Membandingkan UIQ 3.x dengan 2.x [2]


Ads:

Kalender
Sebagai sebuah solusi platform operasi yang menonjolkan konsep organizer, sudah sepantasnya UIQ 3.x mendapatkan upgrade signifikan pada fungsi kalendernya. Pada UIQ 2.x, tampilan default dari fungsi kalender adalah tampilan kejadian per waktu dalam satu hari dan dapat mengganti tampilan tersebut menjadi per minggu maupun per bulan.

Pada UIQ 3.x, tampilan default bukan lagi per hari, melainkan per bulan, dengan pilihan untuk melihat kalender secara mingguan. Hal ini disebabkan tampilan kalender telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga kejadian yang dicatat muncul pada bagian bawah tanggalan kalender.

Dengan konsep tampilan ini, dapat lebih leluasa mengatur jadwal karena waktu muncul lebih jelas, dan tidak perlu lagi masuk ke dalam tampilan harian untuk mencocokkan jadwal. Dengan konsep tampilan ini juga, dapat melihat sekilas jadwal kesibukan secara cepat. Itu dapat terlihat pada sebuah grafik. Semakin tingginya garis kecil pada grafik menandakan semakin banyak event yang dimasukkan pada hari bersangkutan.

Berdasarkan data entry-nya, fungsi kalender secara garis besar tidak berubah. Setiap data yang dimasukkan dapat diberikan sebuah catatan kecil untuk informasi lebih lanjut. Catatan kecil ini memiliki fungsi yang sama pada kedua versi UIQ. Bedanya, catatan kecil ini tampil lebih jelas pada fungsi kalender UIQ 3.x dibandingkan pada versi sebelumnya.

Salah satu feature penting yang kini tersedia pada fungsi kalender UIQ 3.x adalah kemampuannya untuk melakukan fungsi back-up secara manual ke dalam memori eksternal. Sebelumnya, hal tersebut hanya dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Contacts
Sedikit perubahan pada seri 3.x dibandingkan dengan 2.x dalam hal contacts atau buku telpon. Data contacts yang muncul pada seri 3.x menampilkan nomor yang dapat dipilih untuk langsung dipanggil. Hal tersebut memudahkan penggunanya untuk langsung melakukan panggilan tanpa harus masuk ke dalam detail contact terlebih dahulu, apabila terdapat beberapa nomor dalam satu entry.

Namun jika masuk ke dalam menu contact, akan disuguhi dengan tampilan menu yang memiliki informasi lebih dibandingkan dengan seri 2.x. Pada seri 2.x, hanya akan ditawarkan untuk mengubah informasi contact pada satu layar saja. Pada seri 3.x, nomor yang dapat dihubungi dan alamat e-mail dimasukkan ke dalam satu kategori, sementara informasi umum mengenai orang tersebut ditaruh pada menu
terpisah.

Pemisahan ini membuat menjadi lebih mudah untuk menyortir informasi contact, terlebih lagi, tanggal ulang tahun contact juga dapat secara manual diletakkan pada layar informasi ini dan langsung terhubung dengan fungsi kalender.

Hiburan
Sebagai sebuah platform multifungsi, UIQ 3.x juga dibekali dengan kemampuan untuk menjalankan fungsi hiburan dengan sangat baik. Perubahan yang cukup besar terjadi pada fungsi pemain musik atau music player pada UIQ 3.x. Pada UIQ 2.x, music player hanyalah sebuah aplikasi sederhana yang menampilkan nama artis, album dan menawarkan fungsi untuk menciptakan playlist saja.

Memang hal serupa juga masih tersedia pada UIQ 3.x, tetapi pembenahan tampilan dan penggunaan jog-dial yang lebih tepat guna memberikan pengalaman baru dalam menggunakan music player pada UIQ 3.x. Dengan tampilan music player yang lebih disederhanakan, M600i yang digunakan sebagai contoh device UIQ 3.x berfungsi layaknya sebuah media player yang sangat baik.

Jog-dial berfungsi sempurna untuk membesarkan dan mengecilkan suara. Namun tidak hanya mengatur volume saja, jog-dial juga dapat dijadikan sebagai mekanisme untuk memilih lagu dan mengatur menu yang berhubungan dengan music player.

Next... Bagian Ketiga



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Membandingkan UIQ 3.x dengan 2.x [2]”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.