Nokia 6120 Classic


Ads:

Disain
Kesan klasik sesungguhnya didapat dari bentukan utama ponsel yang berupa batangan alias candybar. Dengan demikian pusat perhatian akan terarah langsung pada layar utama dan deretan keypad yang menyertainya. Klasik bukan berarti kuno. Hal ini bisa dilihat melalui layar utama ponsel ini. Dengan kedalaman warna 16 juta warna dan resolusi standar S60 3rd edition, 240 x 320 pixel dalam diagonal 2 inch, maka tampilan di layar tampak jelas, padat dan cerah.

Besarnya dimensi layar berimbas pada berkurangnya porsi untuk tombol alphanumeric. Jadilah sebuah susunan keypad yang saling bersinggungan dan kecil. Meski tombol dibuat dari bahan plastik yang licin, tombol masih nyaman digunakan. Nokia berhasil mengurangi efek tak nyaman dengan memberikan tombol yang dalam saat ditekan. Membuatnya terasa empuk.

Ada dua tombol tambahan di bagian sisi samping, yaitu tombol shutter kamera dan volume. Tidak seperti ponsel kantoran Nokia S60 lain, di sini tidak lagi menemukan tombol edit (pensil). Material menggunakan plastik keras yang dibuat mengkilap akan memunculkan kesan elegan hingga ponsel klasik ini tidak terlihat murahan.

Antar Muka
Nokia 6120 classic menggunakan OS Symbian S60 v9.0 3rd edition. Antar muka yang diusung tidak jauh dari ponsel-ponsel 3rd edition lain. Dimana di halaman awal kita akan mendapatkan deretan menu shortcut yang menyerupai menu today pada PDA.

Sistem yang bekerja pada ponsel mampu berakselerasi dengan baik meski clockspeed processor sekelas ARM 11 yang digunakan hanya berkisar 369 hingga 376 MHz. Terbukti tidak ada hambatan saat membuka berbagai aplikasi dalam satu waktu yang sama.

Fitur Unggulan
Jaringan 3.5 G dan 3G
6120 classic mendukung semua teknologi jaringan yang ada. Mulai dari quadband GSM yang memungkinkan menggunakannya hampir di setiap belahan dunia berbeda, 3G, hingga HSDPA 3,5 G. Semua fitur yang berhubungan dengan teknologi jaringan bisa dilakukan dengan baik. Semisal Video calling, video streaming, serta akses internet berkecepatan tinggi.

Dengan dukungan setting wizard Nokia, bahkan tidak akan mengalami kesulitan dalam melakukan setingan meski harus gonta-ganti nomor dan operator.

Quick Office dan Adobe PDF
6120 classic diperkuat oleh software bawaan yang bermanfaat untuk kepentingan office dan Adobe PDF yang bisa dimanfaatkan untuk membuka dan mengedit file words, excel bahkan PDF. Dengan menu sinkronisasi dan segala bentuk sarana koneksi yang ada padanya, bisa melakukan presentasi dengan menggunakan ponsel ini.

Kamera
6120 classic dilengkapi dengan dua kamera. Kamera utama diletakkan di bagian belakang dengan kemampuan menangkap gambar maksimal 2 megapixel, sedangkan yang kedua diletakkan di depan untuk melakukan video calling.

Kamera utama 2 megapixel mampu menangkap gambar dengan baik. Meski tidak semua setingan lanjutan ada di kamera ponsel ini, kehadiran pengaturan white balance cukup membantu di kondisi pencahayaan yang berbeda.

Pengambilan gambar di luar ruangan menghasilkan foto yang realistis. Sesuai dengan objek foto, baik dari segi pewarnaan maupun ketajaman foto. Hal serupa bisa didapat jika pencahayaan sempurna dengan cahaya yang melimpah tanpa penghalang. Sebaliknya saat digunakan didalam ruangan, hasil kamera ini pun tetap baik.

Terutama dengan settingan white balance yang tepat serta pencahayaan yang tidak terlalu minim, hasil foto akan tampak sama bagus. Ketika cahaya berkurang sedikit noise akan muncul.

Music Player
Meski bukan tergolong ponsel hiburan, 6120 membawa fitur musik yang sama dengan ponsel S60 3rd edition lain. Dengan demikian masih bisa menikmati sejumlah keunggulan Nokia Musik Player, diantaranya dukungan terhadap beberapa format musik semisal MP3, M4A, AAC+ dan WMA.

Interface yang bersahabat serta beberapa keunggulan lain bisa didapat, termasuk menyusun playlist yang sesuai kondisi mood saat itu, atau menempatkannya sesuai dengan jenis file musik. Untuk Speakernya hanya terdiri dari satu output saja, yakni di sisi sebelah kiri ponsel. Headset bawaan juga bukan headset standar multimedia, namun cukup membantu dalam memperdengarkan file musik dengan baik.

Konektivitas
Keberadaan Bluetooth serta dukungan kabel data sudah mampu membantu dalam melakukan sinkronisasi file antar ponsel dengan perangkat lain, termasuk PC. Terlebih dengan dukungan software teranyar, bisa mendengarkan musik stereo via headset Bluetooth yang kompatibel (A2DP) atau melakukan transfer data dalam kecepatan tinggi.

Browser
Kembali Nokia menggunakan browser andalan berupa Nokia Web Browser. Kemampuannya melakukan auto bookmark akan menghemat waktu dalam mengetik alamat-alamat situs yang pernah dikunjungi. Sayang untuk membuka situs-situs dengan tingkat security tinggi akan membutuhkan browser lain semisal MiniOpera.

Baterai
6120 disokong oleh baterai berkapasitas 890 mAh dan berjenis lithium ion. Dengan pemakaian normal, bisa mempertahankan baterai ini hingga 3 hari dalam sekali charging. Selain kapasitas baterai, keunggulan dalam power managemen juga sebagai faktor utama dalam hal ini.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Nokia 6120 Classic”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.