saja ke settings > applications > manage applications lalu pilih aplikasi yang mau dipindahkan. Nanti akan ada pilihan move to SD Card untuk melakukan pemindahan aplikasi dari memori ponsel ke kartu memori.

Saya mau ganti nada dering telepon dan notifikasi gimana caranya?
Untuk mengganti nada dering telepon masuk ke pemutar musik, mainkan musik yang akan digunakan sebagai nada dering. Tekan menu ketika lagu sedang diputar lalu pilih use as ringtone. Sedangkan untuk mengganti nada masuk notifikasi, hubungkan ponsel ke PC terlebih dulu lalu masuk ke folder media > audio > notification. Masukkan file audio yang akan Anda gunakan sebagai nada masuk. Setelah selesai cabut kabel data ponsel dari PC, kemudian masuk ke settings > sound settings> notification ringtone dan pilih nada sesuai selera.

Saya sudah sambungkan kabel data ke PC, tapi kok tidak muncul apa-apa?
Jangan lupa untuk mengatur agar ponsel dalam posisi mass storage device. Cara pengaturan ini mungkin akan berbeda-beda untuk masing-masing tipe ponsel. Namun begitu, umumnya ponsel akan secara otomatis menampilkan pilihan untuk disambungkan sebagai mass storage device. Jika pilihan tersebut tidak muncul kemungkinan Anda secara tidak sengaja telah memberi tanda centang USB debugging pada menu > applications > development. Hilangkan tanda centang tersebut sehingga Anda dapat melihat isi ponsel Anda di PC.

Cara setting email kantor dari ponsel Android, gimana sih?
Masuk saja ke halaman menu lalu pilih ikon email kemudian masukkan informasi login email Anda. Jika informasi login yang Anda masukkan adalah email kantor, silakan pilih manual setup. Masukkan informasi server sesuai dengan informasi server email yang Anda dapatkan dari kantor tempat Anda bekerja.

Bagaimana cara impor kontak dari Facebook dan Twitter
Sama seperti langkah setting notifikasi email kantor, silakan masuk ke settings > accounts & sync > add accounts. Jika Anda tidak menemukan pilihan Facebook atau Twitter, Anda harus melakukan instalasi Facebook dan Twitter for Android lebih dulu dari Google Play. Setelah aplikasi terinstal ada 2 cara yang bisa Anda lakukan. Pertama login langsung melalui aplikasi seperti biasa lalu ketika muncul pilihan sinkronisasi kontak pilih apakah akan melakukan sinkronisasi semua kontak atau kontak yang lebih dulu ada. Sedangkan untuk cara yang kedua, Anda dapat memilih add accounts lalu mengetikkan informasi login seperti biasa dan memberi tanda centang pada sync contacts.

Kenapa notifikasi tidak bunyi saat ada email kantor masuk?
Masuk ke settings > accounts & sync >add account > Microsoft Exchange ActiveSync. Setelah itu, jangan lupa untuk masukkan informasi login dan server incoming serta outgoing yang digunakan oleh perusahaan tempat Anda bekerja.

Supaya Android Saya tidak di utak-atik orang lain bagaimana ya?
Solusinya Anda dapat memasang password pada Android, dengan cara pilih menu> location and security >set screen lock lalu pilih metode penguncian perangkat Android apakah dengan password, PIN atau pattern. Perbedaan antara password dengan PIN adalah, jika Anda memilih password silakan masukkan kombinasi huruf sementara itu bila Anda menggunakan PIN gunakan kombinasi angka.

Cara kirim file via Bluetooth?
Sebelum mengirim file melalui Bluetooth, Anda harus melakukan proses pairing. Caranya dengan masuk ke menu > settings > wireless & networks > Bluetooth settings lalu centang Bluetooth. Agar ponsel milik Anda dapat dilihat oleh ponsel lain beri tanda centang discoverable. Selanjutnya pilih scan device dan tap ponsel yang akan dilakukan pairing. Setelah pairing selesai, Anda dapat mulai saling bertukar data melalui Bluetooth.

Bagaimana caranya supaya ponsel saya bisa memainkan beragam format video?
Caranya cukup mudah, Anda tinggal masuk ke Google Play dan menginstal aplikasi pemutar video yang banyak disediakan disana. Salah satunya adalah MX Video Player yang sudah dilengkapi dengan codec yang disesuaikan dengan jenis prosesor yang diadopsi oleh ponsel milik Anda.

Jika saya menggunakan kartu memori, apakah aman untuk langsung mencabutnya?
Tidak, Anda harus melakukan unmount terlebih dulu agar kartu memori dapat dilepas secara aman. Mencabut kartu memori tanpa unmount dapat menyebabkan ponsel hang atau data yang tersimpan di kartu memori rusak. Untuk melakukan unmount kartu silakan masuk ke settings> storage> scroll ke bawah hingga ke SD Card lalu tap unmount SD Card.

Di Android ada nggak aplikasi chatting yang mirip BBM?
Ada, Anda bisa memilih chatOn, ChatFiz, WhatsApp dan beragam aplikasi chatting serupa lainnya yang dapat Anda temui di Google Play.

Apakah data kontak saya akan kembali setelah ponsel dilakukan factory setting ?
Ya, selama Anda menyimpan data kontak tersebut ke Google Contact yang terintegrasi dengan akun Gmail milik Anda. Begitu Anda selesai melakukan login ke akun Gmail setelah ponsel mengalami reset, ponsel akan secara otomatis mendownload data kontak yang tersimpan di server Google.

Google Map saya kok nggak akurat?
Itu artinya Anda belum mengaktifkan GPS yang ada di dalam ponsel. Untuk mempercepat penentuan lokasi serta meningkatkan akurasi lokasi jangan lupa untuk memberi tanda centang use wireless networks serta use GPS satellites yang masing-masing bisa Anda temukan di settings> location & security.

Data kontak di BlackBerry apakah bisa dipindahin ke ponsel Android?
Bisa, caranya dari ponsel BlackBerry lakukan instalasi Google Sync dengan mengunjungi m.google.com/sync. Klik install now pada halaman tersebut dan tunggu hingga download selesai. Jangan lupa untuk mengklik yes saat application permission muncul. Begitu aplikasi berjalan, login ke akun Gmail lalu scroll ke bawah hingga Anda menemukan menu 'configure sync'. Beri tanda centang pada sync contact lalu tekan tombol menu dan klik save. Setelah proses sinkronisasi selesai, lakukan pengaturan pada ponsel Android dengan masuk ke setting-> account & sync setting- > add account- > Gmail. Setelah Anda selesai memasukkan username dan password Gmail, maka seluruh data yang tersimpan pada akun Gmail Anda secara otomatis akan tersinkronisasi di ponsel Android Anda.

Tips hemat baterai?
Ini adalah masalah klasik yang selalu dihadapi oleh hampir semua smartphone yang selalu terhubung ke internet. Untuk menghemat baterai, Anda dapat menonaktifkan auto brightness dengan masuk ke settings >display> brightness. Pastikan untuk menghilangkan tanda centang pada kotak auto brightness. Selain itu, Anda juga dapat menonaktifkan autorotation dengan cara yang sama. Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih jaringan 2G sebagai jaringan default pada menu> wireless & networks > mobile networks> pastikan untuk mencentang "use 2G only".



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

50 comments to “Tanya jawab seputar Android”

kenapa tiba-tiba kartu memori saya tidak terbaca kecuali hasil bluetooth yang tersisa.apa yang harus saya lakukan

Anonymous said...
on 

apakah aplikasi dengan format exe bias Di instal android?

Unknown said...
on 

Kenapa aplikasi yang ada di sd card masih dihitung di memory internal?

Tina Nia Agustin said...
on 

gimana sih cara mempercepat buffering, di android tab mito t500 ? soal bufferingnya lama bgt. bantuin ya plissss !!

risnabiebs said...
on 

@risnaasikkblog :
tentu sja agak sulit krn ponselnya hnya support gprs, paling tidak ponsel tersebut yg sdh support 3G/HSPDA

Anonymous said...
on 

gimana caranya mematikan nada notifikasi saat blototh dinyalakan?padahal di notifikasi kosong tdk ada nada dering

Anonymous said...
on 

Maksudnya muncul peringatan, "kesalahan saat mengambil informasi dari server [rpc:5-5:aec-01] apa ya mas? Butuh pencerahan. Thx

Anonymous said...
on 

Saya pakai samsung galaxy 1,tiba2 simcard saya tidak bisa terbaca,sdh sy cb ganti dgn no lain dan saya restore semua tp tetep aj g bisa,ad yg tau ga?

Unknown said...
on 

Samsung galaxy saya tiba2 tidak bisa membaca simcard saya pdhl sudah sy cb utk gnt sim lain n restore tetap jg g bisa,ad yang bisa bantu?

Unknown said...
on 

trim's infox.semoga bisa membantu juga bagi yang lainnya

Obat Mata Minus Silinder Plus Katarak said...
on 

Hp gw sony xperia miro..knp ya permainan dri glu mobile..eror mulu/ngehang?

Unknown said...
on 

mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

Obat Keputihan Herbal said...
on 

gmana cra.a instal ulang stock rom di vandroid t1a,
Apa pake stock rom HH lain bisa?

Unknown said...
on 

Knp.ko.galaxy s.advance saya setelah d upgrade jelly bean jaringan.datanya ga ada

Unknown said...
on 

Saya pake note 2 tiba2 camera 360 saya ga bisa di pake hang gitu udah di instal ulang sama reboot typ ga bisa, apa ya solusinya?

Unknown said...
on 

backup ponsel anda, lalu lakukan factory reset :
Pada layar, slide ke kiri. Pilih Settings > about. Pilih reset your phone, and then pilih yes.

Anonymous said...
on 

Tablet samsung android 7" bisa buat ntn film yg di internet ga?kayak yg di laptop gitu???

Anonymous said...
on 

Setiap saya mw download d play store sllu z gagal........ gmna solusi y ????

Unknown said...
on 

Knappa aplikasi hasil download dri market ngga bisa dipindah ke memory card...

Anonymous said...
on 

saya mau tanya kalau untuk mengetahui directory penyimpanan hasil download (sd card/phone) gimana? Soalnya akhir2 ini setiap saya download dr google play katanya memori tdk cukup padahal pas saya cek di memory usagenya masih memadai. Please jawabannya bagi yg tahu. Tq.

Anonymous said...
on 

gan galmin ane gt s5570 jika tampilan dan tema dirubah dg rom tool box di factory reset apakah bisa kembali semula

Anonymous said...
on 

Kenpa di android saya email baru selalu tidak masuk apabila tdk saya refresh dulu? Pdhl notification emailny sudh d aktifkn. Mohon jwbannya. Makasih

Anonymous said...
on 

Mengapa kamera 360 tikak dpt digunakan di android saya padahal memori sd card sy aktif?

Anonymous said...
on 

Sesudah donlod dan instal Mengapa camera 360 saat klik muncul "need sd card" padahal kartu memori saya sdh terpasang dan dah diaktifkan,mohon penjelasannya makasi..

Anonymous said...
on 

Gan, ane ℳāů tanya lbh bagus mana speknya antara oppo find mirror dan lenovo k900. Soalnya ane ℳāů beli tp bingung bgt. Tolong kasih jwban scptnya gan

Unknown said...
on 

sya mau tnya...
hp sya samsung galaxy fame... trkena virus..sudah sya scan hsil.nya sdh brsih..nmun saat sya buka aplikasi edit fto..ada pringtan bhwa hp sy trkena virus...bgmna solusi.nya agar virus.nya bsa benar" hilang..
pdhal sdah sya scan brkali kali dg aplikasi anti virus yg brbeda"...
trmksih atas jwbn.ny

ratna_imoet said...
on 

Slamat siang gan.
Sya mau tanya neh gan seputar android sya. Punya saya mito t720, ketika sya masukan sim, terdeteksi tp gak ada layanan seperti cek pulsa dan browsing serta telpon. Tlong petunjuk agan2.. terima kasih

Rian said...
on 

Hapus proxynya gan

Anonymous said...
on 

Cara memasang kembali kartu SD yang dicabut dari pengaturan USB

PHYSIOMED said...
on 

Cara mengatur pengaturan kartu SD

PHYSIOMED said...
on 

selamat pagi pak,saya mau tanya ... pernah install apk (App2sd) via akun di google play tapi terhenti karena suatu error (lupa partisi SD-nya).setelah semua sy bereskan (reset factory hp dan partisi SD dgn benar) coba install lagi App2sd,ternyata di akun saya aplikasi tsb sudah berstatus terinstall walau aplikasi tsb tdk ada wujudnya di tablet saya,bagaimana solusi atas permasalahan tsb ya pak ? terima kasih banyak.OKTAV.

oktav said...
on 

Gan mau nanya, gimana caranya supaya memori kita terpakai semua, memori aneh kan ada 8gb tapi cuma bisa dipake 4gb...mohon pencerahan nya gan...

Kevin Ginanjar said...
on 

Saya,ingin menanyakan tentang permasalahan pada Advan t3i saya,Sya pada waktu itu sedang mencopot sd card saya,Tapi setelah sayabmasukkan lagi sd cardnya tiba2 file manager saya eror,Tidak ada tampilan sd card,atau phone card,......Sejak itu Galeri,musik dan yang berhubungan dengan Itu tidak ada,Saya sudah coba instal ulang Tetapi Tidak Membuahkan hasil
~Mohon solusinya

Unknown said...
on 

Saya,ingin menanyakan tentang permasalahan pada Advan t3i saya,Sya pada waktu itu sedang mencopot sd card saya,Tapi setelah sayabmasukkan lagi sd cardnya tiba2 file manager saya eror,Tidak ada tampilan sd card,atau phone card,......Sejak itu Galeri,musik dan yang berhubungan dengan Itu tidak ada,Saya sudah coba instal ulang Tetapi Tidak Membuahkan hasil
~Mohon pihak advan memberikan solusi

Unknown said...
on 

Sama aje gan
D simpan d eks juga mesti d instal dan tetep mkn internal,ram keok

Unknown said...
on 

Gan says kok gal visa keluar Dari cwm ya ?APA mesti flashing ya?

balivillas said...
on 

Selamat malam gan
Hp saya Oppo find mirror...dan menggunakan memory internal sebesar 16GB.
Tetapi saya baru sedikit nge download app di Play Store, eh gak tau nya ruangan penyimpanan di hp saya tidak mencukupi...padahala saya hanya nge download sedikit app
Yang saya tanyakan, mengapa demikian..??
Terus pengaturan memory internal nya seperti apa.
Soal setiap aplikasi saya melakukan pembaruan, pasti tidak mencukupi ruang penyimpanan...
Mohon bantuannya...Terima kasih

Unknown said...
on 

Misi gan mau nanya nich, kenapa lampu tombol home tab 3 saya gak nyala dri pertama pake padahal beli baru nkn second

E 'ed said...
on 

Cara mengembalikan foto yang telah terhapus gimana ya tanpa harus di root?

Anonymous said...
on 

Min gimana cara ngilangin simbol pesa msuk tp saat di buka pesan tdk ada. Itu gimna cra ngilanginnya, sy terganggu lihatnya(psannya tidak penuh). Trims+mhon cpt dibalas

Unknown said...
on 

Samsung note 2 saya pakai lockscreen yang pattern. Lalu saya lupa pattern nya dan menggunakan backup PIN. Lalu saya mau mengganti lock screen pattern nya tetapi tidak bisa lagi. Hanya bisa menggunakan PIN jadinya. Bagaimana ya solusi nya? Helpppo

Anonymous said...
on 

Numpang nanya ya, ini speaker hp saya (Samsung Grand) kok tiba" suaranya pindah ke speaker depan kenapa ya? Ada yg bisa bantu? Thanks

Anonymous said...
on 

Saya mohon bantuanya siapa saja yg tahu jawab ya. Waktu saya mau selfie sama teman2 pake camera 360 ada peringatan sd cardnya penuh. Setelah saya hapus beberapa file, tdk ada lagi peringatan seperti itu. Dan setelah beberapa kali berfoto saya save setiap foto yg sdh diambil, lancar2 saja tidak ada peringatan apa2. Tetapi ketika saya cek hasilnya tidak ada satupun digaleri. Ini kenapa ya android saya? Apa saya masih bisa menemukan foto tersebut? Saya mohin sekai jawab ya siapapun yg tahu. Foto2 nya bagus bagus, pas ngesave pun tdk ada masalah.

Syua Rahma said...
on 

Gan mau nanya ,,,,,kalau di hp android,misalnya saya buka BBM,truss tiba2 muncul BBM telah terhenti,itu maksud apa yahhhh

Unknown said...
on 

Mau coba bantu... silakan di restart ulang androidnya.. klo masih tidak bisa juga..coba install ulang bbmnya

Anonymous said...
on 

mau nanya nih..aku pemakai oppo find 7..setiap download foto pasti gak tersimpan di storage hp maupun storage sd card..solusi gimana??

Unknown said...
on 

Gan saya mau tanya nih . Nih kartu Memori SD saya hampir penuh terus saya mau cabut kartu Sd saya . Apakah Game yg saya download ini akan hangus / hilang dan apakah akan terpindah kekartu Memori Card saya #Terimakasih

Mirza Al-Parisi said...
on 

ane mao nanya nih gan saya ngeroot hp saya tetapi saya terlalu banyak menghapus aplikasi pabriknya setelah saya restart ternyata.pas saya hidupkan hp tersebut hp kedap kedip layar lcdnya ga bisa ngapa ngapain gan tolong bantuannya

Muspiq Amirulloh said...
on 

Gan .ane mau nanya seputar bluetooth .hp temen saya ngirim file apk ke hp saya dan muncul kata tidak terkirim (konten tidak di dukung ) gimana gan supaya hp saya bisa menerima file apk (hp ana zenfone c)

Anonymous said...
on 

oppo joy plus r1001 saya tidak bisa di root. pakai root genius cuma sampai 81%

Unknown said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.