Nokia N91


Ads:

Desain
Ukuran ponsel ini hampir mendekati ukuran iPOD dari Apple. Memiliki panjang 10,4 cm, lebar 6cm, dan tebal 1cm, maka N91 memiliki panjang 11,3 cm, lebar 5,5 dan tebal 2 cm. N91 menyematkan layar beresolusi 176 x 208 pixel yang memuat 262.244 warna. Jika dibandingkan dengan Nokia 3250 misalnya, layar N91 masih sedikit di bawah 3250.

Di sisi disain, N91 dipersiapkan sebagai sebuah multimedia player. Port audio 3,5 mm dan juga slot mini USB menjadi salah satu bukti.

Menariknya, dalam kondisi ‘nganggur’, ponsel ini bak tanpa keypad. Hanya sedikit tombol yang didedikasikan untuk kepentingan player musik, layaknya iPOD atau player multimedia lain. Namun dibalik itu semua, tersimpan deretan keypad yang kecil, ramping, nyaman digunakan.

Menu dan Software
Nokia N91 disokong sistem operasi Symbian v9.1, series 60 UI generasi ketiga. Pemilihan ini akan mempengaruhi semua tampilan menu dan karakter software yang dibawanya.

Layaknya Symbian v9 lain, saat standby, shortcut menu ditampilkan di layar utama. Tidak lagi menggunakan tombol arah. Sementara tombol menu diletakkan lebih jauh dari jangkauan ibu jari. Terutama saat jemari kita dalam posisi normal untuk browsing menu. Dalam kondisi belum diutak-atik, Anda bisa menemukan software tambahan seperti Lifeblog Nokia, Setting Wizard dan Tutorial. Untuk teknologi Java, N91 diperkuat midp 2.0 dan sudah mendukung tampilan 3D.

Kamera
Dilengkapi dengan kamera 2 megapiksel yang mampu menghasilkan foto berukuran maksimal 1600 x 1200 piksel, ponsel ini bukan sekedar saingan iPOD. Ponsel bertema multimedia lain yang juga memiliki kamera 2 megapixel belum ada yang memiliki memori sebesar N91.

Hanya saja, kamera N91 bisa dibilang ‘biasa’. Selain resolusinya yang mencapai 2 megapixel, tidak ada fitur lain lagi yang bisa diandalkan. Terbukti, N91 tidak memiliki fitur auto fokus. Tidak seperti saudaranya (N90), Nokia N91 tak banyak menyediakan efek kamera. Tidak sekaya kamera 2 megapiksel milik ponsel-ponsel Sony Ericsson.

Hasil potret di lokasi yang cukup cahaya akan terlihat tajam dan jelas, tapi tidak sebaliknya. Dalam cahaya minim, hasil foto terlihat sedikit kabur (blurry). Mungkin ini disebabkan lensa yang kurang responsive terhadap perubahan intensitas cahaya. Meskipun ada pengaturan white balance, belum bisa menanggulangi kondisi ini.

Selain digunakan untuk mengambil gambar berformat JPEG, kamera N91 juga mampu merekam video. Formatnya bervariasi. Untuk ukuran video hingga 176 x 144 piksel, video akan terekam dalam format 3gp. Sedangkan untuk pengambilan berdurasi maksimum dengan resolusi 352 x 288 piksel, file video akan direkam ke dalam bentuk MP4.

Pemutar Musik
N91 memang bukan iPOD. Tapi kemampuan memutar beragam format musik dan video MP4, membuatnya mampu melakukan semua pekerjaan iPOD. Tengok saja beberapa tombol tambahan yang dibuat untuk memudahkan para penikmat musik. Saat flip tertutup, akan terlihat tombol play/pause, forward/ next, rewind/ previous, stop dan sebuah tombol misterius yang berfungsi sebagai shortcut menuju menu musik player.

Untuk menikmatinya, tersedia sebuah speaker. Sayang, suaranya kurang memuaskan. Jika ingin menggelegar, Anda bisa memilih diantara 2 pilihan: menggunakan speaker aktif stereo atau menggunakan headset yang sudah disediakan di paket penjualan. Asyiknya, headset yang didapat bermerek Sennheizer PX100, salah satu merek headset teratas saat ini. Dijamin, suara yang dihasilkannya bakal manggetarkan gendang telinga Anda.

Di dalam paket penjualan, juga akan memperoleh beberapa jenis kabel konektor. Baik untuk menghubungkan headset hingga bisa berfungsi sebagai handsfree, maupun untuk menghubungkan langsung ke speaker aktif. Player musik N91 memiliki tampilan layaknya player musik digital lain. File-file yang didukung akan diletakkan secara teratur berdasarkan nama artis, judul lagu maupun judul album.

Format-format yang bisa dimainkannya antara lain: MP4, AAC, AAC+, eAAC+, Real, WAV, WMA, A4A, AMR-WB, True Tones, dan AMR-NB. Cukup luas dan variatif. Dengan dukungan PC suite terbaru versi 6.80.20, Anda dimungkinkan untuk merubah format audio bila dirasa terlalu besar kapasitas ponsel.

Saat lagu dimainkan, kita bisa melihat Album Artwork di bagian kiri atas. Apabila file yang dimainkan tidak memiliki Artwork, maka hanya akan tampil sebuah ikon di tempat yang sama.

Karena N91 sudah mendukung multitasking, maka bisa melakukan aktivitas lain sambil menikmati lagu. Ber-SMS ataupun memainkan game sederhana tidak perlu mematikan player musik. Saat telepon masuk, secara otomatis musik berhenti dan akan dilanjutkan saat pembicaraan diakhiri.

Dibantu oleh profile mode Offline, anda masih bisa menikmati musik player meski dalam penerbangan atau kondisi yang mengharuskan ponsel dimatikan.

Konektivitas
Cukup melegakan ketika mengetahui N91 dilengkapi Bluetooth dan port kabel mini USB. Koneksinya stabil. Khusus untuk koneksi ke PC dengan kabel, antarmuka pengguna (user interface) ponsel akan memberikan pilihan kepada Anda jenis koneksi yang akan dilakukan. Ada pilihan sebagai Media player, PCsuite atau hanya sebagai media penyimpanan (mass storage/ sebagai disket).

Bila Media player yang dipilih, sistem PC akan membacanya sebagai perangkat pemutar musik digital yang akan disingkronasikan dengan pemutar musik PC, guna keperluan pengiriman file musik. Ponsel akan merubah profile secara otomatis ke dalam mode Offline.

Pilihan PC suite digunakan bila Anda bermaksud mensinkronisasikan ponsel dengan PC. Sedangkan mass storage dipilih apabila bermaksud menjelajahi isi microdrive.

Internet
Dukungan WCDMA yang memungkinkan transfer data hingga 384 kbps akan membuat browsing internet semakin asik. Selain itu, koneksi WLAN bisa digunakan. Dengan browsing tanpa menyedot pulsa telepon. Penggunaannya pun sangat mudah, Anda tinggal mencari koneksi yang ada, pilih, masukkan password (account), dan Anda pun bisa terhubung ke internet.

Saat dicoba, kualitas WLAN memang masih sedikit ada gangguan. Dibandingkan dengan perangkat support WLAN lain, N91 masih kurang stabil. Beberapa kali terjadi putus hubungan dan beberapa situs tidak bisa tertampil dengan sempurna. Sebagai catatan, fasilitas WLAN ini hanya terdapat di N91 versi WCDMA.

Baterai
Dengan baterai standar 900 mAh, ponsel ini bisa bertahan cukup lama. Namun tetap tergantung pada pola pemakaian. Jika lebih banyak digunakan untuk memutar musik, baterainya mampu bertahan hingga 10 jam, sekali charging. Namun jika hanya digunakan untuk menelepon, tentu saja hasilnya akan berbeda.

kEsiMpuLan
Mahal! Begitu mengetahui N91dibanderol Rp. 7,8 jutaan. Meskipun sudah dilengkapi kamera 2 megapiksel, oS Symbian, pemutar musik handal dan microdrive hingga 4 GB, aksesoris berkualitas terbaik, tetap saja masih terlalu mahal untuk ukuran masyarakat Indonesia.

Namun terlepas dari soal harga, fitur multimedia N91 memang pantas diacungi jempol. Dengan headset Sennheizer di telinga, Anda akan dibuatnya berdecak kagum. Belum lagi dengan keleluasaan mendukung berbagai format file multimedia. Kemampuan konektivitas yang tinggi dan kamera yang cukup mumpuni di luar ruang juga bisa diandalkan.

Nokia N91 picture gallery



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Nokia N91”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.