Tablet Google Nexus 7


Ads:


Di bawah bendera Asus, Google rupanya telah siap menaklukkan kedigdayaan iPad dengan meluncurkan Nexus 7 yang dibanderol murah. Meski dilepas dengan harga ringan, tablet Google menyuguhkan hardware berkualitas kelas berat. Berbekal prosesor quadcore 1,3GHz Nvidia Tegra 3, datang dalam suntikan varian Android teranyar, Jelly Bean. Lalu keunggulan apa saja yang disiapkan oleh Google yang pantas untuk Anda tunggu? Simak saja ulasan berikut.

Sebagai tablet ikonik Goggle, wajar bila mengusung varian Android teranyar Jelly Bean. Berbeda dengan tablet berlayar HD yang umumnya mengusung resolusi 720 x 1280 piksel, Nexus 7 tampil beda dengan resolusi 800 x 1280 piksel yang memiliki kerapatan 216 piksel per inch. Layar berdiagonal 7 inci miliknya juga diperkuat dengan corning glass. Sayang sekali tidak ada informasi apakah layar corning glass yang digunakan adalah Gorilla Glass baik generasi pertama atau kedua. Sementara dari sisi interface, masih mengusung tampilan standar yang terdiri dari 5 homescreen. Beberapa fitur khas seperti voice search dan Google Now juga turut dihadirkan.
     
      

Untuk sebuah tablet yang dibanderol dengan harga murah, Google dan Asus nampaknya cukup perhatian dengan mengusung desain yang cantik baik dari sisi depan atau belakang. Sisi depan terdiri dari layar yang dikelilingi oleh frame warna hitam serta bezel silver yang menonjolkan kesan solid. Sementara untuk sisi belakang, Nexus menggunakan bahan plastik yang menghadirkan sensasi genggaman layaknya bahan kulit sintetis. Jika Anda meletakkan dalam posisi vertikal, maka di sisi kanan bodi Anda akan menemui tombol power yang berdampingan dengan tombol volume. Sedangkan port micro USB dan audio berjejer rapi di bagian bawah bodi. Untuk memastikan sarana hiburan yang mumpuni, Asus juga menyematkan speaker yang diletakkan di bagian belakang tepatnya di sisi bagian bawah.

Tak hanya desain cantik yang diusung, Asus juga memperhatikan aspek hardware yang bertanggung jawab menghadirkan kinerja yang memuaskan bagi pengguna. Dalam bodi Nexus 7, Asus menanamkan prosesor Nvidia Tegra 3 quadcore yang sanggup melaju dengan kecepatan maksimal 1,3GHz dalam mode single core atau 1,15GHz dalam mode quadcore. Untuk membantunya dalam menjalankan aplikasi, RAM sebesar 1GB juga turut digunakan oleh Nexus 7.

Sedangkan untuk menunjang kinerja grafis, Asus memilih GPU ULPGeForce sebagai senjata utamanya. Dengan baterai sekitar 4000mAh, Nexus memang tidak menawarkan ketahanan baterai yang lama. Sementara bekal ruang penyimpanan yang mencapai 32GB, sangat pas untuk Anda yang gemar menonton video di tablet. Dengan kapasitas yang cukup besar, Asus cukup percaya diri untuk tidak menyematkan slot microSD pada Nexus 7.

Fitur Baru OS Jelly Bean
Google Now
Sebagai fitur andalan Jelly Bean, Google Now menyajikan ragam informasi secara real time yang dapat Anda atur terlebih dulu dengan memasukkan kartu-kartu informasi yang sesuai.

Google Assistant
Menggunakan basis perintah suara, pengguna Nexus 7 kini dapat mengirimkan sms, email dan melakukan panggilan telepon.

Smart Widget
Pengguna Nexus 7 kini juga dapat menghiasi homescreen miliknya dengan cara yang lebih kreatif. Banyaknya widget beraneka ukuran dan bentuk tentu memerlukan penyiasatan tersendiri agar tidak sating tumpang tindih. Beruntung pada Jelly Bean, teknotogi smart widget yang dimiliki memungkinkan widget untuk bergeser secara otomatis sehigga dapat menghindari saling tumpang tindih.

Say it Offline
Teknotogi voice typing atau mengetik dengan menggunakan perintah suara memang telah ada sebelum Jelly bean tahir, namun demikian pada Jelly Bean pengguna kini dapat mengetik menggunakan perintah suara meski tanpa koneksi internet

Dengan bekal ruang simpan 32GB yang dimilikinya, Anda sebenarnya dapat dengan leluasa menyimpan koleksi video dan audio Anda tanpa harus bergantung pada penambahan kartu memori micro SD. Dengan menggunakan Google Play Music, Anda dapat mendengarkan lagu dalam beragam format populer. Kenyamanan Anda mendengarkan musik juga mendapatkan perhatian dari Asus dengan disematkannya setting equalizer.

Sementara untuk memutar video, meski tidak dibekali oleh video player khusus, Nexus 7 sanggup memutar berbagai format video yang poputer digunakan. Untuk memutar video, Anda cukup masuk ke galeri dan memilih video yang ingin dimainkan. Tentu saja dengan interface yang sangat sederhana, video player Nexus 7 belum sanggup menampilkan subtitle.

Dengan bekal prosesor quadcore, wajar ketika diuji dengan Antutu Benchmark Nexus 7 sanggup mengumpulkan poin sebesar 10763 yang membuatnya unggul di atas Asus Transformer Prime. Sedangkan hasil pengetesan Quadrant malah menunjukkan hasil sebaliknya dimana Nexus 7 harus mengaku kalah dari Transformer Prime.
Beralih ke pengujian dengan Nenamark, Nexus 7 sanggup meraih kecepatan pengotahan grafis 60fps dengan Nenamark1. Sementara untuk Nenamark2, Nexus 7 berhasit meraih kecepatan 55,7fps yang menempatkannya pada posisi teratas.

Kesimpulan
Mengusung prosesor quadcore serta varian Android Jelly Bean, Nexus 7 hadir siap menantang tablet seterunya iPad Mini dan tidak menutup kemungkinan dari tablet yang mengusung OS serupa seperti Kindle Fire. Sayang sekali ketergantungan tablet ini terhadap koneksi Wi-Fi serta absennya kamera yang mumpuni mungkin bisa menjadi ganjalan bagi Nexus 7 untuk meraih sukses di pasar domestik.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Tablet Google Nexus 7”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.