Panduan Pengguna Nokia 9300/i


Ads:

Ada beberapa hal yang mungkin belum diketahui oleh pengguna Nokia 9300 smartphone. Berikut hal-hal yang perlu diketahui seputar Nokia 9300, jika ingin mengoptimalkannya :

1. Hindari Tombol ‘Exit’!.
...Salah satu keutamaan membeli 9300 adalah kemampuannya yang bisa multitasking. Artinya, bisa melakukan beberapa aplikasi dalam satu kali kerja. Misalnya, mengetik sambil browsing internet. Sekali memulai suatu aplikasi membutuhkan waktu sekitar 3 detik. Pastikan Anda tidak dekat-dekat dengan tombol ‘Exit’, kecuali anda benar-benar tidak menggunakan aplikasi itu lagi. Sebagai gantinya, gunakan menu yang ada pada kiri Anda untuk pindah ke program lain yang sedang dijalankan. Atau gunakan aplikasi shortcut, bisa juga dengan menekan tombol ‘Desk’ dan pilih program yang baru.

2. Beli MMC yang Besar.
...Semakin besar kapasitas MMC akan semakin memudahkan untuk menambahkan aplikasi baru, plus video, file audio, dan sebagainya. Dengan menggunakan USB card reader/writer, bisa langsung memindahkan dari HP ke PC atau sebaliknya. Hal ini sangat membantu pada saat memindahkan file dengan kapasitas besar, misalnya film.

3. Membuat Agenda Sehari.
...Kalender yang ada pada 9300 mempunyai tampilan yang bagus, tapi terlalu banyak membutuhkan scroll ke atas dan ke bawah untuk melihat catatan-catatan yang sudah dibuat. Itu artinya, beberapa catatan akan terselip dan tidak terlihat. Kita bisa mengubah tampilan-nya dengan cara memilih ‘View’, ‘View Setting’ lalu ganti ‘Time slot allocation’ menjadi maximum ‘2 hours’. Juga bisa menyatukan aktifitas sehari dalam satu tampilan layar saja.

4. Perkecil File Musik.
...Sampai saat ini, mungkin masih memakai MP3 untuk kebutuhan musik. Jika memungkinkan, ganti dengan format Ogg Vorbis. Dengan format ini, anda bisa Mengecilkan ukuran file tanpa merubah kualitas suaranya. Jadi, masih bisa menambah jumlah lagu.

5. Surfing.
...Browser Opera yang ada pada 9300 membutuhkan lebih banyak RAM. Oleh karena itu, anda membutuhkan ukuran virtual memory yang layak. Untuk pengaturannya, pergi ke ‘Settings’ dan atur ‘Maximum cache size’ menjadi lebih besar, seperti 2000 atau 3000kb.

6. Kesabaran.
...Nokia 9300 tidak mempunyai prosesor yang tercepat di dunia, dan multitasking Symbiannya sering kali melakukan banyak hal dalam satu proses. Contohnya, saat menutup sheet file dan kembali ke Desk, pasti merasa frustasi karena penekanan tombol berikutnya terasa lama. Bila kita amati, saat menutup file, Symbian sedang menyimpan file, kemudian menyusun kembali memory, memeriksa alarm, dan semua kegiatan terjadwal yang ada di agenda. Janganlah merasa semua bisa dilakukan dengan cepat hanya karena tidak ada penunjuk bahwa Symbian sedang melakukan ‘pekerjaannya’.

7. Selalu Gunakan PC Suite Terbaru.
...Biasanya, pengguna Nokia 9300 mempunyai pemikiran bahwa PC Suite yang ada dalam paket pembelian, sudah cukup memadai. Faktanya, bug juga update terus. Bahkan jenis virus juga berkembang. PC Suite yang ada sudah tidak bisa membersihkannya. Solusinya, update juga PC Suite anda. PC suite terbaru saat ini adalah v7.x.

8. Membuat shortcut.
...Sangat penting untuk membuat shortcut semua aplikasi pada Desk. OPL program, word atau sheet dokumen, TomeRaider databases, Notes, dan yang lainnya. Jika tidak suka dengan ikonnya, bisa merubahnya dengan cara ‘Ctrl’+’P’.

9. Multiple Goups.
...Aplikasi yang sering digunakan, misalnya File Manager dan jam, bisa dijadikan menjadi satu kelompok dan bisa juga pada grup desk yang lain, seperti halnya pada PC. Hal ini memudahkan untuk menghemat waktu dengan tidak menekan tombol yang terlalu banyak. Beri highlight pada ikon aplikasi dan gunakan ‘Show in groups’ pada menu ‘Desk’.

10. Kunci!.
...Terkadang, saat pertama kali, tidak mengetahui bagaimana caranya mengunci smartphone, yang menghindarkan dari panggilan yang tidak disengaja. Ternyata, caranya sama dengan ponsel Nokia pada umumnya, cukup dengan menekan ‘Menu’ kemudian diikuti dengan ‘*’.

11. Communicate.
...Pastikan port blueetooth dan infrared 9300 bisa berkomunikasi dengan peralatan lain, dari desktop ke kamera dan ke PDA lainnya. Jika infrared dan bluetooth tidak bisa digunakan, bisa menggunakan alternatif lain, yakni melalui MMC atau email.

12. Hemat Waktu.
...Jika ada keyboard shortcut, pelajari dan gunakanlah. Sebagai contoh, untuk mengetahui kalender hari ini, anda tidak perlu menekan Calendar berulang kali. Hanya dengan menekan ‘ctrl’ + ‘Calendar’, anda bisa mengakses ‘Today’ pada tampilan ‘Day’. Masih banyak cara cepat dan shortcut melaui keyboard yang harus anda pelajari.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

5 comments to “Panduan Pengguna Nokia 9300/i”

kalo misalnya di PC udah bisa internet tapi media sharing internetnya selain kabel bisa tidak, misalnya menggunakan bluetooth. kirim ke e-mail saya yaa(undernineteen@ymail.com)

uder said...
on 

kLo m0 setting aplikasi game sndiri bgmn ya?
kok Aq ga bisa2 sih, gag muncul di desk gitu.

thank's

d3fan said...
on 

saya mencoba nokia 9300i digunakan sebagai modem ke laptop dengan sambungan kabel data,tapi selalu gagal, mohon panduan settingnya. Trims sebelum&sesudahnya&harap dijawab ke alamat email saya. Tkb
#za_zone84@yahoo.co.id

Anonymous said...
on 

truz kadang kLo mau ambiL skin/
download tuh gmn ???????????????

ube said...
on 

mas saya mau tanya, ,
code accses saya kan code udh beda misal@ kl d format ulang code menjadi standar g??
satu lg, ,
mas 9300 g ad getar y, ,
balass k email saya mas y,,
bang.brull@yahoo.com
mohon bantuan@ mas

fuad herdiyan said...
on 

Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.