Menyeragamkan Volume Lagu MP3


Ads:

Baru saja membesarkan volume karena volume-nya kurang keras, tapi lagu berikutnya malah menjadi terlalu keras. Ini disebabkan oleh perbedaan volume antara kedua lagu sangat besar. Untungnya, ada sebuah freeware yang dapat mengatasi masalah ini: MP3Gain (http://mp3gain.sourceforge.net). Dengan software ini, dapat menyamakan koleksi musik pada satu tingkat volume yang sama.

Instalasikan program dan jalankan. Tambahkan file satu per satu melalui "Add files" ke dalam daftar atau ambilah isi direktori melalui "Add folder". Perhatikan kolom “Target Normal Volume”. Masukkan tingkat volume yang diinginkan untuk file-file MP3. Preset 89 dB yang sudah ada biasanya dapat digunakan tanpa masalah. Bila ingin menyiapkan file musik untuk player portable, sebaiknya gunakan nilai hingga 92 dB. Sebab, biasanya player jenis portable memiliki keluaran suara yang tidak terlalu keras, sehingga sumber yang memiliki volume cukup besar menjadi penting.

Di balik kedua tombol besar di bar tengah atas, tersembunyi berbagai setting. Dapat juga mengubahnya melalui icon panah pada sisi kanan masing-masing tombol. Pilih di antara dua pilihan yang ada:
1. Track: MP3Gain menyesuaikan semua file MP3 pada sebuah tingkat volume. Semua lagu diperlakukan sama.

2. Album: Di sini program menghitung nilai rata-rata dalam sebuah album dengan membiarkan adanya perbedaan volume. Bila sebuah lagu dianggap kurang keras dibanding lagu lainnya, setelah proses ia akan tetap kurang keras, tetapi volume album secara keseluruhan telah ditingkatkan.

Kedua pilihan di atas berada di balik menu "Analysis" dan “Modify Gain”. "Analysis" akan mengkalkulasi bagaimana tingkat volume dari setiap file, sementara “Modify Gain” akan melakukan perubahan sesuai dengan yang diinginkan. Pada koleksi besar, proses ini dapat berlangsung cukup lama. Jadi, sebaiknya dilakukan pada malam hari.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Menyeragamkan Volume Lagu MP3”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.