BlackBerry Davis a.k.a Curve 9220


Ads:

BlackBerry Davis a.k.a Curve 9220Seolah menjaga momentum BlackBerry OS 7.1, BlackBerry meluncurkan produk anyar untuk kelas pemula di jajaran smartphonenya. Di generasi terbarunya smartphone BlackBerry sebenarnya sudah memiliki beberapa varian Curve (seri smartphone BlackBerry yang dikenal murah) diantaranya Apollo (9360), Orlando (9380) dan Sedona (9350), sayangnya harga yang ditawarkan untuk varian tersebut masih belum cukup terjangkau untuk kelas pemula. Membaca hal tersebut, RIM menggelontorkan Davis, BlackBerry penerus Gemini tanpa dukungan 3G.

Dari tampilannya, sekilas Davis sangat mirip dengan Gemini (8520) seri Curve terdahulu yang juga tidak berjalan pada jalur data 3G. Tapi jika diperhatikan, tentu saja ada beberapa poin perbedaan dari segi desain. Di bagian depan, terlihat perbedaan pada tombol-tombol yang mendampingi trackpad tepat di atas papan ketik. Empat tombol ini (call, menu, back dan end) tampak berdiri sendiri persis yang dimiliki Bellagio (9790), tidak menyatu dengan bagian layar layaknya pada Gemini.


Tiga tombol kontrol multimedia khas Gemini di sisi atas ponsel digantikan oleh tombol tunggal untuk mengunci dan membuka layar. Posisi port audio 3.5mm yang semula diletakkan di sisi kiri Gemini kini berada di sisi atas pada Davis. Yang dianggap istimewa adalah kehadiran tombol shortcut BBM di sisi kiri ponsel. Tapi sebenarnya tombol ini tidak berbeda dengan convenience key kiri yang juga sudah ada pada Gemini.

Untuk mengganti fungsi convenience key yang semula untuk menuju BBM (kiri) dan Camera (kanan), anda dapat menuju Option> Device> Convenience Keys. Ubah pilihan sesuai kebutuhan, tekan tombol back, pilih Save. Convenience key dapat anda gunakan sebagai jalan pintas menuju fitur favorit yang paling sering digunakan.

Di bagian dapur pacu, Davis memiliki spesifikasi memori yang seimbang dengan seri Curve OS lainnya Apollo dan Orlando. Hal ini juga membuat ketiganya memiliki performa yang sama baiknya.

Untuk suplai daya, Davis punya keunggulan dibanding para saudaranya. Smartphone ini bahkan dibekali baterai yang mempunyai daya lebih tinggi dibanding milik Dakota dan Monza. Dengan layar yang lebih sempit dan spesifikasi lebih rendah tentu saja baterai Davis bisa memberikan 'nyawa' dalam durasi yang lebih lama dibanding keduanya.

Kamera
Davis memiliki kamera dengan spesifikasi terendah yang ada pada smartphone BlackBerry OS 7. Jika yang lain dibekali kamera dengan resolusi 5 MP, pengguna Davis harus puas dengan 2MP. Setidaknya masih cukup untuk narsis lewat jejaring sosial ala anak muda. Sejumlah fitur pada kamera juga diminimalisir, pilihan scene modes misalnya, pada Davis pengaturan ini hanya tersisa 2 pilihan sementara pada Bellagio tersedia 11 pilihan.


Video kamera Davis juga punya kelemahan dibanding BlackBerry anyar lainnya. Davis hanya mampu mengabadikan video dalam definisi standar.

Tak ada kemajuan berarti di sektor display jika dibandingkan dengan layar yang dimiliki Gemini. Dari data spesifikasi yang Kami dapatkan memang ada perbedaan ukuran layar, namun selisih 0.02 inci tentu saja tidak dapat disadari secara Iangsung tanpa melakukan pengukuran. Seperti halnya pada Apollo, layar Davis hanya berfungsi sebagai display dan tidak sebagai panel sentuh seperti kebanyakan BlackBerry generasi OS 7 lainnya.

Muncul belakangan, membuat Davis dibekali BlackBerry OS dengan versi 7.1 secara default. Tidak seperti BlackBerry generasi baru lain yang mengharuskan pengguna melakukan update OS untuk merasakan update anyar ini.
Meski begitu secara umum tampilan OS 7.1 pada Davis tidak berbeda dengan BlackBerry OS 7 pada generasi terbaru lainnya. Terdapat 5 buah panel berdampingan pada homescreen All, Favorites, Media, Downloads dan Frequent. Ikon pada panel-panel tersebut berjejer 6 ke samping, seperti Apollo, Dakota dan Bellagio.

Sayangnya sejumlah fitur yang justru menjadi kekuatan BlackBerry OS 7.1 justru tidak ditemukan pada Davis, seperti Mobile Hotspot, WiFi CaWing dan BlackBerry Tag.

Browser bawaan BlackBerry OS 7 yang konon lebih cepat hingga 40% dari pendahulunya pun bisa anda dapatkan dari daftar menu Davis. Sayang, seperti halnya kamera ada sejumlah fitur yang dihilangkan pada sektor ini diantaranya dukungan terhadap HTML 5.

Tak hanya itu, Davis yang hanya bisa berjalan di jalur data 2G juga membuat pengalaman browsing menjadi kurang asyik. Beruntung ada pilihan konektifitas lain untuk terhubung ke internet yaitu WiFi.

BlackBerry identik dengan fitur perpesanan BlackBerry Messenger. Pada Davis, RIM menyertakan BlackBerry Messenger (BBM) versi teranyar dengan fitur BBM Connect. Fitur ini memungkinkan anda untuk menjalankan aplikasi yang memiliki fitur BBM Connected dan menghubungkannya dengan aplikasi BBM.

Aplikasi jejaring sosial populer seperti Facebook dan Twitter pun sudah terinstall pada Davis saat anda pertama kali menggunakannya. Begitu pula dengan layanan chatting atau instant messaging seperti Yahoo Messenger dan Google Talk.

Berbagai aplikasi sosial ini pun bisa diintegrasikan pada aplikasi social feeds sehingga memudahkan anda untuk memantau berbagai akun sosial yang dimiliki atau meng-update status pada waktu bersamaan.

Bagian ini tentu menjadi hal penting bagi para calon pengguna yang disasar RIM untuk Davis, yaitu anak muda. Untuk itu Davis secara default dibekali pemutar video dan musik yang mendukung berbagai format populer.

BlackBerry Davis a.k.a Curve 9220Jika koleksi lagu yang tersimpan di dalam Davis dirasa sudah membosankan atau tidak cukup menghibur, pengguna bisa mendengarkan playlist yang diputar oleh penyiar kesayangan di stasiun radio favoritnya lewat fitur radio FM.

KESIMPULAN
Jika dibandingkan dengan para saudaranya dari jajaran BlackBerry dengan OS 7, Davis tentu saja punya banyak kekurangan. Wajar saja mengingat Davis memang dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah bahkan untuk sesama seri Curve (Apollo dan Orlando). Bahkan harga awal. Davis adalah yang termurah dibanding harga awal seluruh tipe BlackBerry lain.
Di luar itu Davis punya sejumlah nilai positif, diantaranya fitur hiburan radio FM yang belakangan sering terlupakan dan baterai yang berdaya besar dan siap memberikan waktu aktif lebih lama dibandingkan seri lain yang bahkan lebih mahal.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

3 comments to “BlackBerry Davis a.k.a Curve 9220”

yang penting Davis masih oke daripada Gemini

Aditya Pratama said...
on 

Lemoddd amat

BLOG SDN SELAJAMBE 01 SUKALUYU said...
on 

Klo sama onyx 2 bagus mana? mau beli bb tp bingung pilih antara dua itu hehe

azam rasyid said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.