Mengkonversi CD ke MP3


Ads:

MP3 Encoder terbaik saat ini adalah LAME (singkatan dari "Lame Ain'tanda an MP3 Encoder"). Info lebih lanjut mengenai LAME dan download encodernya dapat ditemui di http://lame.sourceforge.net dan www.mitiok.cjb.net. Setelah di didownload Ekstrak LAME ke dalam sebuah direktori pada hard disk, misalnya ke "C:\LAME". Programnya sendiri hanya sebuah file EXE, tetapi mempunyai parameter yang sangat ampuh. Tampilan model command line dari LAME juga cukup unik. Apabila ingin mengkonversi file WAV dengan lebih mudah, disarankan menggunakan RazorLame (www.dors.de/razorlame/).

Kebanyakan pengguna membuat backup atau meng-copy CD Audio mereka. Untuk melakukan hal tersebut, dapat menggunakan Exact Audio Copy (EAC). Tool ini langsung mengcopy lagu-lagu ke hard disk dan memanggil encoder untuk melakukan konversi. Programnya bisa didownload di www.exactaudiocopy.de. Klik ganda untuk memulai instalasi. Ikuti saja langkah-langkahnya. Setelah itu jalankan EAC.

Konfigurasi Exact Audio Copy (EAC)
Jalankan EAC dan pilih "EAC | EAC Options". Masuklah ke tab menu pertama. Tandailah "Delete leading and trailing silent blocks". Dengan demikian EAC akan memotong jeda pada awal atau akhir lagu. Pindahlah ke menu "EAC | EAC Options | Tools". Di sini dapat membuat playlist untuk album dengan memberi tanda pada "Create .m3u' playlist on extraction". Dengan cara ini, player akan langsung menyusun track dalam urutan yang benar.

Kini, pindahlah ke menu "EAC | EAC Options | Filename". Di bawah "Naming Scheme" akan menyusun format nama file. Info lengkap akan diambil dari database bernama freedb. Selanjutnya masuklah ke menu "EAC | Drive Options". Masukkan sebuah CD audio dan tutup semua program lainnya. Setelah itu, klik "Detect Read Features". EAC akan menguji drive dan mendeteksi berbagai feature dari drive untuk menghasilkan proses grabbing yang paling tepat. Akhiri dengan menutup window tersebut.

Mengintegrasikan LAME dalam Exact Audio Copy

Bukalah "EAC | Compression Option" dan masuklah ke tab "External Compression". Ti pilihan "Use external program for compression". Pilih jenis encoder yang sesuai. Di samping teks "Program, including path, used for compression", klik tombol "Browse". Pindahlah ke folder yang berisi program "LAME.EXE" dan pilih file ini. Selain itu juga harus memasukkan beberapa parameter ke dalam baris "Additional command line options".

Selanjutnya, dapat memilih bitrate yang sesuai. Baris perintah untuk memanggil preset akan tampak seperti di bawah ini:
-- alt preset strd %s %d
Setting str ini memberikan kualitas yang sangat bagus dan memenuhi tuntutan kebanyakan penggemar audio.

Selanjutnya, tidak perlu memperhatikan bitrate karena setting telah lakukan dengan preset. Pindah lah ke "ID3 Tag" dan tandai pilihan "Use ID3V1.1 tags instead of ID3V1.0 tags". Setelah itu tutup window dan bukalah "EAC | freedb | Database Options". Masukkan di sana alamat email dan tutup window tersebut. Ini membuka database langsung dari Internet dengan info.

Membaca CD dan mengkonversi
Mengkonversi itu sama sekali tidak sulit. Masukkan CD Audio , kemudian tunggu sejenak, lalu klik pada icon CD. tandailah semua lagu yang ingin dikonversi. Klik pada tombol "MP3" di menu sebelah kiri, kemudian tunjukkan pada EAC lokasi file hasil akan disimpan. Maka, lagu demi lagu akan dikonversi dari CD. Proses selesai.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Mengkonversi CD ke MP3”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.