Tips Mengamankan Data di PDA


Ads:

Berikut tips yang bisa membantu mengoptimalkan cara menyimpan data di PDA

1. Memasang password pengaman.
...Terdapat beberapa cara mudah untuk membantu agar data pribadi di PDA tidak dibobol oleh orang lain. Pertama, akseslah menu Palm Launcher untuk memulai menjalankan aplikasi Security. Masukkan password dan kata pengingat yang dibutuhkan sewaktu-waktu jika lupa password.

Konfirmasi password saat diminta. Kini PDA dapat dikunci kapanpun dengan masuk ke fitur Security dan pilihlah “Lock and Turn Off”. Setelah itu ada cara yang lebih mudah yakni dengan masuk menu Preference pilih Buttons dan pilihlah tombol “Pen”. Kemudian pilih “Turn and Lock” dengan menggunakan pen. Untuk memakai cara ini, jalankan pen dari area graffiti ke arah atas layar.

2. Masukkan data kepemilikan.
...Masuk ke menu Preference dan pilih Owner dari menu Drop Down di sudut kanan atas. Pilih tombol Unlock dan masukkan nama, alamat, dan nomor telepon. Dengan demikian, info kepemilikan ini akan tampil setiap PDA baru dinyalakan. Sehingga, jika PDA hilang penemunya bisa langsung menghubungi.

3. Atur PDA agar mengunci secara periodik.
...Agar lebih aman lagi, ada trik lain yaitu membuat PDA terkunci secara otomatis secara periodik. Caranya, bisa mengakses menu security, lalu pilihlah Auto Handled dan pilih satu setting waktu atau jam atau menit yang diinginkan. Waktu yang dipilih sebaiknya disesuaikan durasi pemakaian, sehingga tidak direpotkan karena sering memasukkan password.

4. Sembunyikan data pribadi.
...Semua menu yang telah ada di PDA juga aplikasi tambahan lain, bisa diberi tanda privat. Secara default, data-data ini akan tampil sebagai data yang tak diprivasikan. Agar bisa lebih aman, Masuklah ke menu security dan pilih sub menu Current Privacy. Kemudian pilih Mask Record atau Hide Record. Hal itu akan membuat pemakai memasukkan password untuk dapat membukanya.

5. Manfaatkan software penyimpan Password.
...Kepraktisan dan kapasitas PDA yang besar, sering membuat kita menyimpan apa pun di dalamnya, termasuk password penting untuk berbagai keperluan. Jika ini terjadi, lakukan pengamanan dengan menggunakan software pengamanan password, mulai dari yang gratis seperti YAPS atau yang lebih komersial seperti Splash ID. Untuk mendapatkannyi, bisa didownload di situs www.handango.com

6. Sandikan data.
...Cara di atas bisa mengamankan data yang ada di memori PDA, tapi bagaimana dengan data Expansion Card (SD Card). Siapapun bisa saja mencabut SD Card dan mengaksesnya melalui PDA lain atau PC card reader. Akhirnya, data sensitif tetap bisa diketahui orang.

Mungkin tidak perlu sampai menyimpan dokumen penting ke Expansion card, tapi jika pernah memback up data PIM seperti Datebook, Address Book, To Do List, Memo Pad Items, maka data-data itu juga perlu dilindungi. Bisa juga menginstal update pengaman dengan menambahkan kemampuan enkripsi ke PDA. Hasil dari proses ini, data tak akan langsung bisa dibaca oleh yang tak berkepentingan tanpa dipecahkan kodenya terlebih dahulu. Juga bisa menentukan data mana yang akan dienkripsi dan kapan waktunya.



Baca Artikel menarik berikutnya:



Comments :

0 comments to “Tips Mengamankan Data di PDA”


Post a Comment

doFollow blog dengan pagerank 3, jadi... banyak manfaatnya untuk Backlink blog anda.